Saturday, February 28, 2015

Masuk Bayar, Keluar Bayar

Dreamland Traveller Moment


Masuk Bayar, Keluar Bayar
            Terkadang keterbatasan membuat kreativitas seseorang muncul secara tiba-tiba. Ide untuk mendapatkan uang dengan berbagai cara pun muncul dalam berbagai bentuk. Hal inilah yang mungkin dilakukan Laos dalam menyiasati kondisi negara yang boleh dikatakan “terbelakang” dibandingkan negara ASEAN lainnya. Salah satunya melalui hal yang mungkin tidak masuk akal untuk dijadikan lahan uang.
            Ketika Dreamland masuk ke Laos melalui perbatasan Nong Khai dan melewati jembatan pemisah antara Thailand – Laos, Dreamland harus menempuh perjalanan yang sangat singkat dengan bus seharga 15 THB. Setelah itu, Dreamland berhenti di imigrasi Laos, mengisi kartu imigrasi, dan mendapat cap masuk Laos. Tiba-tiba Dreamland diberitahu untuk membeli One Way Pass untuk mengakses pintu otomatis layaknya gerbang masuk Dufan seharga 1.000 LAK atau 5 THB. 
            Alhasil Dreamland harus pergi ke konter yang menjual One Day Pass ini ke seberang konter imigrasi. Dreamland diberi sebuah kartu untuk membuka pintu otomatis tersebut. Setelah itu, barulah Dreamland benar-benar masuk ke Laos. Sangat cerdik memang pemasangan pintu otomatis berbayar ini buat orang yang lalu lalang antara Thailand – Laos. Lumayan kan kalau setiap hari ada 1.000 orang yang pulang pergi di perbatasan bisa dapat 5.000 THB buat pemerintah Laos. Hehehe…
            Demikian pula saat Dreamland ingin kembali pulang dari Vientiane menuju Nong Khai. Dreamland harus membayar One Day Pass plus Overtime Fee seharga 10.000 LAK atau 45 THB sebelum masuk ke konter imigrasi. Sungguh sebuah ide yang cerdik dari pemerintah Laos agar bisa mendapat pemasukan tambahan dari uang yang kelihatan sepele, tapi bisa dikumpulkan menjadi besar hanya lewat imigrasi saja. Dreamland acungkan jempol untuk pengadaan gerbang elektroniknya yang “menelan” uang 50 THB saat Dreamland pergi ke dan pulang dari Laos.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.