Thursday, December 31, 2020

Best Nine Years in Dreamland Traveller

Perjalanan memberikan beragam inspirasi, kisah, pembelajaran, pengalaman, dan beragam hal lainnya yang tak terlupakan. Bermula dari sebuah catatan kecil tentang catatan sirkus di Jakarta dan perjalanan di Phuket, kini Dreamland Traveller sudah berusia 9 tahun. Usia yang matang bagi sebuah blog perjalanan untuk berdiri dan bertahan dengan berbagai dinamika yang ada. Beragam destinasi dan perjalanan sudah Dreamland lalui, hingga tahun 2020 tercatat 28 negara yang sudah Dreamland kunjungi, mulai dari Amerika Serikat, Australia, Belanda, Belgia, Brunei Darussalam, China, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Laos, Luxemburg, Macau, Maladewa, Malaysia, Myanmar, Nepal, Perancis, Selandia Baru, Singapura, Srilanka, Taiwan, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Gedung Wastukentjana

Menjalani 9 tahun dengan tantangan dan dinamika kehidupan yang berbeda tentu bukanlah hal yang mudah. Dreamland Traveller terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu melalui beragam destinasi. Perlu diakui jika menjaga konsistensi untuk tetap mengisi konten merupakan sebuah tantangan sendiri bagi sebuah blog. Dalam masa 9 tahun, Dreamland Traveller terbukti tetap bertahan dan masih dapat menyajikan konten setiap bulannya.

Jalan Asia Afrika Bandung

Tahun 2020 memang menjadi sebuah refleksi bagi kita semua untuk mengisi kehidupan dengan kebaikan. Memaknai kembali arti dari sebuah perjalanan dan momen kehidupan yang membentuk diri kita hingga saat ini. Tahun 2020 memang penuh dinamika dari Januari – Maret 2020 yang terasa semua berjalan seperti biasa, hingga April – Desember 2020 dengan pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Angka kenaikan kasus positif pandemi COVID-19 meningkat dengan cepat dengan jumlah kematian yang terus meningkat di seluruh dunia.

Bandung

Aktivitas kerumunan, wisata, dan perjalanan manusia otomatis terhenti secara dramatis. Hotel, industri penerbangan, restoran, dan ragam tempat wisata berhenti beroperasi dan terancam gulung tikar. Wisata diprediksi menjadi hal yang tidak lagi terjangkau dengan banyaknya tes yang harus diikuti wisatawan untuk menikmati sebuah sajian wisata dengan ragam protokol kesehatan yang berlapis. Pemakaian masker, hand sanitizer, dan kebiasaan untuk menjaga jarak menjadi tradisi “new normal” yang harus dipatuhi.

Hotel Savoy Homann

Meskipun demikian, tahun 2020 ini membuka kesempatan bagi saya untuk mengenal kembali kota yang selama ini ditempati. Dreamland berhasil menjelajahi ragam destinasi sejarah yang ada di Bandung, memetakan kembali bangunan bersejarah yang ada, serta melihat setiap sudut kota yang mungkin terasa biasa ketika dilalui, namun memiliki makna tersendiri ketika ditelaah lebih lanjut. Selain itu, saya juga berhasil melihat Garut dalam kacamata yang berbeda dengan ragam destinasi sejarah yang menakjubkan. Semua mungkin tidak akan terwujud tanpa adanya pandemi COVID-19.

Garut

Aneka ragam destinasi wisata yang pernah saya kunjungi pun dikompilasi dalam Instagram @traveldreamland yang selama ini terbengkelai, sehingga kisah dan cerita yang ada dapat dikemas dengan praktis dan informatif. Tahun 2020 memang bukanlah tahun yang mudah, namun banyak sekali sudut pandang baru yang saya dapatkan. Pembelajaran untuk menikmati dinamika hidup yang “baru” memberi kesempatan untuk bersyukur, berinovasi, dan belajar yang luar biasa.

Gunung Padang, Cianjur

Berkaca dari 1 tahun yang dilalui, ragam hotel bersejarah di Bandung juga sempat saya singgahi, seperti Hotel Grand Preanger dan Hotel Savoy Homann. Senang sekali rasanya bisa menikmati atmosfer sejarah lewat saksi bisu yang ada di kedua hotel tertua di Bandung ini. Selain itu, ragam destinasi non mainstream, seperti Pemakaman Pandu dan Taman Makam Pahlawan Cikutra berhasil dikunjungi dan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Taman Makam Pahlawan Cikutra

Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2021, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan, dan kemampuan untuk senantiasa bersyukur dan juga berdoa agar pandemi COVID-19 hilang dari muka Bumi, sebelum akhirnya kita dapat menikmati kembali wisata seperti sediakala.

 

Bandung, 31 Desember 2020

Dreamland Traveller

IG: @traveldreamland

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.