Sunday, December 24, 2023

Tentang Melepaskan


Saya ingat salah satu lagu fenomenal dari kartun Frozen yang dikeluarkan Disney berjudul “Let It Go” yang diterjemahkan menjadi “Lepaskan”, tahun 2023 memberikan pengalaman berharga tentang arti kehidupan. Arus suka dan duka silih berganti dalam ritme kehidupan yang padat, terkadang tanpa jeda terus bergulir dan memaknai jiwa yang lelah. Demikian juga perjalanan. Menemukan hal baik dalam setiap peristiwa, baik dalam perjalanan maupun kehidupan personal.

Perjalanan Demi Perjalanan

Melambat dalam dunia yang serba cepat bukanlah hal yang mudah karena selalu ada rute maraton yang harus ditempuh, cerita yang diukir, dan tugas yang bergulir. Mengawali tahun dengan stigma “tahun krisis”, 2023 memberi catatan bahwa hidup sangatlah dinamis. Menikmati kesibukan dalam rangkaian kegiatan tanpa jeda istirahat hingga akhirnya tiba di penghujung tahun. Kembali mengisi lembar blog ini dalam refleksi akhir tahun.

Satu pembelajaran berharga untuk dicatat terkait melambat, menikmati, dan meresapi arti kehidupan terkadang menjadi pekerjaan rumah yang berat. Perjalanan demi perjalanan berlalu tanpa henti melintasi nusantara, demikian juga cerita dari negeri Big Ben. Memberikan warna dalam setiap langkah kehidupan yang perlu disyukuri.

Bersyukur adalah cara untuk melepaskan beban, apa yang datang dan pergi, apa yang hinggap dan terbang, dan apa yang bernilai untuk meresap dalam hidup. Berproses adalah cerita tersendiri di tahun 2023 dan semoga 2024 memberikan lebih banyak kemudahan dan ketenangan dalam menjalani setiap prosesnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.