Friday, February 13, 2015

Echo Chamber yang Tertukar

Dreamland Traveller Moment


Echo Chamber yang Tertukar
            Sebelum Dreamland melakukan Indochina Trip, Dreamland sudah membaca ada sebuah ruangan bernama Echo Chamber di Angkor Wat. Lokasinya ini pernah menjadi salah satu misi Amazing Race, di mana kita bisa mendengar gema tatkala memukul tulang dada kita di ruangan ini. Nah karena penasaran dan belum pernah melihat Echo Chamber secara langsung, jadilah Dreamland mencari ruangan ini tatkala berada di Angkor Wat.
            Dreamland pun mencari Echo Chamber ke berbagai sudut Angkor Wat dan tidak ditemukan. Tatkala bertanya pada petugas yang ada, Dreamland justru menyimpulkan Echo Chamber berada pada candi kecil yang terpisah di dekat area tengah Angkor Wat. Kata petugas itu, Echo Chamber dijaga oleh seorang laki-laki tua. Jadilah Dreamland menaiki candi yang keliru. Di sinilah kesalahan Dreamland bermula.
            Dreamland melihat ruangan ini sangat sepi dan dipenuhi reruntuhan yang tidak teratur. Di dalamnya ada Buddha yang sedang bertapa dan meminta Dreamland duduk didepannya. Dreamland bertanya apakah ini Echo Chamber, dia hanya mengangguk dan melakukan ritual sembahyang yang tidak jelas. Dreamland dibacakan mantera yang tidak tahu apa itu dan dipasangi gelang-gelang. Setelah selesai, dia mengeluarkan mangkok yang sudah berisi uang 20 USD. Dreamland sendiri bingung apa maksudnya.
            “Money” katanya singkat. Waduh gawat kayaknya Dreamland salah masuk ruangan, kata Dreamland dalam hati. Setelah mencari-cari uang, Dreamland kasih saja 1 USD. Dia menggeleng-geleng dan meminta lebih. Berhubung tidak mau, Dreamland kembalikan saja gelang-gelang yang tidak jelas itu dan segera turun ke bawah. Candi ini letaknya terpisah dari bangunan utama Angkor Wat dan terletak di arah tenggara dari pintu masuk. Hindari candi ini ya!
            Rupanya Echo Chamber tepat ada di pintu masuk dekat candi kecil ini. Dreamland pun menghampiri, masuk, dan melihat banyak orang yang melakukan tepuk dada di sini. Alhasil terdapat bunyi gema yang bergetar di sini. Ada juga kakek tua yang menjaga Echo Chamber dan piring yang berisi banyak uang Riel. Astaga Echo Chamber sudah Dreamland lewati berkali-kali dan baru ditemukan sekarang. Ckckck…
            Lucu rasanya mencari dan memasuki Echo Chamber yang tertukar di Angkor Wat.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.