Monday, October 26, 2015

Day 1 : H2C Menuju Pekanbaru

Dreamland Traveller


Day 1 : H2C Menuju Pekanbaru
            Tatkala berita tentang kabut asap, kebakaran lahan, serta banyaknya pembatalan penerbangan akibat jarak pandang yang minim terus bergulir di berbagai media cetak, online, dan sosial media, tentu perjalanan Dreamland ke destinasi domestik yang satu ini menjadi penuh ketidakpastian, kecemasan, dan H2C alias harap-harap cemas apakah perjalanan ini akan tetap dilakukan atau tidak. Ya, Dreamland akan kembali menjelajahi sebuah wilayah baru di Indonesia yang sampai tulisan ini dibuat masih bermasalah dengan kabut asap. Dreamland akan berkunjung ke Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau.
            Perjalanan Dreamland sendiri bukan tanpa alasan atau kurang kerjaan. Mengingat salah satu sepupu Dreamland akan melangsungkan pemberkatan dan resepsi pernikahan di Pekanbaru, tentu menjadi saksi atas ritual pernikahan sepupu adalah sebuah doa tersendiri bagi kedua mempelai. Deg-degan, bingung, dan menanti dengan tanda tanya menjadi seni tersendiri tatkala menanti perjalanan ke Pekanbaru ini. Apalagi H-1 sebelum penerbangan, banyak maskapai pesawat yang membatalkan penerbangan akibat kabut asap yang kembali pekat. Thanks God, saat Dreamland akan berangkat, kabut asap justru menipis dan pesawat berangkat sesuai jadwal.
            Dreamland mengawali perjalanan dari rumah pukul 12.30 WIB mengingat pesawat AirAsia yang membawa Dreamland dari Bandung menuju Pekanbaru mengalami penjadwalan ulang dari 06.20 menjadi 13.30. Sesampainya di Bandara Husein Sastranegara, Dreamland langsung melakukan check-in dan mendapat jatah 15 kg bagasi. Ya, khusus untuk penerbangan domestik dengan AirAsia, kita DIWAJIBKAN untuk membayar bagasi 15kg seharga 40.000 IDR. Dreamland pun duduk di ruang tunggu setelah mendapat boarding pass dan melihat begitu banyak konter belanja baru yang ada di Bandara Husein, mulai dari Starbuck Coffee, Circle K, Taro Tea, dan lain sebagainya.
            Satu hal yang Dreamland salut dari pemerintah Bandung saat ini adalah keseriusan pembangunan bandara baru yang jauh lebih luas dan modern. Hal ini terlihat dari persentase bangunan yang sudah diselesaikan dan selalu Dreamland pantau setiap kali melakukan perjalanan menuju Bandara Husein Sastranegara. Progresnya cukup cepat dan harapannya bisa segera digunakan tahun depan. Tak hanya itu, kali ini Dreamland melihat ada fasilitas Wi-Fi di bandara Husein Sastranegara yang biasanya no Wi-Fi. Salut untuk kemajuan bandara di kota Bandung tercinta ini!
            Dreamland pun masuk ke ruang tunggu domestik yang sangat padat oleh penumpang, kemudian menunggu sekitar 30 menit sebelum akhirnya diperkenankan masuk ke pesawat dengan berjalan kaki. Dreamland pun berjalan langsung menuju pesawat AirAsia yang diparkir cukup jauh, kemudian duduk di kursi yang telah ditentukan. Pesawat AirAsia pun segera berangkat dan mulai menuju ke Pulau Sumatera setelah semua penumpang mengenakan sabuk pengaman dan peragaan alat keselamatan selesai dilakukan.
            Perjalanan selama 1 jam 45 menit pun tak terasa tatkala Dreamland disajikan pemandangan kota Pekanbaru yang penuh dengan kabut asap. Untungnya saat Dreamland lihat kabutnya tidak sepekat yang dilihat di TV karena pemandangan kota masih terlihat meskipun samar-samar. Lambatnya pemerintah dalam penanganan kabut asap ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Pesawat pun akhirnya mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Dreamland sangat bersyukur karena bisa berkunjung ke Pekanbaru kendati dengan kondisi dan situasi yang serba gelap akibat kabut asap.
            Begitu keluar dari pesawat dengan tangga, memang udara dan jarak pandang mata terasa begitu minim. Terbayang rasanya jika harus menghirup kabut asap setiap hari, tentu akan menimbulkan penyakit yang serius, mulai dari sesak nafas, asma, paru-paru, bahkan hingga kanker. Semoga saja bencana kabut asap ini segera berakhir agar saudara-saudara kita yang tinggal dan menetap di Pekanbaru bisa menghirup udara bersih seperti kita yang ada di Pulau Jawa. Amin.
            Dreamland pun langsung berjalan menuju tempat pengambilan bagasi. Rupanya bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru ini cukup modern dan patut diacungi jempol kualitasnya. Bandaranya luas, bersih, dan fasilitasnya lengkap. Toiletnya pun boleh disetarakan dengan bandara internasional, serta ada jasa transportasi yang membuka konter penjualan. Bandara domestik berkualitas internasional ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah menunggu bagasi selama 30 menit, akhirnya Dreamland keluar menuju ke restoran A&W, di mana keluarga mempelai pria sudah menunggu kami untuk menjemput ke hotel.
           Setelah semua tamu berkumpul, kami segera menuju ke mobil untuk diantar ke Hotel Furaya. Sepanjang jalan, Dreamland melihat kabut asap tidak terlalu pekat karena hujan sempat mengguyur kota Pekanbaru. Perjalanan menuju Hotel Furaya dari bandara ini memakan waktu 30 menit. Sepanjang jalan, Dreamland melihat suasana kota Pekanbaru ini agak lenggang dan tidak ada kemacetan. Sangat berbeda dengan suasana Jakarta atau Bandung yang sumpek oleh kendaraan bermotor. Bentuk bangunan yang ada di Pekanbaru pun sangat otentik dan mencirikan budaya Melayu yang kental. Identitas budaya yang melekat dalam bangunan pemerintah ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.
            Satu fenomena yang membuat Dreamland heran adalah karangan bunga untuk pasangan yang menikah berukuran sangat besar dan dipajang dengan bebas di jalan. Hal ini sangat aneh mengingat ruang publik pun bisa jadi sarana untuk mempromosikan pernikahan ya. Akhirnya, Dreamland pun tiba di Hotel Furaya dengan badan yang cukup capek. Dreamland segera masuk dan melakukan check-in berdasarkan nama yang telah didaftarkan. Dreamland mendapat kamar nomor 555 dan segera masuk untuk menaruh barang bawaan. Setelah itu, Dreamland langsung keluar untuk membeli sejumlah camilan di minimarket yang ada di bawah.
            Mengingat waktu yang sudah sore dan Dreamland harus menghadiri acara makan malam keluarga, Dreamland hanya menghabiskan sore ini dengan menonton TV kabel, bersantai, dan makan camilan khas Pekanbaru. Menjelang malam, Dreamland dan keluarga turun ke bawah untuk menghadiri acara makan malam bersama di Tan Palace Restaurant yang ada di Hotel Furaya. Menu makanannya cukup menarik karena merupakan makanan khas Riau, sehingga Dreamland bisa merasakan cita rasa Melayu dari masakan yang disajikan. Sesudah makan, Dreamland pun langsung memutuskan untuk berjalan-jalan menuju supermarket yang ada di sebelah, yakni Pasar Buah Pekan Baru.
            Supermarket ini cukup besar dan unik karena memisahkan bagian makanan dan perabotan rumah tangga dalam ruangan yang berbeda. Saat Dreamland berkunjung, ada promo Jeruk Brastagi yang sedang dijual. Selain itu, banyak juga camilan, kudapan, dan oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa dibeli di sini. Setelah puas berkeliling dan membeli sejumlah barang yang dianggap khas dan bisa jadi oleh-oleh Pekanbaru, Dreamland pun kembali ke hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan diri esok hari dalam mengikuti rangkaian kegiatan pernikahan saudara sepupu Dreamland.
            Senang sekali rasanya bisa berangkat ke Pekanbaru di tengah cuaca dan suasana kabut asap yang sedang tidak menentu ini.

Bandung, Pekanbaru, Indonesia, 9 Oktober 2015

Dreamland Traveller

Catatan:
- Pekanbaru merupakan kota ketiga terbesar di Pulau Sumatera.
- Sebagai kota yang berada dekat dengan wilayah Malaysia, pengaruh budaya Melayu sangatlah kentara dalam berbagai hal, mulai dari makanan, bentuk bangunan, budaya, cara berbicara, dan lain sebagainya.
- Berbagai wisata yang bisa dikunjungi di Pekanbaru, antara lain Taman Rekreasi Danau Wisata Bandar Khayangan, Taman Puteri Kaca Mayang, Bandar Serai, Dekranasda Pekanbaru, Museum Sang Nilai Utama, Pasar Bawah, Plaza Senapelan, Masjid Agung An-Annur, Mesjid Raya, dan lain sebagainya.
- Mengingat kebakaran hutan sangat sering sekali terjadi di Pekanbaru, pastikan untuk menyiapkan masker untuk menutupi hidung saat berjalan-jalan di Pekanbaru.
- Pastikan untuk membeli kudapan khas Pekanbaru untuk merasakan kekayaan cita rasa nusantara.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.