Sunday, March 13, 2016

Prosedur Daftar Ulang Jiangsu University

Dreamland Traveller




Prosedur Daftar Ulang Jiangsu University


            Setelah menghabiskan malam di asrama C7, tiba saatnya bagi Dreamland dan mahasiswa lain untuk melakukan pendaftaran ulang. Mengingat kami masih sangat awam dengan lokasi kampus Jiangsu University yang sangat amat luas, kami pun diantar senior menuju ke Overseas Education College (OEC) building. Setelah melewati gedung perpustakaan yang megah dan danau, kami pun berjalan lurus menuju sebuah bangunan besar.

            Kami pun diajak ke sebuah ruang kelas di lantai 2 untuk memulai proses registrasi ulang. Pada tahap ini, semua dokumen yang diperlukan, mulai dari paspor, Admission Notice, JW202, Transkrip, Ijazah, dan berbagai dokumen yang relevan dicek oleh mahasiswa asing senior yang menjadi Volunteer. Setelah itu, kami diminta mengisi formulir informasi untuk database Jiangsu University dan lembar komitmen.

            Di ruangan ini, tersedia konter penjualan China Unicom yang melakukan penjualan SIM Card bagi mahasiswa asing. Banyak mahasiswa asing yang membeli SIM Card, namun Dreamland memilih menunda agar dapat membandingkan SIM Card operator lain yang ada di China. Saat Dreamland melakukan proses registrasi ulang, ada stasiun TV yang ikut meliput acara penerimaan mahasiswa baru. Jadi serasa artis mendadak. Hehehe….

            Setelah semua dokumen dicek, kami pun mendapat nomor tunggu untuk pendaftaran ulang mahasiswa ke tahap selanjutnya. Kami diberikan sebuah formulir yang harus dilengkapi secara utuh. Terdapat 11 tahap yang harus dilengkapi untuk dapat menjadi mahasiswa Jiangsu University, yakni:

1. Preparation – mendapat nomor tunggu, paket registrasi, dan fotokopi paspor

2. Commitment – memberikan paspor untuk barcode dan difoto, kemudian menandatangani formulir komitmen

3. Reviewing Info – Melakukan cek informasi personal pada database mahasiswa, serta menandatangani formulir aplikasi

4. Documents – Menyerahkan semua dokumen asli yang diperlukan untuk verifikasi

5. Payment of Fees – Menerima nota pembayaran, kemudian membayar di Bank of China, serta menyerahkan nota pembayaran

6. Accomodation – Mendapatkan asrama dan membayar biaya, serta melakukan check-in

7. Physical Examination – Mendapatkan tanggal perjanjian, melakukan proses pengecekan fisik, mendapatkan laporan hasil cek medis

8. Resident Permit – Mendapatkan tanggal janji untuk ijin tinggal, mengajukan permohonan ijin tinggal

9. Campus Card – Registrasi akademik, mendapatkan nomor identitas mahasiswa, mengajukan kartu mahasiswa di perpustakaan lama

10. Counselling – Menaruh foto pada formulir, menghadiri konseling pada 26 Maret di gedung pascasarjana ruang G004, menyerahkan formulir saat selesai survei di G004

11. Student ID Card – Menerima kartu identitas mahasiswa

            Sampai tulisan ini dibuat, Dreamland baru menyelesaikan tahap 1 – 9, mengingat sesi konseling akan dilakukan 2 minggu ke depan. Sejauh ini semua proses berjalan dengan lancar dan sistematis. Hanya saja, prosedur daftar ulang Jiangsu University ini agak sedikit kaku karena pelayanan daftar ulang akan mengikuti nomor antrian, sehingga sekalipun kita datang lebih awal dan tidak ada nomor antrian yang dimaksud, kita tidak dapat mendahului nomor tersebut. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.

            Pelayanan OEC akan dihentikan saat jeda makan siang dan baru dimulai lagi pada pukul 13.30, sehingga kami semua mahasiswa baru dijamu makan menuju kantin muslim. Dengan kendaraan warna hijau kecil, kami diantar menuju kantin muslim untuk makan siang. Menu yang disajikan adalah mie khas China yang porsinya sangat jumbo. Seperti biasa, reporter mengikuti kegiatan daftar ulang yang dilakukan dan melakukan wawancara pada sejumlah mahasiswa.

            Sehabis makan siang, kami semua kembali ke gedung OEC dengan berjalan kaki. Kami menyelesaikan tahap-tahap yang masih belum terselesaikan. Setelah hari semakin sore, OEC pun tidak menerima lagi proses pendaftaran. Kantor pun ditutup dan kami diminta kembali esok hari untuk menyelesaikan hal yang belum tuntas. Secara umum, pelayanan yang diberikan cukup baik dan professional karena dilakukan secara rapi dan teratur.

            Keesokan harinya, Dreamland menyelesaikan pembayaran uang kuliah sebesar 15.800 RMB untuk masa studi 1 tahun di Bank of China. Setelah itu, Dreamland membayar asrama sebesar 4.900 RMB ditambah 500 RMB deposit untuk masa pemakaian selama studi. Salah satu pembayaran yang memberatkan di China ini adalah uang kuliah selama 1 tahun harus disetor total pada saat pendaftaran dan hanya diberikan tenggang waktu maksimal 2 bulan. Jika lewat, maka mahasiswa dipersilahkan untuk meninggalkan kampus dan proses pembelajaran.

            Dreamland sempat mengalami peristiwa tidak menyenangkan saat melakukan pembayaran asrama. Saat itu proses pendaftaran asrama mahasiswa baru sangatlah banyak dan membludak, sayangnya petugas yang melayani hanya 3 orang. Jadilah antrian mahasiswa baru yang mau masuk asrama mengular sampai membuat Dreamland menunggu 2 jam! Setibanya giliran Dreamland, Dreamland mengeluarkan uang 4.500 yuan. Eh petugasnya tidak mau hitung per lembar, namun justru memakai mesin. Mesin menunjukkan angka 44 dan dia bersikeras tidak mau menghitung uang Dreamland. Malah dia melempar uang Dreamland di depan mata karena dianggap tidak percaya dengannya. Peristiwa ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.

            Demikian proses pendaftaran ulang yang Dreamland alami saat pertama kali menginjakkan kaki di Jiangsu University. Nantikan berbagai keseruan perjalanan studi Dreamland di negeri Tirai Bambu ini hanya di Dreamland Traveller.



Zhenjiang, Jiangsu, China, 25 – 26 Februari 2016



Dreamland Traveller



Catatan:

- Pembayaran uang kuliah di China, khususnya Jiangsu University harus dilakukan secara langsung dalam jangka waktu 1 tahun di muka, pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup atau melakukan metode pembayaran melalui transfer bank atau Western Union.

- Siapkan foto ukuran paspor dalam jumlah yang memadai agar tidak kerepotan mencari studio foto untuk membuat foto berbagai dokumen penting.

- Pastikan untuk melakukan pengecekan ramalan cuaca sebelum berangkat ke China karena cuaca saat Dreamland tiba di Zhenjiang sangatlah dingin. Bawalah pakaian sesuai musim yang sedang terjadi di China.

- Bawalah bekal makanan, peralatan mandi, serta pakaian dari Indonesia dalam jumlah yang memadai. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran yang sangat besar saat kita baru pertama kali tiba di China.

- Siapkan sepatu yang nyaman saat berangkat ke China karena kita akan dipaksa berjalan jauh setiap harinya dengan luas kampus yang sangat besar. Tidak disarankan untuk membeli e-bike untuk studi dalam jangka waktu sebentar karena tidak efisien dan menghabiskan biaya yang cukup besar.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.