Saturday, May 11, 2013

Paket Tur Aneh dan Unik

Dreamland Traveller Moment


Paket Tur Aneh dan Unik
            Seiring dengan berkembangnya travelling sebagai gaya hidup masyarakat modern, serta semakin menjamurnya maskapai penerbangan dan hotel yang menawarkan harga promo yang murah meriah, tentu wisatawan dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba mengeksplorasi daerah-daerah yang ada di seluruh dunia. Jika 10 tahun yang lalu, travelling masih dianggap barang mahal dan menjadi konsumsi masyarakat kalangan menengah ke atas. Kini, semua orang bisa menikmati travelling dengan budget yang mereka miliki.
            Melihat jalan-jalan kini menjadi sebuah kebiasaan, tentu Indonesia sebagai salah satu negara yang kerapkali menjadi destinasi wisatawan asing harus terus berbenah agar mampu menawarkan wisata yang berkesan dan menarik bagi setiap turis yang singgah di berbagai belahan negeri ini. Indonesia yang mempunyai hampir seluruh jenis wisata, mulai dari kuliner, alam, budaya, pantai, bukit, dan lain sebagainya seyogianya mampu menjadi destinasi wisata utama di dunia.
Selama ini, nama Bali sangat terkenal di mata turis asing, sementara Indonesia dengan berbagai kekayaan alamnya sendiri justru tenggelam oleh kepopuleran nama Pulau Dewata ini. Sangat disayangkan jika Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, hanya bisa memanfaatkan Bali sebagai sumber utama devisa negara dari sektor pariwisata. Kurangnya sosialisasi, serta akses dan transportasi yang sulit ke berbagai destinasi wisata di Indonesia menjadi kendala utama mengapa pariwisata di negeri kita tercinta kurang berkembang dengan baik.
Mungkin kita perlu belajar pada Thailand yang mampu mengemas pariwisatanya dengan baik. Seperti yang sudah Dreamland tulis dalam “Mencari Identitas Suatu Tempat”, Thailand mampu menghadirkan nuansa tersebut dalam hati kita tatkala berkunjung ke Negara Gajah Putih tersebut. Nuansa budaya dan agama yang kental menjadi Thailand sarat akan kekayaan kultur dan tradisi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang berkunjung ke Thailand.
Thailand hanya mempunyai 4 wilayah utama yang menjadi sumber pemasukan dari sektor pariwisata yang paling handal, yakni Phuket, Bangkok, Pattaya, dan Chiang Mai. Hanya saja mereka dapat memaksimalkan setiap potensi wilayah yang ada dengan baik. Promosi yang dilakukan secara gencar, menawarkan paket tur yang tidak biasa, dan menjadikan objek biasa menjadi luar biasa.
Aphrodite Cabaret Show, misalnya. Show yang Dreamland saksikan di Phuket ini menampilkan ladyboy cantik dengan tarian kabaret yang menawan. Mungkin bagi sebagian orang, wisata ini sangat aneh dan tidak lazim. Di Indonesia saja, waria-waria yang ada justru memenuhi jalan raya untuk mengamen karena tidak mendapat lapangan pekerjaan dan dikucilkan dari masyarakat. Thailand boleh dikatakan salah satu negara yang mampu menerima perbedaan orientasi seksual dengan baik di wilayah Asia Tenggara.
Selain itu, Thailand juga memberikan paket tur yang membuat konsumen merasa nyaman. Kita hanya perlu membayar sekian untuk mendapat fasilitas lengkap, mulai dari antar jemput dari hotel ke tempat wisata dan sebaliknya, makan siang, kopi dan teh gratis, serta peralatan snorkeling. Kita tak perlu pusing lagi memikirkan hal lain karena semuanya sudah diatur dengan baik oleh pihak penyelenggara tur. Hal ini Dreamland dapatkan tatkala mengikuti tur Phi-Phi Island dan James Bond Island di Phuket.
Di Indonesia, berbagai paket wisata aneh dan unik itu bisa diadakan asalkan pemerintah jeli memanfaatkan apa yang ada di setiap wilayah Indonesia dengan baik. Indonesia bisa mengadakan paket tur uji nyali, misalnya. Turis bisa dibawa menjelajahi Lawang Sewu, Jembatan Ancol, Gua Belanda, rumah kuno yang sudah tidak ditempati, dan lain sebagainya. Aneh memang, namun bagi turis asing bisa jadi itulah paket tur yang mereka hanya temukan di Indonesia.
Paket tur legenda juga dapat pemerintah adakan untuk melestarikan cerita rakyat yang ada di setiap wilayah Indonesia. Berbagai cerita rakyat dan dongeng yang setting tempatnya ada di Indonesia dapat menjadi lokasi wisata tersendiri yang unik dan menarik. Kita serasa akan dibawa kembali ke masa lampau, di masa cerita itu dibuat. Tentu tempat-tempat tersebut harus dimodifikasi terlebih dahulu sedemikian rupa, sehingga serasa kembali ke zaman-zaman cerita rakyat dulu.
Tentu penawaran paket tur ini harus diintegrasikan ke semua elemen yang ada di wilayah tersebut, mulai dari hotel, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya agar dapat berjalan dengan baik. Selain memajukan pariwisata setempat, kita juga telah melestarikan apa yang menjadi akar budaya bangsa kita juga, bukan?
Memang sekilas bagi kita paket tur itu tidak menarik, namun jangan pernah memakai sudut pandang diri kita sendiri untuk menilai sesuatu. Bisa jadi apa yang menarik bagi kita, tidak menarik bagi orang lain. Demikian pula sebaliknya. Tur yang aneh dan unik ini bisa jadi bahan tertawaan masyarakat Indonesia, namun bisa menjadi sangat potensial untuk menarik turis asing datang dan singgah di Indonesia. Lagipula makin aneh sesuatu, makin banyak dicari orang, bukan? Let’s think out of the box!

~ oOo ~

1 comment:

  1. postingan yg unik dan keren..
    i like it :D
    mau menikmati liburan dengan paket Wisata Unik dari Sumatera Barat, silahkan kunjungi kami di Minangkabau Tours
    terima kasih..

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.