Monday, July 29, 2013

Tips ‘n Trick Wisata di Singapore

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Singapore
            Sebagai destinasi wisata terfavorit orang Indonesia, Singapore merupakan negara yang canggih, tertib, bersih, teratur, dan modern. Tak heran rasanya jika orang Indonesia yang baru pertama kali ke luar negeri akan menjadikan Singapore sebagai destinasi pilihan dalam menjelajahi dunia global. Singapore mempunyai berbagai macam wisata, di antaranya belanja di kawasan Orchard Road, theme park di Sentosa Island, alam di Chinese Garden dan Botanic Gardens, dan lain sebagainya. 
            Tentu sebagai negara maju, standar kehidupan di Singapore jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Tak heran rasanya jika pengeluaran wisata di Singapore bisa membengkak tanpa pengelolaan keuangan yang baik. Dreamland akan membagikan beberapa tips dan trik menarik yang akan membantu Anda dalam menjelajahi Singapore secara hemat dan ekonomis, namun dengan kepuasan yang maksimal.
1. Singapore merupakan negara yang memiliki sistem transportasi yang terintregasi dengan baik. Tak heran rasanya jika kita bisa menjelajahi berbagai sudut negara ini hanya dengan satu kartu saja. Jika Anda wisatawan yang memiliki waktu terbatas dan ingin mengunjungi Singapore dengan semaksimal mungkin dapat memilih Singapore Tourist Pass yang mempunyai masa berlaku 1, 2, dan 3 hari. Anda akan mempunyai akses tak terbatas dalam jalur MRT, LRT, dan bus selama jangka waktu yang Anda pilih. Jika Anda berwisata dalam jangka waktu lama dan tidak membutuhkan transportasi terlalu banyak dapat memilih EZ-Link Card yang berisi saldo sesuai pengisian. Jika hanya pergi ke suatu tempat secara langsung dapat membeli Standard Card di mesin elektronik yang tersedia untuk MRT atau uang pas untuk transportasi bus.

2. Bagi Anda dengan budget berlebih dapat menginap di daerah Orchard atau Marina Bay Sands yang dekat dengan pertokoan dan mal berkelas. Sementara bagi Anda dengan kantong terbatas dapat menginap di kawasan Geylang. Meskipun kawasan ini dikenal sebagai “kawasan merah”, namun harga hotel di sini relatif murah dan terjangkau. Pertimbangkan juga letak MRT dari hotel agar Anda tidak berjalan terlalu jauh untuk mengakses berbagai wisata yang ada di Singapore.

3. Bagi Anda yang ingin cari oleh-oleh dapat mengunjungi kawasan Bugis, Chinatown, dan Mustafa Centre. Kawasan ini dapat dicapai dengan mudah lewat MRT. Di lokasi ini, Anda akan menemukan gantungan kunci, pajangan, kaos, dan aneka jenis oleh-oleh lainnya dengan harga yang murah. Harga oleh-oleh di Singapore cenderung dalam harga yang pas dan jarang dilakukan tawar menawar karena papan harga terpasang jelas di setiap toko.

4. Bagi Anda yang ingin wisata gratis di Singapore dapat mengunjungi Chinese Garden, Haw Par Villa, Gardens By The Bay, Botanic Gardens, dan Merlion Statue. Hanya saja, siapkan tenaga dan kaki karena Anda akan berjalan sangat jauh dan melelahkan untuk mengeksplorasi semua kawasan wisata yang ada di berbagai tempat yang disebutkan di atas.

5. Pulau Sentosa merupakan tempat wisata terfavorit di Singapore. Hanya saja, wisata di pulau ini bisa menghabiskan banyak biaya tanpa perencanaan yang baik. Disarankan untuk membeli tiket Universal Studios Singapore dan S.E.A. Aquarium di Indonesia karena mempunyai potongan harga dibandingkan membeli langsung di konternya karena mempunyai harga yang jauh lebih mahal. Selain itu, jika Anda ingin bermain semua wahana di Sentosa bisa membeli Sentosa Play Pass agar lebih hemat (meskipun wisata Sentosa selain USS tidak direkomendasikan karena kurang menarik menurut Dreamland).

6. Jika Anda gemar berbelanja, jangan lupa dapatkan kembali pajak pemerintah di Bandara Changi di konter GST Refund. Uangnya sangat lumayan untuk Anda tabung kembali untuk budget liburan Anda selanjutnya.
            Semoga berbagai tips dan trik yang Dreamland berikan dapat memberikan kepuasan dan kegembiraan maksimal selama Anda berwisata di Singapore. Selamat menikmati waktu liburan Anda bersama keluarga di Singapore!

Singapore and Johor Bahru Trip, 19 – 24 Juli 2013

~ oOo ~

1 comment:

  1. wisata ke Garden by The Bay itu enak banget loh. apalagi kalo sampai masuk ke dome nya yang Cloud forest.

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.