Wednesday, April 6, 2016

Toilet Tanpa Privasi

Dreamland Traveller Moment




Toilet Tanpa Privasi


            Toilet biasanya menjadi tempat yang paling privat bagi setiap orang untuk melakukan aktivitas pribadi, seperti buang air kecil maupun buang hajat. Tak heran rasanya jika toilet dibuat senyaman dan seprivasi mungkin agar setiap orang yang menggunakannya dapat menikmati aktivitas ini dengan semaksimal dan seefektif mungkin. Di Jepang, toilet dibuat nyaman dengan bangku penghangat dan semprotan pantat secara langsung. Bahkan terdapat fitur tombol penyamar suara plung plung saat buang hajat, sehingga kita tidak merasa malu saat harus menggunakan toilet umum.

            Definisi toilet yang diterima secara umum di seluruh dunia ini rupanya tidak relevan saat kita berada di China. Saat Dreamland kepepet harus menggunakan toilet untuk buang air kecil di sebuah tempat wisata, alangkah terkejutnya Dreamland saat toilet yang Dreamland gunakan tidak mempunyai sekat dan langsung berjejer 3 kloset jongkok secara berturut-turut. Belum lagi sisa kotoran sehabis pakai dari pengguna sebelumnya tidak dibersihkan dan dibiarkan mengambang begitu saja.

            Padahal air flush dari kloset tersebut jalan dan berfungsi dengan baik. Entah mengapa membanjur kotoran bekas digunakan saja begitu sulit. Terbayang rasanya jika perut terkena diare dan harus buang air besar di toilet semacam ini. Bisa-bisa semua kotoran yang asalnya mau dikeluarkan bisa masuk lagi ke dalam perut. Pokoknya privasi sudah jadi kata yang tidak dikenal bagi orang yang menggunakan toilet di China, di mana pantat dan kemaluan sudah menjadi pemandangan umum yang biasa terlihat dengan bebas.

            Saat Dreamland melihat toilet umum tipe lain di China, Dreamland lebih terkejut lagi melihat toilet ini tidak mempunyai pintu. Tempat untuk membuang kotoran pun hanya saluran panjang dan sama sekali tidak tersedia air untuk membanjur. Alhasil Dreamland melihat kotoran manusia berserakan di lantai dan bau yang sangat amat tidak sedap saat masuk ke dalam toilet. Dengan sigap, langsung Dreamland pipis secepat mungkin dan kabur dari toilet umum dengan kondisi semacam ini.

            Memang menggunakan toilet umum di China ini membutuhkan perjuangan, serta usaha yang ekstra keras untuk sekadar bertahan di toilet saja. Apalagi jika sudah terbayang kotoran yang mengambang dan bau yang sangat tajam, rasanya sudah mau muntah saja.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.