Saturday, July 13, 2013

Smart Holiday for Smart Traveler

Dreamland Traveller Moment


Smart Holiday for Smart Traveler
            Memilih destinasi berlibur seringkali menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Selain kondisi fisik yang serba misterius, kekhawatiran dan kendala bahasa seringkali menjadi faktor yang mempengaruhi kita untuk pergi atau tidaknya ke tempat tersebut. Rasa takut, cemas, dan panik tentu hanya akan menghambat keberanian kita dalam mengeksplorasi sebuah tempat yang baru dan layak untuk dikunjungi sebelum kita meninggal. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi, bukan?
            Dreamland akan membagikan beberapa tips, patokan, atau indikator, bagaimana cara memilih destinasi wisata yang tepat yang sekiranya mampu memberikan kenyamanan, keamanan, dan ketenangan saat kita berkunjung ke tempat tersebut. Diharapkan kita tidak lagi bingung, was-was, cemas, dan akhirnya membatalkan diri berlibur karena faktor destinasi yang kurang jelas ini.
            Pertama, perhatikan cuaca, musim, dan kondisi alam yang sedang terjadi di destinasi yang akan kita tuju. Jika suatu tempat sedang dilanda hujan deras, tentu sebaiknya kita tidak mengunjungi tempat tersebut karena kita hanya menghabiskan waktu di hotel tanpa menikmati pemandangan yang seharusnya bisa kita lihat secara maksimal. Pemilihan waktu berkunjung sesuai musim juga menjadi sangat relatif karena tergantung dari kegemaran masing-masing orang.
            Jika Anda penggemar salju, maka datanglah saat destinasi tersebut mengalami musim dingin agar bisa melihat salju. Jika menyukai pantai, datanglah pada musim panas untuk mendapatkan pemandangan prima dari sebuah keindahan pantai. Bagi yang ingin melihat bunga yang bermekaran saat musim semi, datanglah pada waktu-waktu tersebut agar bisa menyaksikan keindahan tanaman yang hidup di negara 4 musim ini. Pilihlah musim yang Anda gemari dengan memperhatikan waktu berkunjung agar mendapatkan kondisi alam sesuai dengan yang diinginkan di destinasi yang dituju.
            Kedua, perhatikan kondisi politik, sosial, dan pemerintahan dari negara yang dituju. Jika negara yang ingin dituju sedang mengalami kerusuhan, perang, atau huru-hara tentu sangat dianjurkan untuk TIDAK mengunjungi negara tersebut karena dapat mengancam keselamatan dan nyawa kita sendiri. Selain itu, negara tersebut pastilah penuh dengan aparat keamanan yang membuat liburan kita menjadi tidak nyaman. Belum lagi ancaman demonstran yang bisa saja menyerang kita orang yang tidak bersalah sebagai pelampiasan. Cermati kondisi politik setempat agar liburan kita terasa aman dan nyaman.
            Ketiga, pilihlah negara sesuai preferensi tipe liburan Anda. Jika Anda penggemar candi kuno, janganlah datang ke Singapore yang sudah serba modern, tapi kunjungilah Kamboja. Bagi Anda penggemar kuliner, datanglah ke Bangkok atau Penang untuk menikmati wisata kuliner murah meriah. Para penggemar pantai bisa mendatangi Phuket, Bali, atau Langkawi untuk mendapatkan pantai dengan kualitas prima. Putuskan destinasi wisata berdasarkan kegemaran Anda agar mendapatkan kepuasan maksimal yang tidak didapatkan di destinasi lain.
            Keempat, sesuaikan destinasi liburan Anda dengan budget yang Anda miliki. Bagi Anda yang mempunyai budget liburan sangat besar, tentu destinasi mewah, seperti Eropa, Amerika Latin, dan Afrika Selatan bisa menjadi tujuan wisata yang menghibur dan menyenangkan dengan segala kemewahan yang ada di destinasi tersebut. Budget wisata menengah dapat mengunjungi negara yang tingkat kesejahteraannya tinggi, namun masih cukup terjangkau, seperti Singapore, Hong Kong, Korea, dan lain sebagainya.
            Anda yang mempunyai budget terbatas pun tak perlu khawatir karena bisa menikmati destinasi dengan tingkat harga yang tidak terlalu mahal, seperti Bangkok, Kamboja, Vietnam, bahkan negara sendiri pun dapat Anda nikmati dengan mudah dan terjangkau. Tentu penyesuaian destinasi dengan budget ini bertujuan agar standar kenyamanan berbanding harga sepadan dengan biaya yang dikeluarkan, namun dengan kepuasan yang maksimal dengan destinasi yang berlainan.
            Tidak mau dong jika Anda yang berbudget rendah ingin menikmati Machu Picchu, tapi kendala biaya membuat Anda terpaksa tidur di taman, bandara, atau fasilitas umum karena memaksakan diri pada suatu destinasi yang tergolong mahal. Selain itu, Anda jadi terpaksa tidak makan 3 kali sehari, tidak beli oleh-oleh, dan menjadi sengsara akibat kurangnya budget. Anggarkan budget liburan sesuai keinginan Anda dan sesuaikan dengan destinasi yang dituju agar kepuasan yang didapat maksimal. Jangan sampai kita menjadi gembel saat berlibur akibat salah memilih destinasi dari budget yang dimiliki.
            Terakhir, sesuaikan destinasi dengan partner liburan Anda. Jika Anda sedang berlibur bersama teman yang suka mendaki gunung, mungkin Lombok dengan Gunung Rinjaninya bisa menjadi pilihan liburan yang tepat dan cocok. Bagi keluarga dengan anak kecil, Hong Kong yang mempunyai Hong Kong Disneyland atau Johor Bahru dengan Legolandnya bisa menjadi destinasi yang menyenangkan. Bagi Anda yang berlibur dengan remaja yang menyukai olahraga yang berhubungan dengan air, datanglah ke Bali, Phuket, dan pantai-pantai lainnya yang menyuguhkan wisata tersebut.
            Pemilihan destinasi berdasarkan partner liburan ini tentu sangat penting agar memberi kepuasan yang sama pada setiap peserta liburan. Selain tidak menimbulkan perdebatan, destinasi sesuai rekan liburan akan menjadikan liburan kita menjadi berkesan karena semua bisa menikmati dengan caranya masing-masing tanpa adanya ketidaksukaan karena ketidakcocokan destinasi.
            Semoga kelima tips yang Dreamland berikan ini dapat menjadikan Anda seorang traveler yang cerdas dalam menentukkan sebuah destinasi yang dituju. Liburan Anda menjadi berkesan dan istimewa berkat kecerdasan dalam memilih dan menentukkan destinasi impian dari setiap orang. Selamat berlibur dengan cerdas!

~  oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.