Saturday, July 6, 2013

Orang Baik Ada di Manapun

Dreamland Traveller Moment


Orang Baik Ada di Manapun
            Di era modern ini, hampir semua orang menjadi orang yang individualistis. Masing-masing sibuk mementingkan dirinya sendiri tanpa peduli pada orang lain. Falsafah “gotong royong” yang selama ini dijunjung negara kita pun memudar, apalagi jika kita hidup di kota besar. Kehadiran teknologi berupa gadget canggih pun menggantikan kehadiran manusia di sekitarnya. Hidup seolah hanya dia seorang tanpa ada seorangpun di dunia ini. Tak heran jika manusia abad ini semakin egois dan picik demi keuntungan dirinya sendiri.
            Di antara banyaknya orang jahat di dunia ini, tersisa orang baik yang menjadi makhluk langka penghuni Bumi ini. Kekhawatiran ditipu, diculik, dianiaya, diperkosa, dicuri, dan lain sebagainya tentu merasuki hati kita. Apalagi jika kita bertemu dengan orang yang baru kita kenal, tentu kewaspadaan dan rasa hati-hati akan kita siapkan. Namun selalu tersedia orang baik di setiap tempat, tatkala kondisi kita terjepit dan hati kita sudah berserah pada Sang Pencipta. Mereka akan menjadi Dewa Penolong kita tanpa pamrih yang kehadirannya tidak pernah kita duga di tempat yang asing bagi kita.
            Tatkala Dreamland sedang mencari Central Plaza di Chiang Rai, Dreamland berjalan kaki sangat jauh menuju mal terbesar di Chiang Rai yang satu ini. Setelah berjalan 30 menit dan tidak menemukan tanda-tanda mal besar itu ada, Dreamland pun mulai putus asa dan ingin beranjak pulang saja ke hotel. Dreamland pun memutuskan untuk bertanya pada pemuda Thailand di pinggir jalan untuk terakhir kalinya sebelum berjalan pulang ke hotel.
            Do you know where is Central Plaza? Is still far from here?” tanya Dreamland pada pemuda ini. “It’s about 3 km from here. You can go straight.” katanya sambil menunjuk arah ke depan. “We can use songtheow from here?” tanya Dreamland lagi. Lama dia berpikir, sambil memakai helm motor seolah akan beranjak pergi. Dreamland pikir dia sudah bosan menjawab pertanyaan Dreamland, namun Dreamland terkejut dengan apa yang akan dia katakan. “Ok, you can join with me.” katanya lagi.
            Setelah berpikir, Dreamland pun akhirnya ikut serta dalam boncengan pemuda Thailand ini. Padahal kalau di Indonesia, bisa jadi kecurigaan akan ditodong atau dicuri ketika nebeng sangatlah kuat. Namun hal tersebut tidak berlaku pada pemuda Thailand ini. Dengan senang hati, dia menawarkan antaran gratis karena jalur pulangnya searah dengan letak Central Plaza. Perjalanan menuju Central Plaza ternyata masih jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki, yakni 3 km lagi!
            Akhirnya setibanya di Central Plaza, Dreamland diturunkan dekat pintu masuk Central Plaza. Dreamland mengucapkan terima kasih dan pemuda Thailand itu pun pergi menuju destinasinya. Berkat bantuan pemuda Thailand ini, Dreamland bisa menghemat kaki untuk perjalanan esok harinya ke Chiang Mai. Padahal Dreamland tidak memakai helm dan bisa jadi membuat dia terkena masalah jika bertemu dengan polisi Thailand alias ditilang. Sang Pencipta memang selalu menyiapkan bala bantuan tatkala kita membutuhkannya. Thanks God.
            Sama halnya dengan kekhawatiran terhadap orang jahat, selalu tersedia orang baik di manapun kita berada. Pada saat keadaan kita terdesak, secara tiba-tiba mereka muncul dan menawarkan bantuan tanpa pamrih. Semoga tatkala ada orang asing yang datang ke daerah kita, kita bisa menjadi orang baik yang Sang Pencipta datangkan untuk menolong orang asing tersebut. Yakinlah selalu ada hukum timbal balik di dunia ini, kebaikan akan dibalas kebaikan di masa mendatang!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.