Monday, April 18, 2016

Kartu Serba Guna Bernama Campus Card

Dreamland Traveller Moment




Kartu Serba Guna Bernama Campus Card


            Kartu tanda mahasiswa biasanya hanya digunakan sebagai identitas saat kita akan menempuh ujian atau menjadi tanda pengenal saat kita memasuki tempat kuliah. Kegunaannya pun sangat terbatas, yakni untuk meminjam buku di perpustakaan, mengikuti ujian, syarat pendaftaran lomba, dan paling maksimal mungkin hanya sebagai kartu ATM pada saat yang bersamaan. Tak heran jika keberadaan kartu tanda mahasiswa seringkali dipandang sebelah mata bagi mahasiswa di Indonesia.

            Ketika Dreamland menempuh studi di Jiangsu University, Dreamland terkejut ketika melihat semua hal yang ada di kampus menggunakan kartu sebagai alat transaksi. Ketika Dreamland akan membeli makanan di kantin pertama kali, Dreamland kebingungan karena tidak ada kantin yang menerima uang secara CASH! Alhasil Dreamland harus minta tolong mahasiswa lokal untuk membelikan makanan bagi Dreamland dan Dreamland membayar secara tunai.

            Belum lagi membayar listrik, masuk ke perpustakaan, menggunakan mesin cuci, sampai memasak pun semua menggunakan kartu. Tak heran mengisi sejumlah nominal uang di kartu mahasiswa menjadi sebuah keharusan, jika kita tidak mau direpotkan untuk meminjam kartu ke sana kemari. Dreamland saja kelimpungan di minggu pertama karena tidak sempat mengisi sejumlah nominal uang ke perpustakaan lama, sehingga harus mencari mahasiswa lama untuk mengisikan sejumlah nominal uang ke dalam kartu.

            Tatkala Dreamland menyempatkan diri untuk pergi ke perpustakaan lama, Dreamland masukkan saja nominal yang cukup besar, yakni 350 RMB sekaligus agar tidak capek untuk bolak balik mengisi uang di kartu. Sebenarnya ada metode lain untuk mengisi uang di kartu, yakni menggunakan bank account yang dimiliki, tapi tetap saja kan harus memasukkan uang ke ATM. Belum lagi navigasinya pakai Bahasa Mandarin semua jadi tambah sulit.

            Sungguh sebuah kartu sakti yang praktis, sekaligus merepotkan di waktu yang sama dengan berbagai fungsi kartu tanda mahasiswa ini. Terbayang rasanya kalau kartu hilang akan menimbulkan banyak kesulitan, juga nominal uang yang tersisa pun akan hilang.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.