Friday, August 4, 2017

Nuansa Mistis Goa Jepang



Dreamland Traveller

Nuansa Mistis Goa Jepang
Goa Jepang
            Sebagai salah satu spot wisata yang ada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di Bandung, Goa Jepang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Begitu memasuki Tahura Ir. H. Djuanda, papan petunjuk menuju Goa Jepang akan menuntun kita untuk melihat goa yang dibangun pada 1942 - 1945 saat Jepang menduduki Indonesia. Begitu memasuki Goa Jepang, terdapat banyak warga setempat yang menawarkan penyewaan senter untuk melihat ke dalam goa yang sangat gelap.
            Begitu memasuki Goa Jepang, kita akan dibawa memasuki gudang penyimpanan amunisi, logistik, dan komunikasi radio pada masa perang. Konon terdapat jalan tembus dari Goa Jepang ke wilayah Dago, namun akses tersebut kini sudah ditutup. Suasana dalam goa sendiri terasa dingin dan lembab. Keunikan dari Goa Jepang sendiri terletak pada goanya yang besar dan bercabang dengan banyaknya pintu raksasa yang dapat dimasuki. Sayangnya, isi dari Goa Jepang ini kosong tanpa adanya diorama yang menjelaskan fungsi dari Goa Jepang di masa lampau yang tentunya akan menambah daya tarik wisatawan.
Petunjuk Arah Taman Ir. H. Djuanda
            Bagi yang ingin berkunjung ke Goa Jepang, saya sarankan untuk berkunjung secara berombongan atau bersama dengan orang lain karena jujur saja suasana di dalam goa sangat terasa “berbeda” dengan hawa pada umumnya. Selain itu, nuansa mistis juga terasa sangat kental ketika memasuki bagian dalam Goa Jepang yang bercabang. Bisa jadi ada tawanan perang yang pernah bersemayam dalam Goa Jepang pada masa itu.
            Tapi yang jelas, Goa Jepang sangat menarik untuk dikunjungi saat berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Informasi:
- Tiket Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dapat digunakan untuk mengunjungi berbagai situs wisata yang ada di kawasan Dago, seperti Curug Dago, Tebing Keraton, Goa Belanda, Goa Jepang, dan lain sebagainya sesuai dengan yang tertera di tiket.

Dreamland Traveller

~ oOo ~

1 comment:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2OulKCm

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.