Friday, July 26, 2013

Day 2 : Mempelajari Nasihat China di Haw Par Villa dan Shopping di Mustafa Centre

Dreamland Traveller


Day 2 : Mempelajari Nasihat China di Haw Par Villa dan Shopping di Mustafa Centre
            Setelah bersiap-siap dari hotel, Dreamland pun beranjak keluar menuju Bangunan Sultan Iskandar untuk berwisata di Singapore kembali. Dengan menggunakan bus setelah menyeberang dari jalan bebas hambatan yang menakutkan karena banyak mobil yang mengebut, Dreamland pun akhirnya sampai di JB Central. Dreamland pun berjalan kaki 5 menit menuju Bangunan Sultan Iskandar dan menaiki elevator untuk menuju ke imigrasi Malaysia. Imigrasi Malaysia tidak terlalu ramai oleh pengunjung hari ini.







            Setelah mendapatkan cap keluar dari Malaysia, Dreamland pun naik bus 170 untuk menuju ke MRT Kranji. Dreamland kembali harus melewati imigrasi Singapore di Woodlands setelah melewati jembatan yang memisahkan antara Singapore dan Malaysia. Sesampainya di imigrasi, Dreamland kembali mengantri dan akhirnya mendapatkan cap masuk Singapore. Dreamland pun bergegas turun ke lantai dasar untuk melanjutkan perjalanan dengan bus menuju MRT. 








            Begitu tiba di MRT Kranji, Dreamland memutuskan untuk makan siang terlebih dahulu agar tidak keroncongan selama berada di perjalanan. Setelah makan siang, Dreamland pun naik ke MRT dengan tujuan Haw Par Villa. Dreamland harus berganti kereta di Jurong East, kemudian berganti kembali di Buona Vista sebelum akhirnya sampai di Haw Par Villa. Selama berada di MRT, Dreamland melihat semua orang Singapore asyik dengan gadgetnya masing-masing. Ada yang main games, ada yang mendengarkan musik dengan earphone sampai suaranya terdengar ke luar. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.








            Dreamland pun akhirnya tiba di Haw Par Villa. Objek wisata yang satu ini ternyata letaknya tepat di samping stasiun MRT Haw Par Villa. Dreamland pun langsung masuk untuk menjelajahi berbagai objek menarik yang ada di tempat ini. Haw Par Villa ini konon dimiliki oleh pemilik perusahaan Tiger Balm di Singapore. Haw Par Villa berisi monumen-monumen yang menceritakan nilai-nilai penting dari China. Sangat menarik rasanya melihat patung-patung yang digambarkan untuk merepresentasikan sifat manusia.








            Haw Par Villa mempunyai beberapa bagian taman yang semuanya layak untuk dikunjungi. Ada 10 cara kematian akibat dosa yang dilakukan manusia di Bumi lengkap dengan diorama kematian. Ada juga patung-patung aneh yang menggambarkan sifat buruk manusia yang divisualkan dalam bentuk binatang. Bagian belakang taman ini banyak menceritakan dengan pelajaran berharga dari China tentang persahabatan, kebaikan, dan kebijaksanaan. Boleh dikatakan Haw Par Villa ini objek wisata yang aneh, tapi juga sangat menarik karena menyuguhkan sesuatu yang berbeda di Singapore.








            Setelah puas mengelilingi taman ini selama 2 jam, Dreamland pun beranjak menuju objek wisata selanjutnya, yakni Singapore Botanic Garden. Dreamland pun naik MRT menuju stasiun MRT Botanic Gardens. Sesampainya di MRT ini, Dreamland turun dan langsung berjalan menuju taman di tengah kota ini. Suasana taman kota ini boleh dikatakan asri dan nyaman untuk piknik. Banyak orang Singapore yang menghabiskan akhir pekan mereka di sini untuk duduk santai di pinggir danau sambil memakan bekal.







            Dreamland berjalan melintasi berbagai taman tema di sini, mulai dari Healing Garden, Ginger Garden, sampai National Orchid Garden. Taman ini sangatlah luas dan membuat kaki Dreamland terasa sangat pegal. Hanya saja, taman ini sangatlah nyaman untuk bersantai ria karena masih sangat rimbun dan terawat dengan baik. Tidak ada satupun sampah yang berserakan di sini. Uniknya lagi-lagi kelihaian pemerintah Singapore dalam menjadikan sumber daya buatannya bernilai dollar, untuk memasuki National Orchid Garden pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar 8 SGD. 







            Dreamland pun berjalan keluar dari taman ini setelah melewati Swan Lake. Tanpa terasa Dreamland sudah berjalan mendekati Orchard Road! Astaga, berarti Dreamland sudah berjalan kaki sangat jauh. Dreamland pun keluar via Tanglin Gate dan berjalan menuju stasiun bus terdekat. Bus pun datang dan Dreamland pun naik. Dreamland melewati berbagai mal mewah di jalan Orchard, mulai dari Takashimaya dan kawan-kawannya. Dreamland pun memutuskan untuk berhenti di Plaza Singapura yang dekat dengan MRT Dhoby Ghaut.







            Setelah turun, Dreamland berjalan-jalan di Plaza Singapura sejenak. Setelah itu, Dreamland berjalan ke MRT Dhoby Ghaut menuju ke Farrer Park untuk menuju destinasi selanjutnya, yakni Mustafa Centre. Sesampainya di Farrer Park, Dreamland berjalan kaki sekitar 10 menit sebelum akhirnya mencapai Mustafa Centre. Sebelumnya Dreamland menyempatkan diri untuk makan di sebuah warung makan India, namun rasanya tidak dapat diterima oleh lidah karena rasa rempah yang sangat dominan dan menyengat. Setelah menghabiskan kudapan makan siang yang tidak lezat itu, Dreamland pun masuk ke Mustafa Centre yang katanya dibilang tempat belanja favorit orang Indonesia.






            Begitu masuk ke Mustafa Centre, berbagai jenis barang ada di sini, mulai dari obat-obatan, supermarket, baju, sampai oleh-oleh pun ada. Tokonya sangat penuh sesak oleh orang-orang. Harganya tidak bisa dibilang murah meriah karena Dreamland menemukan barang serupa dengan harga yang lebih miring di Chinatown. Namun Dreamland akui kalau Mustafa Centre menjual barang dengan sangat lengkap.








            Setelah berjalan-jalan berkeliling Mustafa Centre, Dreamland melihat ada Food Festival 2013 Little India tepat di seberang Mustafa Centre. Dreamland pun masuk dan melihat ternyata ada pertandingan chef internasional di sini. Salah satunya adalah chef yang berasal dari Indonesia. Di Food Festival ini juga diadakan bazaar dan karnaval dengan mainan lempar bola dan gelang. Setelah puas melihat-lihat, Dreamland pun berjalan keluar menuju halte bus yang ada cukup jauh dari Festival Food 2013 ini.









            Dreamland pun mencoba naik bus 2 tingkat yang ada di Singapore. Sangat seru rasanya melihat kota Singapore dengan bus ini. Hanya saja bus ini ternyata berhenti di lokasi perumahan yang sangat jauh dari keramaian. Dreamland sempat deg-degan karena bus ini berhenti di tempat yang sepi. Untung ada bus lain yang beroperasi, sehingga Dreamland bisa berhenti di stasiun MRT yang dilalui, yakni Boon Keng. Sesampainya di MRT, Dreamland langsung mencari tujuan menuju ke Chinatown.









            Sesampainya di Chinatown, Dreamland hanya melihat keramaian dan lalu lalang turis di sini. Begitu banyak suvenir ditawarkan di sini dengan harga yang lebih murah dibandingkan di Bugis dan Mustafa Centre. Selanjutnya Dreamland berfoto-foto sejenak di sini dan menikmati es krim potong kembali seharga 1 SGD sebelum akhirnya kembali ke MRT Chinatown untuk menuju pulang kembali ke Johor Bahru via MRT Kranji.









            Hari pun mulai larut malam. Dreamland pun membeli roti yang diobral di MRT Kranji seharga 2,5 SGD untuk 3 roti. Selanjutnya Dreamland kembali naik bus, menjalani prosedur imigrasi 2 negara, hingga akhirnya sampai di halte bus JB Central. Dreamland langsung naik bus jurusan Danga Bay dan akhirnya beristirahat di Tune Hotels.com. Senang sekali rasanya mengeksplorasi berbagai wisata Singapore yang tidak hanya melulu soal belanja, belanja, dan belanja di Singapore.




Johor Bahru, Singapore, 20 Juli 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kurs SGD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 8.000 IDR.
- Kurs RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.200 IDR.
- Singapore mempunyai banyak wisata gratis, mulai dari Chinese Garden, Botanic Gardens, Haw Par Villa, Labrador Park, Merlion, Marina Bay Sands (photo), dan lain sebagainya.
- Hampir semua stasiun MRT di Singapore terhubung langsung dengan mal.
- Ada 3 jenis kartu yang dapat dipilih untuk berwisata di Singapore, yakni Standard Card, Ez-Link Card, dan Singapore Tourist Pass.
- Pastikan untuk mempelajari sistem transportasi di Singapore agar dapat merencanakan perjalanan secara efektif dan efisien.
- Tarif bus lebih murah dibandingkan MRT di Singapore, hanya saja sebagian besar melintasi kawasan perumahan dan jauh dari kawasan turis.
- Pastikan untuk mempunyai dokumen perjalanan yang lengkap tatkala melintasi perbatasan darat Singapore – Malaysia di Woodlands dan Bangunan Sultan Iskandar.
- Pilihan bus yang tersedia dari Singapore menuju Johor Bahru (demikian sebaliknya) adalah 160, 170, dan CW1.
- Harga makanan, barang, dan transportasi di Johor Bahru secara umum jauh lebih murah dibandingkan di Singapore.
- Objek wisata menarik yang ada di Johor Bahru adalah Legoland Malaysia dan Hello Kitty Sanrio Theme Park.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.