Monday, October 22, 2012

Day 1 : Enjoy Singapore in Short Time


Dreamland Traveller

Day 1 : Enjoy Singapore in Short Time
            Dreamland Traveller kembali lagi dengan catatan perjalanan baru yang seru dan memberikan warna tersendiri di bulan Oktober ini. Kali ini, Dreamland melakukan perjalanan singkat di sela-sela kesibukan kuliah ke sebuah destinasi yang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Apalagi kalau bukan Singapura. Negara yang terkenal dengan simbol Singanya ini memang memiliki pesona tersendiri dengan tata kota dan aturan yang sangat ketat.
            Sebagai info, Singapura awalnya dikenal dengan nama Temasek, yakni bahasa Jawa yang artinya laut. Singapura berasal dari dua kata sansekerta, yakni Singa dan Pure (kota). Awalnya wilayah Singapura merupakan bagian dari negara Malaysia, namun Singapura sempat dijajah Inggris dan pada akhirnya memerdekakan diri pada tahun 1965. Hingga saat ini, Singapura merupakan salah satu negara di wilayah Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Terbukti dari kurs dollar Singapura yang terus meningkat akhir-akhir ini.
            Perjalanan bermula ketika Dreamland mempersiapkan diri berangkat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pesawat AirAsia yang membawa Dreamland mengalami keterlambatan dan menghambat waktu perjalanan hingga 30 menit. Agak mengganggu memang, namun karena lalu lintas penerbangan Singapura yang sangat ramai itu membuat keterlambatan seringkali terjadi pada rute yang satu ini. Dreamland pun berangkat ke Singapura setelah mendapat panggilan dari petugas bandara untuk masuk ke pesawat.
            Tak terasa 1 jam 45 menit pun begitu cepat. Dreamland tiba di Terminal 1 Bandara Changi Singapura. Dreamland langsung menuju ke imigrasi. Antrian di imigrasi pada hari ini sangat ramai. Banyak turis dari negeri tirai bambu yang tampaknya tergabung dalam tour yang meramaikan suasana. Setelah menjalani proses imigrasi, Dreamland langsung menuju ke Terminal 3 untuk mencapai Mass Rapid Transit (MRT) yang ada di Changi Airport untuk menuju destinasi selanjutnya, yakni Kranji.
            Berhubung Dreamland menginap di Tune Hotels.com Danga Bay yang ada di Johor Bahru. Dreamland langsung mengakses MRT menuju Kranji. Dreamland harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam didalam MRT karena rute yang sangat jauh dan harus berganti kereta sebanyak 2 kali, yakni di Tanah Merah dan Jurong East. Sesampainya di Kranji, Dreamland langsung membeli tiket bus menuju Johor Bahru. 
            Bus pun membawa Dreamland ke perbatasan Singapura dan Malaysia. Dreamland harus melewati masing-masing imigrasi dengan membawa passport. Kemudian setelah rangkaian pemeriksaan passport usai, Dreamland pun tiba di JB Central. Di sini Dreamland mengambil bus menuju Danga Bay yang tersedia dan berjejer di sepanjang jalan. Setelah seluruh kursi terisi penuh, bus yang membawa Dreamland pun berangkat dan akhirnya Dreamland pun berhenti di hotel yang sudah tidak asing lagi, yakni Tune Hotels.com Danga Bay.


            Berhubung waktu sudah sore menjelang malam, hari pertama ini Dreamland habiskan di kamar hotel. Senang rasanya bisa bernostalgia kembali ke Singapura dan Johor Bahru setelah 3 bulan tidak mengunjungi tempat ini. Dreamland tak sabar menantikan perjalanan esok hari yang penuh tantangan dan menantang.

Singapura, Johor Bahru, 17 Oktober 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Singapura menggunakan mata uang Dollar Singapura sebagai alat pembayaran yang sah. Kurs Dollar Singapura saat Dreamland melakukan perjalanan adalah Rp 7.800,00.
- Terdapat Mass Rapid Transit (MRT) di Bandara Changi yang bisa diakses via Terminal 2 dan 3. Jika Anda berada di Terminal 1, bisa mengaksesnya dengan menaiki sky train yang ada di sisi kiri Bandara Changi.
- Selama berada di MRT maupun terminalnya, dilarang makan dan minum karena jika dilanggar akan terkena denda sebesar 500 Dollar Singapura.
- Cuaca Singapura pada bulan Oktober ini cenderung hujan. Disarankan membawa payung atau jas hujan untuk mengantisipasi kehujanan di sela-sela liburan.
- Johor Bahru dapat diakses dari Singapura dengan bus yang ada di Kranji. Terdapat 3 jenis bus yang dapat dipilih dengan tingkat harga yang bervariasi.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.