Sunday, March 27, 2016

Megahnya Perpustakaan Jiangsu University

Dreamland Traveller Moment




Megahnya Perpustakaan Jiangsu University


            Perpustakaan seringkali dianggap sebagai tempat yang membosankan untuk dikunjungi karena bangunannya yang kuno, lembab, tidak terawat, dan dijaga oleh petugas yang sangat serius. Belum lagi koleksi bukunya yang seringkali ketinggalan zaman dan tidak diupdate secara berkala. Rasanya aktivitas mengunjungi perpustakaan menjadi pilihan terakhir ketika tidak ada hal lain yang akan dikerjakan.

            Berbeda dengan perpustakaan yang ada di China, khususnya Jiangsu University, tempat Dreamland menimba ilmu. Dengan luas perpustakaan yang sangat besar, serta koleksi buku yang jumlahnya ratusan ribu buku, rasanya kita bisa tersesat di perpustakaan seluas ini. Cukup dengan menempelkan kartu mahasiswa pada pintu masuk perpustakaan, kita bisa mengakses semua koleksi buku yang ada di sini.

            Sistem kategorisasi buku di perpustakaan Jiangsu University ini juga sangat apik, terawat dengan baik, dan mempunyai arsip yang sangat lengkap dari tahun ke tahun. Dengan jumlah 6 lantai. Perpustakaan ini mempunyai aula yang sangat luas untuk membaca buku dengan penataan meja dan kursi yang nyaman. Belum lagi pencahayaan perpustakaan sangat apik karena sebagian besar bangunan perpustakaan terbuat dari kaca.

            Perpustakaan pun terlihat sangat sunyi senyap, walaupun dikunjungi oleh banyak orang. Banyak orang duduk santai membaca buku, ada yang menghafalkan materi sambil membaca di tangga melingkar universitas, dan ada juga yang tertunduk lesu karena kesulitan menghafal materi. Sayangnya, perpustakaan ini kebanyakan hanya memiliki koleksi buku bahasa Mandarin yang super lengkap dan hanya sedikit koleksi buku berbahasa Inggris yang bisa dibaca.

            Semoga saja kelak kita mempunyai perpustakaan yang nyaman, sunyi senyap, lengkap, dan megah, sehingga aktivitas membaca buku tidak menjadi “uji nyali” melawan kantuk, tapi juga proses menambah ilmu yang menyenangkan.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.