Monday, March 14, 2016

Physical Examination di China

Dreamland Traveller



Physical Examination di China


            Salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi mahasiswa untuk studi di China adalah melakukan physical examination atau cek medis. Sehari sebelum melakukan physical examination, Dreamland dan mahasiswa lainnya diminta untuk tidak makan dan minum 12 jam sebelum physical examination dilakukan. Setibanya di hari H, Dreamland dan mahasiswa lainnya diantar dengan bus kampus menuju rumah sakit yang ditentukan pada pukul 08.00. Saat Dreamland tiba, banyak juga warga lokal Zhenjiang yang melakukan physical examination.

            Dreamland pun diminta untuk berbaris di loket yang ada untuk melakukan pendaftaran dokumen, seperti paspor dan formulir yang tersedia, kemudian melakukan pembayaran sebesar 400 yuan. Setelah pembayaran dilakukan, Dreamland akan diberikan formulir untuk melakukan cek fisik dalam beberapa tes, seperti Lab Test untuk cek darah, X-ray untuk melihat kondisi tulang, Ultrasound scan, ECG, Medicine, Surgery, dan EENT. Semua proses ini dilakukan sangat cepat dan efisien dengan alat-alat yang sangat canggih.

            Saat melakukan physical examination, Dreamland melihat antrian yang begitu panjang, sehingga proses ini ditempuh dalam jangka waktu yang sangat lama. Dreamland mendapat giliran terakhir, sehingga Dreamland melihat semua orang sudah menyelesaikan semua proses ini dengan cepat. Ada sebuah hal yang cukup menarik saat tes darah dilakukan, yakni beberapa mahasiswa terlihat ketakutan dan menjerit karena mempunyai fobia pada jarum.

            Setiap tes mempunyai ruangannya masing-masing. Kita hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada di setiap ruangan agar dapat mengikuti setiap tes yang ada dengan baik. Pertama kali, Dreamland memulai dengan tes darah dengan cepat dan mudah. Konter pengambilan darah di rumah sakit ini, seperti apotek, yakni perawat langsung menusuk jarum di konter, bukan di sebuah ruangan khusus, sehingga semua orang dapat melihat proses pengambilan darah yang dilakukan.

            Setelah itu, Dreamland menuju ke ruangan kedua, yakni ruangan X-ray untuk melihat kondisi tulang yang Dreamland miliki. Kita cukup berdiri dengan pakaian di mesin dan dokter akan melakukan pengecekan pada bentuk tulang yang ada. Proses ini hanya memakan waktu 1,5 menit. Setelah itu, Dreamland masuk ke ruangan EENT untuk mendapat pemeriksaan mata, apakah buta warna, juling, atau tidak. Sehabis prose situ, Dreamland diperiksa di ultrasound scan dengan membuka baju dan ditempeli semacam alat-alat bundar. Proses ini hanya berlangsung 2 menit dan selesai.

            Dreamland pun menuju ke ruangan Medicine dan diperiksa tensi darah, tinggi badan, dan berat badan. Proses ini mungkin paling cepat, yakni hanya 45 detik saja. Uniknya semua dokter dan perawat yang menangani pasien sudah berusia lanjut dan masih terlihat sangat cekatan. Dreamland pun akhirnya menuju ke ruangan ECG untuk diperiksa dan hanya menghabiskan waktu 2 menit.

            Akhirnya, Dreamland tiba di ruang Surgery untuk melakukan cek fisik dengan stetoskop tanpa membuka baju dan selesai dengan sangat amat cepat, yakni hanya 1 menit. Dreamland pun mendapat tanda tangan di semua formulir dan menyerahkannya pada staf yang bertugas. Kami semua pun pulang kembali ke kampus dengan bus. Sungguh sebuah pengalaman cek fisik yang menarik, unik, sekaligus efisien karena menggunakan alat-alat yang canggih dengan waktu pemeriksaan yang sangat amat singkat per orangnya.

            Nantikan catatan perjalanan Dreamland lainnya dalam Dreamland in China hanya di Dreamland Traveller Moment.



Zhenjiang, Jiangsu, China, 29 Maret 2016



Dreamland Traveller



Catatan:

- Pembayaran uang kuliah di China, khususnya Jiangsu University harus dilakukan secara langsung dalam jangka waktu 1 tahun di muka, pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup atau melakukan metode pembayaran melalui transfer bank atau Western Union.

- Siapkan foto ukuran paspor dalam jumlah yang memadai agar tidak kerepotan mencari studio foto untuk membuat foto berbagai dokumen penting.

- Pastikan untuk melakukan pengecekan ramalan cuaca sebelum berangkat ke China karena cuaca saat Dreamland tiba di Zhenjiang sangatlah dingin. Bawalah pakaian sesuai musim yang sedang terjadi di China.

- Bawalah bekal makanan, peralatan mandi, serta pakaian dari Indonesia dalam jumlah yang memadai. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran yang sangat besar saat kita baru pertama kali tiba di China.

- Siapkan sepatu yang nyaman saat berangkat ke China karena kita akan dipaksa berjalan jauh setiap harinya dengan luas kampus yang sangat besar. Tidak disarankan untuk membeli e-bike untuk studi dalam jangka waktu sebentar karena tidak efisien dan menghabiskan biaya yang cukup besar.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.