Saturday, January 28, 2017

Uniknya Pengemis di Amerika Serikat

Dreamland Traveller Moment




Uniknya Pengemis di Amerika Serikat


            Pengemis biasanya identik dengan golongan masyarakat kalangan menengah ke bawah yang berada di negara miskin. Di Indonesia, image pengemis sangat lekat dengan anak-anak dengan kecrekan, ibu-ibu dengan baju kumal yang meminta-minta dan berharap belas kasihan, serta sekumpulan anak muda dengan musik keras. Jika tidak dikasih, umumnya suka mengucapkan kata-kata kasar dan sumpah serapah. Tak jarang juga pengemis, khususnya anak-anak memakai aibon untuk mendapatkan sensasi kepuasan yang berakibat fatal pada kerusakan otak.

            Image pengemis itu rupanya sangat berbeda dengan yang Dreamland temui di Seattle, Amerika Serikat. Saat berjalan kaki pagi untuk mencari sarapan di Seattle, Dreamland bertemu pengemis yang meminta-minta di jalan. Dengan pakaian yang kumal, dia meminta-minta dengan membentangkan kardus yang bertuliskan permohonan belas kasihan pada orang yang lewat. Tanpa menghampiri atau mengintimidasi, dia tetap berada di posisinya untuk menunggu orang yang berbelas kasihan.

            Lain lagi saat Dreamland berada di kawasan Space Needle, Dreamland melihat ada pengemis yang sedang memeluk kucing dan meminta sumbangan untuk memberi makan kucing yang dipeliharanya. Dengan tulisan dan topi ala sulap yang tergadang, dia menantikan orang yang berbelas kasihan untuk memberi makan pengemis dan kucingnya yang kelaparan. Sama seperti pengemis sebelumnya, pengemis yang satu ini pun tidak berjalan menghampiri, tetapi duduk diam menunggu belas kasihan.

            Sungguh sangat berbeda pendekatan pengemis di negara berkembang dan negara maju!



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.