Monday, October 22, 2012

Day 3 : Menjelajahi Singapore dari Sudut Berbeda


Dreamland Traveller

Day 3 : Menjelajahi Singapore dari Sudut Berbeda
            Dreamland Traveller berencana mengadakan perjalanan menakjubkan kembali ke Singapura hari ini. Dengan menggunakan bus, Dreamland menuju JB Central kemudian melewati prosedur imigrasi, serta melewati perbatasan 2 negara untuk sampai di Kranji. Sesampainya di Kranji, Dreamland memutuskan untuk mengunjungi Chinese Garden yang ada di jalur hijau MRT. 

            Dreamland pun tiba di Chinese Garden dengan sejuta pertanyaan. Dreamland memasuki taman kota ini dan hanya bisa terkagum-kagum melihatnya. Chinese Garden di Singapura sangat tertata dan terawat dengan rapi. Taman yang dikemas dalam tema Chinese dan Japanese, serta diisi dengan museum kura-kura dan taman bonsai ini sangat bersih dan nyaman. Dreamland sangat menikmati kunjungan ke sisi lain dari Singapura ini.
            Dreamland mengambil banyak foto di lokasi wisata ini dengan semangat. Taman ini sangat luas dan Dreamland membutuhkan waktu 3 jam untuk mengelilingi semua lokasi menarik yang ada di Chinese Garden ini. Terdapat taman shio, pagoda, serta bangunan menarik lainnya yang bisa menjadi objek foto yang baik. Sayangnya, perjalanan Dreamland sempat terhenti oleh hujan gerimis yang terjadi selama 30 menit.
            Dreamland hanya bisa berharap kelak Indonesia memiliki taman kota yang terawat dan sangat rapi ini. Setelah puas memanjakan diri melihat taman yang begitu indah, Dreamland menuju Cityhall untuk menuju Merlion dan Marina Bay Sands untuk berfoto. Sayangnya, Dreamland salah memilih rute dan hujan deras mengguyur Singapura. Dreamland pun mengurungkan niat dan kembali menuju MRT menuju Chinatown.

            Sesampainya di Chinatown, Dreamland makan siang dan membeli sejumlah oleh-oleh. Dreamland pun mengunjungi tempat yang pernah Dreamland singgahi di Singapura 7 tahun yang lalu. Ternyata bangunan-bangunan yang ada masih sama, hanya saja mengalami sejumlah renovasi. Tak terasa Dreamland berjalan kaki cukup jauh dan tiba di MRT Outram Park. Dari MRT ini, Dreamland menuju Raffles Place. Sesampainya di Raffles Place, untungnya hujan sudah reda, sehingga Dreamland bisa menuju Merlion dan Marina Bay Sands yang begitu populer ini.
            Dreamland menghabiskan waktu dengan berfoto-foto dan mengambil gambar. Setelah puas, Dreamland menuju kembali ke MRT dengan kaki yang sudah sangat pegal. Dreamland langsung mengambil tujuan Kranji untuk pulang kembali ke Johor Bahru. Perjalanan 1,5 jam pun terasa begitu cepat. Sesampainya di Kranji, Dreamland dikejutkan dengan antrian yang sangat amat panjang untuk naik bus. Maklum hari ini adalah hari Jumat dan besok adalah hari libur bagi karyawan Singapura.
            Memang sangat banyak sekali warga Singapura yang berlibur ke Johor Bahru karena harga yang lebih murah dan terjangkau. Antrian pun menyita waktu Dreamland selama 1 jam. Selain itu karena salah memilih bus, Dreamland harus membayar lebih mahal dari biasanya. Dreamland pun menuju perbatasan yang sangat padat. Setelah melalui semua proses yang melelahkan ini, Dreamland pun naik bus menuju Danga Bay untuk kembali ke hotel.
            Senang sekali Dreamland bisa mengunjungi sebuah lokasi yang berbeda di Singapura, selain Orchard Roadnya yang terkenal dan melihat bahwa taman kota di Singapura sangat terawat dengan rapi. Semoga Indonesia bisa meniru taman kota yang ada di Singapura ini ya.

Singapura, 19 Oktober 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Chinese Garden merupakan objek wisata gratis yang bisa dikunjungi di Singapura.
- Wisata gratis lainnya yang bisa kita kunjungi di Singapura adalah Merlion, Gardens by The Bay, dan masih banyak lainnya.
- Lokasi shopping murah meriah yang ada di Singapura bisa ditemukan di Bugis, Chinatown, dan Little India, khususnya untuk oleh-oleh.
- Shopping elite Singapura bisa ditemukan di sepanjang Orchard Road dan Marina Bay Sands.
- Wisata yang cukup menarik, namun tidak gratis, antara lain Singapore Flyer, Singapore River Cruise, naik ke lantai paling atas Marina Bay Sands (tarif 15 Dollar Singapore untuk dewasa), Universal Studios Singapore, Jurong Bird Park, Singapore Zoo, dan lain sebagainya.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.