Monday, March 23, 2015

Salam Perpisahan Hangat di Jepang

Dreamland Traveller Moment


Salam Perpisahan Hangat di Jepang
            Perpisahan memang bukanlah hal yang menyenangkan. Apalagi kita sudah mendapatkan banyak kenangan dan harus meninggalkan sebuah tempat karena akan beranjak menuju kegiatan selanjutnya. Tentu kita ingin mendapatkan sentuhan akhir yang manis dari sebuah perpisahan. Hal inilah yang Dreamland rasakan tatkala mengunjungi setiap tempat yang ada di Jepang. Perpisahan menjadi sebuah hal yang manis dan tidak terlupakan.
            Hampir semua tempat kunjungan yang ada dalam acara JENESYS 2.0 di Jepang menyuguhkan salam perpisahan yang hangat setiap kali kunjungan usai. Mulai dari Akita Broadcasting System, Akita International University, dan berbagai tempat lainnya selalu memberikan salam perpisahan dengan lambaian tangan dari semua pejabat yang berwenang. Mereka tidak hanya melambai di depan pintu, tetapi juga mengantar sampai ke depan bus!
            Pejabat tidak merasa hina atau malas memberikan salam perpisahan pada peserta, melainkan merasa terharu melepas kepergian kami sambil melambaikan tangan dengan antusias. Tentu hal ini menjadi memori yang tak terlupakan bagi Dreamland tatkala berada di Jepang. Penting rasanya memperlakukan tamu secara istimewa karena bisa jadi tamu yang diundang kelak akan mengundang orang lain untuk datang karena kesan istimewa yang didapat selama kunjungan.
Tentunya hal ini jadi masukan yang berharga untuk dunia pariwisata Indonesia yang katanya gencar mengundang wisatawan asing untuk datang. Berikan kesan istimewa, maka mereka akan datang berbondong-bondong ke Indonesia. Pesan inilah yang Dreamland dapatkan dari perlakuan baik orang Jepang saat pulang dari setiap tempat di Jepang.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.