Saturday, July 27, 2013

Day 3 : Jurong Bird Park dan Sentosa Island yang Memukau

Dreamland Traveller


Day 3 : Jurong Bird Park dan Sentosa Island yang Memukau
            Dreamland kembali akan mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di Singapore hari ini. Setelah mandi dan bersiap-siap, Dreamland langsung keluar dari hotel dan menyeberangi jalan untuk mendapatkan bus yang akan membawa Dreamland ke JB Central. Sesampainya di JB Central, Dreamland langsung berjalan menuju Bangunan Sultan Iskandar untuk melewati imigrasi seperti biasa. Dreamland pun naik bus 170 untuk menuju MRT Kranji setelah melewati imigrasi Singapore di Woodlands.









            Kali ini, Dreamland akan mengunjungi taman burung yang terkenal di Singapore. Apalagi kalau bukan Jurong Bird Park. Dreamland pun naik MRT dari Kranji menuju ke Boon Lay via Jurong East interchange. Setelah itu Dreamland berjalan masuk ke mal dan menunggu di halte bus paling keren yang pernah Dreamland lihat. Halte bus ini terletak di mal dan ruang tunggunya sangat nyaman. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.







            Dreamland menaiki bus nomor 194 dengan tujuan spesifik Jurong Bird Park. Perjalanan selama 20 menit pun tak terasa. Dreamland pun akhirnya tiba di Jurong Bird Park. Sesampainya di Jurong Bird Park, Dreamland langsung berfoto-foto sejenak. Dreamland pun melihat harga tiket masuk sebesar 20 SGD dan mengurungkan diri untuk masuk mengingat testimoni kerabat yang pernah berkunjung ke dalam kurang merekomendasikan Dreamland untuk masuk. Dreamland pun kembali menunggu di halte bus untuk kembali ke Boon Lay.







            Secara umum, taman burung Jurong ini terlihat sangat menarik di pintu gerbangnya. Tanaman-tanaman ditanam agar memperindah pemandangan Jurong Bird Park. Tak hanya itu, ada juga jembatan kecil dan air mancur yang memperasri suasana Jurong Bird Park. Sesampainya di Boon Lay kembali, Dreamland berjalan-jalan di sekitar mal sebelum akhirnya ke MRT untuk ke tujuan selanjutnya, yakni Sentosa Island.








            Dreamland pun naik MRT dari Boon Lay menuju Harbour Front via Outram Park. Sesampainya di MRT Harbour Front, Dreamland langsung berjalan-jalan di sekitar mal VivoCity. Dreamland melihat pemandangan Sentosa Island dari mal ini yang terlihat sangat ramai oleh wisatawan asing. Tak hanya itu, Dreamland juga membeli sejumlah oleh-oleh kecil di Daiso seharga 2 SGD per item. 








            Awalnya Dreamland ingin menggunakan jasa Sentosa Express untuk menuju Sentosa Island, namun karena harganya 4 SGD sekali jalan, Dreamland mengurungkan niat dan memilih alternatif kedua, yakni Sentosa Boardwalk seharga 1 SGD. Setelah menempuh perjalanan 1 km menuju Sentosa Island dengan berjalan kaki, Dreamland pun akhirnya tiba di Pulau Sentosa. Dreamland berfoto-foto sejenak dan mengunjungi sejumlah tempat wisata menarik.








            Dreamland pun tiba di bola dunia raksasa Universal Studios Singapore. Berhubung setahun yang lalu, Dreamland sudah masuk dan bermain di dalam USS, Dreamland hanya melihat-lihat dan berfoto saja. Selanjutnya, Dreamland menuju ke MEMA and S.E.A. Aquarium. Harga tiketnya ternyata sangat mahal, yakni 28 SGD, sehingga Dreamland mengurungkan diri untuk masuk ke dalam. Setelah itu, Dreamland beranjak ke Adventure Cove Waterpark untuk melihat saja. Harga tiketnya lagi-lagi sangat mahal, yakni 30 sekian SGD. 









            Akhirnya, Dreamland pun memutuskan untuk menjelajahi Pulau Sentosa dengan seksama. Dreamland melihat ke wahana lainnya, mulai dari Images of Singapore, Tiger Sky Tower, The Merlion, dan lain sebagainya. Semua wahana mempunyai tiket masuk yang berbeda-beda, mulai dari satuan hingga belasan dollar. Kelihaian pemerintah Singapore dalam memanfaatkan wisata buatan sebagai ladang dollar ini akan Dreamland bahas lebih lanjut dalam Dreamland Traveller Moment.









            Dreamland pun naik bus gratis menuju Fort Siloso, namun karena jam operasional tutup Dreamland tidak bisa mengakses lokasi wisata yang satu ini. Dreamland pun akhirnya kembali ke daerah Imbiah untuk kemudian kembali ke VivoCity via Sentosa Express dari Imbiah Station. Kereta yang membawa Dreamland ternyata penuh sesak oleh turis asing. Sesampainya di VivoCity, Dreamland langsung turun ke MRT Harbour Front. 









            Berhubung hari ini adalah hari terakhir pemakaian Singapore Tourist Pass, Dreamland pun penasaran dengan apa yang ada di MRT paling ujung Singapore, yakni Pasir Ris. Dreamland pun menuju ke Pasir Ris via Outram Park. Sesampainya di Pasir Ris, Dreamland melihat lagi-lagi berdiri mal yang cukup besar. Dreamland berkeliling sejenak mal ini hanya untuk melihat-lihat saja. Selain itu, Pasir Ris juga mempunyai food court dan sebagian besar wilayahnya adalah pemukiman warga. Mengingat waktu yang sudah semakin malam, Dreamland pun kembali ke MRT untuk menuju ke Kranji via Jurong East. 





            Perjalanan selama 1 jam pun terasa begitu lama. Sesampainya di Kranji, Dreamland menjalankan rutinitas seperti biasa, mulai dari naik bus, imigrasi 2 negara, sampai naik bus menuju Danga Bay. Sesampainya di kawasan hotel, Dreamland makan malam terlebih dahulu di restoran Sekinchan dan akhirnya beristirahat di kamar untuk mempersiapkan diri pada esok hari bermain di Legoland Malaysia. Senang sekali rasanya menjelajahi Singapore secara utuh dan maksimal.

Johor Bahru, Singapore, 21 Juli 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kurs SGD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 8.000 IDR.
- Kurs RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.200 IDR.
- Singapore mempunyai banyak wisata gratis, mulai dari Chinese Garden, Botanic Gardens, Haw Par Villa, Labrador Park, Merlion, Marina Bay Sands (photo), dan lain sebagainya.
- Hampir semua stasiun MRT di Singapore terhubung langsung dengan mal.
- Ada 3 jenis kartu yang dapat dipilih untuk berwisata di Singapore, yakni Standard Card, Ez-Link Card, dan Singapore Tourist Pass.
- Pastikan untuk mempelajari sistem transportasi di Singapore agar dapat merencanakan perjalanan secara efektif dan efisien.
- Tarif bus lebih murah dibandingkan MRT di Singapore, hanya saja sebagian besar melintasi kawasan perumahan dan jauh dari kawasan turis.
- Pastikan untuk mempunyai dokumen perjalanan yang lengkap tatkala melintasi perbatasan darat Singapore – Malaysia di Woodlands dan Bangunan Sultan Iskandar.
- Pilihan bus yang tersedia dari Singapore menuju Johor Bahru (demikian sebaliknya) adalah 160, 170, dan CW1.
- Harga makanan, barang, dan transportasi di Johor Bahru secara umum jauh lebih murah dibandingkan di Singapore.
- Objek wisata menarik yang ada di Johor Bahru adalah Legoland Malaysia dan Hello Kitty Sanrio Theme Park.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.