Sunday, April 12, 2015

Wawancara Visa Amerika yang Menegangkan

Dreamland Info


Wawancara Visa Amerika yang Menegangkan
            Sepanjang sejarah Dreamland melakukan perjalanan ke berbagai negara di seluruh dunia, baru kali Dreamland merasakan ketakutan yang amat sangat pada proses pembuatan visa. Ya, visa Amerika yang Dreamland ajukan ini sangat menguras energi, baik fisik dan batin. Bahkan 3 hari menjelang wawancara visa Amerika, badan Dreamland panas dingin membayangkan bagaimana wawancara akan dilakukan. Sampai-sampai mimpi Dreamland pun berkaitan dengan wawancara visa Amerika.
            Baru kali ini Dreamland merasa sangat takut ditolak visanya karena ini menyangkut kesempatan sekali seumur hidup. Bayangkan kesempatan untuk menghadiri konferensi We Day Seattle di Amerika Serikat yang diadakan Microsoft Corporation ini kan bukan kesempatan yang bisa datang kapan saja. Dreamland boleh dikatakan sangat beruntung karena mewakili Indonesia dan termasuk dalam 9 orang terpilih dari seluruh dunia untuk mengikuti konferensi ini, selain anak muda dari Nepal, Bangladesh, India, Canada, Nigeria, dan Colombia.
            Alhasil jadilah aktivitas selama 3 hari menjelang wawancara diwarnai dengan bengong, tidak konsentrasi, dan serba deg-degan. Pokoknya pikiran Dreamland selalu terfokus pada bagaimana cara menjawab pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara nanti. Benar-benar sangat menyiksa dan melelahkan memang memikirkan hal yang sangat mempertaruhkan segalanya ini. Lebay memang, tapi memang hal itu Dreamland rasakan sebelum hari wawancara tiba.
            Nah singkat kata, tanggal 1 April 2015, Dreamland membeli tiket kereta api malam Serayu Malam/225 kelas Ekonomi seharga 70.000 IDR dari stasiun kereta api Kiara Condong, Bandung menuju stasiun Pasar Senen, Jakarta yang akan berangkat pukul 01.00 pada 2 April 2015. Dreamland berharap dapat tiba di Jakarta on time dan dalam kondisi tubuh yang fit.
Dreamland pun diantar ke stasiun kereta api Kiara Condong pada pukul 23.00 karena orang rumah ingin cepat beristirahat. Rupanya kondisi stasiunnya sangat sederhana dan boleh dikatakan agak kumuh. Awalnya Dreamland mengira akan mendapat kereta yang kondisinya mengenaskan dan jelek melihat kelas Ekonomi. Ternyata setelah waktu keberangkatan Dreamland tiba, keretanya boleh dikatakan cukup baik dan di luar ekspetasi Dreamland. Keretanya berAC dan ada chargernya!
Dreamland pun menghabiskan waktu perjalanan dengan tidur dan tak terasa kereta tiba di Pasar Senen pada pukul 04:50 WIB setelah melewati Bekasi, Jatinegara, dan stasiun-stasiun lainnya. Setelah keluar dari stasiun Pasar Senen, Dreamland langsung berjalan menuju halte busway terdekat. Dreamland melihat ada pasar kue tradisional dekat Pasar Senen ini. Dreamland pun segera masuk ke halte, mambayar kartu elektronik seharga 40.000 IDR (berisi 20.000 saldo), dan masuk ke ruang tunggu bus. Salut untuk Pemprov DKI Jakarta yang mengubah sistem kertas sekali pakai jadi kartu elektronik yang jauh lebih praktis.
Dreamland pun naik busway setelah menunggu 10 menit, menuju ke Gambir-1. Bus dan kendaraan di pagi buta ini sudah ramai sekali di Jakarta. Bahkan busway pun sudah berdesak-desakan. Sesudah tiba di Gambir-1, Dreamland bertanya letak Kedutaan Besar Amerika dan berjalan kaki melewati Stasiun Kereta Api Gambir. Rupanya jarak Kedutaan Besar Amerika dan stasiun Gambir tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.
Setibanya di Kedutaan Amerika, Dreamland tiba dengan ABK yang mau apply visa transit. Kami diminta petugas keamanan untuk menunggu di sebelah kiri bangunan kedutaan, tepatnya di bawah jembatan kereta api Gambir. Jadilah kami harus berjalan jauh ke kiri, di mana banyak petugas bersenjata yang berjaga di sini. Rupanya sudah ada orang yang mengantri sejak pagi. Ada 6 orang di depan Dreamland, jadilah Dreamland mendapat urutan ke-7 di antrian pada pukul 05:30.
Setiap 10 menit, selalu ada pemohon visa yang datang. Entah itu datang dengan mobil Alphard yang mewah, baju yang glamour, ataupun tas kantor bermerk. Tapi semua sama saja. Harus mengantri di belakang bagi yang terlambat. Tidak ada fasilitas VIP bagi orang sekaya apapun. Hal ini patut Dreamland apresiasi dari Kedubes Amerika yang melihat orang secara sama rata tanpa terkecuali. Semua mobil hanya transit menurunkan orang dan tidak boleh berhenti terlalu lama. Jadi alangkah baik menggunakan kendaraan umum untuk datang ke Kedubes Amerika ya.
            Menjelang jam 06:30, antrian di belakang sudah mencapai 100 orang!!! Bayangkan kalau Anda datang mepet dengan waktu pertemuan bisa-bisa sudah capek antri duluan sebelum wawancara. Singkat kata, Dreamland dan rombongan depan sebanyak 13 orang menjadi grup paling pertama yang masuk ke kedutaan. Kami diminta berbaris rapi mengikuti alur dan diperiksa apakah benar jadwal wawancaranya hari ini atau bukan? Lalu jika membawa HP, diminta meletakkan di baki yang disediakan. Tak lupa si mbak penjaga ini mengoleskan suatu cairan pada beberapa tas, tapi anehnya tas Dreamland kok tidak dioles ya?
            Sesudah itu, barulah kami semua di grup pertama diminta masuk ke pintu berlapis baja dan diminta untuk menanggalkan semua barang terlarang di sini, mulai dari HP, barang elektronik, dan lain sebagainya. Semua makanan dan minuman harus dibuang di ruangan ini. Tak lupa ada cek screening barang bawaan seperti di bandara dan penjagaan yang sangat amat ketat. Wajar dong hal ini membuat Dreamland jadi makin tegang. Setelah semua urusan periksa-periksa selesai, Dreamland dan rombongan masuk ke dalam.
            Dreamland melewati sebuah lapangan yang katanya lapangan basket, kemudian belok ke kiri dan lurus ke depan menuju sebuah ruangan terbuka yang terdapat 4 konter yang masih tertutup. Di sini ada dispenser air minum dan gelas kertas, kemudian Dreamland diminta mengeluarkan dokumen yang diminta dan mengambil nomor antrian. Di sini ada 2 gerobak jualan yang katanya Ranch Market yang menjual sandwich dan makanan ringan lainnya, tapi sayangnya masih tutup pagi ini. Jika kebelet ke WC, ada toilet yang tersedia di sini. Dreamland menunggu cukup lama di sini selama 15 menit, sebelum akhirnya konter pemeriksaan dokumen dibuka.
            Dreamland pun dipanggil karena mendapat nomor urut 4 dan diminta memberikan semua dokumen yang diperlukan, mulai dari paspor baru (paspor lama, jika ada), lembar konfirmasi, pas foto 5 x 5 cm, dan lembar perjanjian pertemuan. Sementara itu, lembar konfirmasi pembayaran tidak diperiksa. Sesudah itu, Dreamland mendapat sebuah karton bertuliskan nomor Grup 2 untuk wawancara. Ingat, siapkan dokumen selengkap mungkin agar proses pengajuan visa Anda tidak terhenti sampai di sini.
            Selanjutnya, Dreamland berjalan ke belakang tempat pengumpulan dokumen, melewati beberapa kursi tunggu, dan akhirnya masuk ke ruang pengambilan sidik jari dan wawancara. Gedung ini sendiri sangat kecil dan kapasitasnya hanya untuk 70 orang saja. Kita diminta menunggu lagi cukup lama sekitar 30 menit untuk diambil sidik jarinya. Rupanya wawancara tidak segera dilakukan saat itu juga, tapi setelah semua grup diambil sidik jarinya. Jadilah proses ini memakan waktu sampai 1,5 jam!
            Tenggorokan Dreamland yang mulai haus pun rasanya tidak ingin diisi dengan air yang tersedia pada dispenser yang ada saking tegangnya. Ekspresi muka pemohon visa lain pun tampak pucat, tegang, dan gugup. Singkat kata, setelah ruangan penuh akibat penumpukan pemohon visa di ruangan ini, akhirnya loket wawancara dibuka. Loket wawancara ini seperti loket pembelian karcis kereta api, di mana ada lubang kecil dibawahnya untuk menyerahkan dokumen. Kita mengobrol dengan bule AS di dalam ruangan dengan speaker yang ada. Wawancara dilakukan secara bergiliran setiap GRUP!
            Dreamland sendiri mengantri paling belakang di Grup 2 di konter wawancara paling pojok kanan. Dreamland sudah melihat wawancara Grup 1 dan semuanya mendapatkan kertas PUTIH! Mereka tampak berseri-seri dan senang karena visanya diterima. Entah harus lega atau malah tambah deg-degan, yang pasti Dreamland jadi tambah tidak tenang. Di depan Dreamland, wawancara dilakukan oleh seorang bule laki-laki sekitar umur 40 tahun yang tampak seperti guru native English Dreamland di SMA dulu.
            Ada yang ingin melihat anaknya menikah di AS, ada yang family visit, ada yang ditugaskan kantor kerja ke AS, dan berbagai tujuan lainnya yang Dreamland dengar. Semua aplikasi visa di Grup 2 yang antri di depan Dreamland mendapat kertas PUTIH! Sepanjang pengamatan Dreamland dari loket lain pun semua mendapat kertas PUTIH. Tibalah saat Dreamland untuk diwawancara. Mulailah ketegangan menyelimuti Dreamland.
            “Siapa nama Anda?” tanya bule AS ini pada Dreamland. Dreamland menjawab dengan gugup. “Apa tujuan Anda pergi ke Amerika?” katanya dalam Bahasa Indonesia. “Menghadiri konferensi.” “Konferensi apa yang Anda hadiri?” Dreamland pun menunjukkan kertas berisi surat undangan dari Microsoft dan detail acara We Day Seattle. Dia pun melihat-lihat surat itu sejenak, lalu mulai melanjutkan pertanyaan.
            “Anda belajar di mana?” “Apa bidang studi yang Anda ambil?” “Apakah Anda bisa berbahasa Inggris juga?” Dia pun mencoba bertanya 1 pertanyaan dalam Bahasa Inggris tentang apa itu konferensi We Day Seattle. “Kapan Anda akan lulus kuliah?” “Setelah kuliah, apa rencana Anda?” Nah di sini, Dreamland harus menjawab hati-hati. Tentu saja, Dreamland menjawab akan melanjutkan studi S-2 di Indonesia karena memang begitulah adanya.
“Anda sudah pergi ke mana saja? Paspor Anda kok penuh, siapa yang membiayai perjalanan Anda?” Pokoknya Dreamland jawab negara A – Z, kemudian yang membiayai orang tua. Dan mulailah ketegangan paling ekstrem dimulai, dia hanya melihat layar komputer di depannya tanpa sekalipun bertanya ataupun melihat ke arah Dreamland, jadilah Dreamland makin gugup. Ini diterima atau ditolak ya? Benar-benar 1 menit penantian itu benar-benar menyiksa. Bunyi klik-klik mouse saja yang terdengar samar-samar didalam balok kaca itu.
            Tiba-tiba dia mengatakan dan menyodorkan sebuah kertas. Ya, kertas PUTIH! “Selamat visa US Anda disetujui!” Langsung Dreamland berkata, “Thank you!” dan segera beranjak pergi dari loket wawancara untuk minum di dispenser yang ada di ruangan itu sebanyak 2 gelas. Dreamland benar-benar gugup, nervous, sekaligus merasa senang karena semua proses yang membuat gila ini berakhir sudah. Gara-gara terlalu banyak membaca blog yang ditolak visa ASnya jadi saja pikiran terlalu terbebani, padahal pertanyaannya bukanlah hal yang mengintimidasi dan semua jawaban ada di formulir DS-160 yang kita isi sendiri.
            Dreamland pun segera keluar meninggalkan gedung wawancara, melewati ruang tunggu, ruang pemeriksaan dokumen, dan akhirnya keluar mengambil HP di pos pemeriksaan depan yang berada di sisi lainnya. Dreamland pun mengucapkan selamat pada antrian di depan Dreamland yang kebetulan berpapasan di depan. Akhirnya proses pembuatan visa ini selesai dan tinggal menunggu visa Amerika ini ditempel di paspor Dreamland.
            Tapi Dreamland sendiri masih belum lega karena baca cerita blog orang lain, di mana ada seorang ibu dapat kertas PUTIH, tapi paspornya tidak ditempel visa Amerika saat dicek. Wah wah jangan sampai kejadian kayak gitu. Jadilah Dreamland masih uring-uringan. Intinya, sesudah wawancara selesai, Dreamland pun melanjutkan perjalanan dengan berjalan-jalan di Jakarta bersama mama ke Mangga Dua untuk berbelanja.
            Setidaknya Dreamland sudah melewati fase terberat dalam pengajuan visa Amerika yang membuat hidup Dreamland selama 3 hari terakhir menjadi tidak karuan. Senang sekali rasanya visa Amerika Dreamland disetujui tanpa ada kendala yang berarti.

~ oOo ~

5 comments:

  1. Hallo. Terimakasih udh share pengalamannya. Congrat ya udh dpt visanya. Rencana september mau ke amerika untuk vacation sekalian prewed, paspor msih baru, semua biaya d tanggung bf ku di amerika, oia fyi bf ku wni dan udh ada greend card. Kira2 brp % bsa d approve ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk persentase diapprove atau tidaknya tergantung dari keputusan staf Kedutaan Amerika saat wawancara mengenai kejelasan tujuan ke Amerika. Tapi yang pasti kita harus apply visa sesuai tujuan datang ke Amerika, misal studi, konferensi, dll. dan melengkapi semua prosedur yang diperlukan. Jika semua dapat dibuktikan dan kita tidak dianggap akan tinggal di Amerika melebihi waktu yang telah ditentukan, pasti visa kita diapprove, Jeje :)

      Delete
  2. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  4. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.