Wednesday, May 15, 2013

Terkesima Pesona Pantai Belitung

Dreamland Traveller Moment


Terkesima Pesona Pantai Belitung
            Sebagai orang Indonesia, kita patut berbangga karena memiliki seribu satu keindahan alam yang tidak terlukiskan dari Sabang sampai Merauke. Pantai, gunung, bukit, laut, taman, hutan, dan lain sebagainya dapat kita temukan dengan mudah di setiap penjuru negara khatulistiwa ini. Hanya saja, kurangnya publikasi, promosi, serta perhatian pemerintah akan potensi alam Indonesia yang begitu tumpah ruah ini membuat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia masih minim jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.
            Salah satu keindahan alam yang luar biasa yang pernah Dreamland saksikan di Indonesia adalah Pantai Belitung. Wilayah kepulauan yang beribukota di Tanjung Pandan ini memang mempunyai eksotisme pantai yang luar biasa. Dengan bebatuan besar yang berjejer di pinggir pantai, pantai yang putih bersih, serta ketenangan ombak yang begitu teduh membuat Belitung sangat layak menjadi tempat relaksasi yang didambakan kita semua. Tak heran rasanya Pulau Belitung menjadi sangat ngetop setelah film Laskar Pelangi ditayangkan di Indonesia, di mana Andrea Hirata dilahirkan di sini mengingat keindahan alamnya yang luar biasa.
            Belitung mempunyai pantai yang masih perawan. Sangat jarang sekali wisatawan yang datang mengunjungi wilayah-wilayah yang ada didalamnya. Tak heran rasanya jika keaslian dan kebersihan alamnya terjaga dengan baik. Pantai Tanjung Tinggi, misalnya. Pantai yang berjarak 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan ini membawa kita seolah berada di Phuket, Thailand. Pantai yang sangat putih, air yang berwarna biru kehijauan, serta batu granit yang gagah menghiasi keindahan pantai ini. 
            Dreamland juga sangat terpukau dengan keindahan pantai yang ada di depan hotel yang Dreamland tempati 6 tahun silam, yakni Hotel Lor In Belitung. Pantainya begitu tenang, teduh, dan memberikan sebuah relaksasi pikiran, tubuh, dan jiwa dari berbagai hiruk pikuk kehidupan di kota. Kita dapat berendam atau berenang dengan leluasa karena pantai ini sangat sepi dan bebas dari keramaian orang. Hotel ini sangat cocok bagi Anda pemuja kesepian dan ingin menenangkan diri dari segala masalah yang ada.
            Kekurangan hotel ini hanyalah satu, yakni lokasinya yang sangat jauh dari keramaian kota. Ketika Anda tiba di hotel ini, Anda akan sulit untuk menemukan restoran dan tempat berbelanja karena lokasi hotel ini sangat terpencil. Kita harus menempuh 30 menit untuk menuju ke pusat kota. Selain itu, kita akan melewati “hutan terlarang” yang sangat gelap saat menuju ke lokasi hotel ini pada malam hari dari pusat kota. Namun secara keseluruhan, Hotel Lor In adalah hotel terbaik yang Dreamland tempati selama berada di Belitung.
            Pesona Pantai Belitung ini memang patut diacungi jempol. Surga yang tersembunyi di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sepatutnya dijaga kelestarian dan keperawanannya. Jangan sampai nasib Pantai Belitung serupa dengan Pantai Pangandaran yang sudah sangat kumuh karena banyaknya wisatawan yang tidak memperhatikan kebersihan dengan membuang sampah sembarangan ke laut. Semoga Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dapat memperhatikan kebersihan pantainya agar senantiasa menarik dan lestari sampai anak cucu kita kelak.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.