Monday, February 9, 2015

Spooky Siem Reap

Dreamland Traveller Moment


Spooky Siem Reap
            Sama halnya dengan pariwisata di negara lain, Siem Reap pun mempunyai low season tersendiri, di mana turis yang datang sangat sedikit dan bisa dihitung dengan angka puluhan di sekitar pusat keramaian turis. Hal ini Dreamland alami saat berkunjung ke Siem Reap pada awal Juli 2014. Tatkala Dreamland berjalan menuju Old Market dari hotel, jalanan begitu sepi dari turis asing. Toko-toko makanan yang ada tampak sepi tanpa ada tanda-tanda pengunjung yang makan didalamnya.
            Sesampainya di Old Market, alangkah terkejutnya Dreamland melihat kios suvenir yang ada sangat sepi oleh pengunjung. Penjaga toko tampak duduk melamun dan termenung melihat kondisi pariwisata Siem Reap yang sedang lesu karena periode low season. Tidak ada satupun turis yang berkeliaran untuk melihat-lihat pajangan, t-shirt, atau gantungan kunci untuk oleh-oleh kerabat di rumah. Siem Reap tampak seperti kota mati.
            Dreamland pun mengunjungi toko t-shirt yang sudah pernah Dreamland kunjungi 1 tahun yang lalu saat Cambodia Trip pertama kalinya. Penjual toko ini mengatakan bahwa Siem Reap sedang mengalami low season, sehingga tidak baik untuk iklim bisnis yang ada. Di satu sisi Dreamland merasa iba melihat kondisi lain, di sisi lain Dreamland mendapat diskon yang lumayan untuk membeli sejumlah suvenir karena harga yang diberikan menjadi murah.
            Dreamland pun melihat Siem Reap Night Market dan Angkor Night Market yang benar-benar spooky dan hampir tidak ada turis yang berkunjung. Toko-toko begitu sepi dan dagangan pun tidak ada satupun yang menyentuh. Benar-benar kondisi bisnis yang sangat memprihatinkan. Dreamland pun membeli pajangan miniatur Angkor Wat dari wanita Kamboja dan dia mengatakan bahwa Dreamland adalah pembeli pertama hari ini di kiosnya. Apa? Padahal ini sudah jam 20.00 dan Dreamland yang pertama!
            Sebegitu sepinya Siem Reap sampai-sampai Dreamland sendiri merasa seram berada di Siem Reap yang kosong dari turis ini. Untungnya Dreamland masih menemukan keberadaan bule di sekitar pub yang ada di Old Market. Mereka sedang duduk santai sambil menikmati minuman beralkohol di sini. Wajar karena bir Kamboja terkenal sangat murah dan nikmat. Tentu sebuah pengalaman yang cukup unik melihat Siem Reap sangat sepi dan terkesan begitu spooky di awal Juli 2014 ini.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.