Sunday, July 28, 2013

Day 5 : Menelusuri Jejak Sejarah Singapore di Labrador Nature Reserve

Dreamland Traveller


Day 5 : Menelusuri Jejak Sejarah Singapore di Labrador Nature Reserve
            Setelah menjalani hari yang menyenangkan di Legoland Malaysia, tiba saatnya untuk kembali mengeksplorasi kekayaan wisata Singapore. Seperti biasa, Dreamland bersiap-siap dan menuju JB Central. Sesampainya di JB Central, Dreamland memutuskan untuk berjalan-jalan terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja yang ada di Johor Bahru. Dreamland melihat dan melewati mal Galleria @Kotaraya, kemudian kuil tertua di Johor Bahru. Setelah itu, Dreamland memutuskan untuk ke Singapore.







            Singkat kata, setelah imigrasi 2 negara dan sampai di Kranji, Dreamland makan siang terlebih dahulu. Kemudian Dreamland mengambil MRT dengan rute Labrador Park via Jurong East dan Buona Vista. Sesampainya di Labrador Park, Dreamland sempat kebingungan dengan wisata alam yang ingin dikunjungi. Setelah menemukan letak taman, akhirnya Dreamland pun berjalan kaki menuju lokasi wisata unik yang satu ini.







            Perjalanan pun memakan energi yang cukup besar mengingat jalan yang cukup jauh, serta matahari yang sangat menyengat di Singapore. Uniknya jalanan ini sangat dirawat dengan baik dan terbuat dari kayu seutuhnya sehingga nyaman bagi pejalan kaki. Singapore memang hebat dalam tata letak penataan kota. Namun semua itu terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah ke lepas pantai, sambil menikmati pemandangan yatch mewah kepunyaan orang kaya Singapore. Beberapa apartment mewah berdiri di sini dengan pemandangan langsung ke Pulau Sentosa. 




            Setelah berfoto di lepas pantai, Dreamland pun berjalan menuju kawasan Labrador Nature Reserve. Di kawasan ini, Dreamland berfoto dengan banyak situs bersejarah Singapore semasa Perang Dunia ke 2, mulai dari benteng kuno, meriam, terowongan, hingga peluru-peluru. Meskipun lokasinya seperti hutan di Pangandaran yang sama-sama mempunyai wisata sejarah terowongan dan benteng kuno, Singapore mampu mengelola objek wisata ini menjadi tidak menyeramkan. Semua pijakan dibuat dengan batu secara nyaman dan mempunyai lintasan yang terarah.















            Sebagai informasi, letak Labrador Nature Reserve ini sangat dekat dengan keramaian kota. Dreamland salut dengan pemerintah Singapore yang membiarkan hutan kota tetap lestari tanpa dibangun mal atau apartment. Hal ini akan Dreamland bahas lebih lanjut dalam Dreamland Traveller Moment. Salutnya lagi Labrador Nature Reserve ini mempunyai papan baca sejarah yang sangat jelas, sehingga kita tahu apa makna dari setiap objek sejarah yang kita temukan di sini.



















            Setelah menghabiskan waktu selama hampir 3 jam di sini, Dreamland pun berjalan kembali ke MRT Labrador Park untuk pergi ke MRT Harbour Front mengingat Dreamland akan berbelanja sesuatu di sini. Sebagai informasi, Dreamland saat ini sudah menggunakan kartu Ez-Link Card. Keuntungan kartu ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Info. Sesampainya di Harbour Front, Dreamland berjalan-jalan sejenak berkeliling mal sambil melihat sejumlah pameran yang ada di sini.





























            Terakhir, Dreamland berbelanja sesuatu di Giant sebelum akhirnya memutuskan untuk pulang kembali ke Kranji mengingat hari yang semakin sore. Setibanya di Kranji, seperti biasa, rutinitas naik bus, imigrasi 2 negara, dan naik bus menuju Danga Bay. Setibanya di kawasan hotel, Dreamland langsung beranjak ke kamar untuk beristirahat dan mempersiapkan diri pada esok hari untuk pulang kembali ke Bandung.











            Senang rasanya melihat objek wisata sejarah Singapore di Labrador Nature Reserve.

Johor Bahru, Singapore, 23 Juli 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kurs SGD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 8.000 IDR.
- Kurs RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.200 IDR.
- Singapore mempunyai banyak wisata gratis, mulai dari Chinese Garden, Botanic Gardens, Haw Par Villa, Labrador Park, Merlion, Marina Bay Sands (photo), dan lain sebagainya.
- Hampir semua stasiun MRT di Singapore terhubung langsung dengan mal.
- Ada 3 jenis kartu yang dapat dipilih untuk berwisata di Singapore, yakni Standard Card, Ez-Link Card, dan Singapore Tourist Pass.
- Pastikan untuk mempelajari sistem transportasi di Singapore agar dapat merencanakan perjalanan secara efektif dan efisien.
- Tarif bus lebih murah dibandingkan MRT di Singapore, hanya saja sebagian besar melintasi kawasan perumahan dan jauh dari kawasan turis.
- Pastikan untuk mempunyai dokumen perjalanan yang lengkap tatkala melintasi perbatasan darat Singapore – Malaysia di Woodlands dan Bangunan Sultan Iskandar.
- Pilihan bus yang tersedia dari Singapore menuju Johor Bahru (demikian sebaliknya) adalah 160, 170, dan CW1.
- Harga makanan, barang, dan transportasi di Johor Bahru secara umum jauh lebih murah dibandingkan di Singapore.
- Objek wisata menarik yang ada di Johor Bahru adalah Legoland Malaysia dan Hello Kitty Sanrio Theme Park.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.