Saturday, April 2, 2016

Watch Your Step!

Dreamland Traveller Moment




Watch Your Step!


            Meludah biasanya menjadi sebuah hal yang tabu untuk dilakukan saat berada di ruang publik. Di Singapore, meludah di tempat umum dapat dikenakan denda yang sangat besar. Jika biasanya meludah dilakukan secara tertutup di wastafel atau kamar mandi, pemandangan tersebut tidak akan ditemukan selama berada di China. Saat sedang berjalan-jalan di tempat umum, ingat untuk selalu memperhatikan tanda-tanda saat orang China Daratan mulai mengeluarkan suara “Hoohoohooo” dan siap-siap lontaran ludah keluar di tempat yang tidak semestinya.

            Entah mengapa saat banyak orang jalan, selalu saja orang China Daratan yang tiba-tiba mengeluarkan suara “Hoek Hoek” dan meludah dengan begitu saja. Entah di trotoar, mal, tempat belanja, lift, atau bahkan di universitas sekalipun selalu saja Dreamland temukan ada yang meludah. Padahal walaupun letak kamar mandi sangat dekat sekalipun, rasanya susah ya untuk pergi toilet untuk meludah sejenak. Selalu saja mendadak suara “Hoek Hoek” mulai terdengar, alarm Dreamland sudah siaga untuk menyingkir dari TKP.

            Memang tidak salah meludah jika terdapat sesuatu yang menganggu di lidah atau tenggorokan. Tapi meludah pun ada etikanya, bukan? Saat meludah terkena kaki atau sepatu, apakah orang tidak marah. Belum lagi kalau meludahnya di lift yang sempit. Anehnya lagi ekspresi sesudah meludah pun tetap lempeng saja seolah merasa tidak merasa bersalah atau tidak enak pada orang sekitar. Sungguh benar-benar sebuah kebiasaan buruk yang mendarah daging di masyarakat China.

            Pokoknya begitu sinyal “Hoek Hoek” sudah terdengar, maka kita sudah harus sadar untuk menyingkir atau siap-siap senapan ludah bersarang di alas kaki kita secara permanen.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.