Thursday, July 25, 2013

Day 1 : Terpesona Marina Bay Sands dan Gardens By The Bay

Dreamland Traveller

Day 1 : Terpesona Marina Bay Sands dan Gardens By The Bay
            Wisata adalah sebuah proses pencarian dan penemuan sesuatu yang baru. Sesuatu yang mampu menjawab rasa keingintahuan kita setelah kita berada di tempat tersebut. Wisata bukanlah sebuah pengulangan atau pergi ke destinasi yang sama berulangkali, melainkan berupaya mencari sudut pandang baru dari suatu destinasi secara mendalam lewat perjalanan singkat yang kita lakukan. Hal itulah yang Dreamland yakini sebagai sebuah wisata atau perjalanan yang Dreamland lakukan setiap saat.




            Kali ini, Dreamland kembali berkesempatan mengunjungi sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal sebagai Macan Asia. Sebuah negara kecil yang mampu mendatangkan jutaan turis setiap tahunnya dan menjadikan segala sesuatu yang dimilikinya bernilai dollar. Dreamland mengawali perjalanan ke Singapore ini dengan bersiap-siap dari rumah pukul 04.00 pagi. Berhubung pesawat AirAsia yang akan membawa Dreamland dari Bandung menuju Singapore berangkat pukul 05.40, maka 2 jam sebelum keberangkatan Dreamland sudah berangkat menuju bandara Husein Sastranegara.




            Tak terasa perjalanan menuju bandara pun lancar mengingat hari masih sangat pagi, Dreamland langsung masuk ke bandara untuk membayar airport tax sebesar Rp 75.000,00, kemudian mengantri di konter imigrasi. Lagi-lagi Dreamland menemukan pelayanan bandara kita sangatlah lambat dan konter imigrasi yang dibuka hanyalah satu, padahal penumpang yang akan pergi ke Singapore sangatlah membludak. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.



            Selanjutnya, Dreamland pun masuk ke ruang tunggu bandara Husein yang sangat mini dan minim fasilitas ini. Kemudian setelah menunggu 30 menit, pesawat pun siap untuk diberangkatkan. Dreamland langsung berjalan menuruni tangga menuju pesawat AirAsia yang sudah siap untuk diberangkatkan. Setelah menempati tempat duduk yang telah disediakan, Dreamland pun akhirnya bersiap untuk menempuh perjalanan selama 1 jam 40 menit menuju Singapore. Hampir semua penumpang pesawat tertidur pulas sepanjang perjalanan menuju Singapore karena hari yang masih pagi.





            Sesampainya di Changi International Airport Singapore, Dreamland langsung beranjak menuju MRT yang terletak di bawah terminal 2 dan 3 bandara Changi. Dreamland langsung membeli Singapore Tourist Pass untuk dipakai mengakses MRT, LRT, dan bus di Singapore selama 3 hari selama 20 SGD. Keuntungan Singapore Tourist Pass akan Dreamland bahas dalam Dreamland Info. Dreamland pun langsung menunggu MRT yang akan membawa Dreamland menuju kota.





            Tujuan Dreamland pertama kali ini adalah Bugis. Dreamland langsung turun di MRT Bugis untuk mengakses Bugis Street yang terkenal sebagai pusat oleh-oleh favorit orang Indonesia. Sesampainya di Bugis, Dreamland berjalan-jalan melihat Bugis Junction, kemudian melewati Bugis Street hingga akhirnya sampai di wilayah Bencoolen. Di taman dekat Bencoolen, Dreamland menyempatkan diri untuk menikmati es potong khas Singapore seharga 1 SGD sebelum berjalan dan berfoto di depan Kwan Im Thong Hood Cho Temple dan sebuah kuil Hindu.







            Selanjutnya Dreamland pun berjalan lurus hingga akhirnya melewati Stamford Arts Centre dan Singapore Art Museum. Tak terasa Dreamland menemukan stasiun MRT lain, yakni Bras Basah yang termasuk dalam Circle Line. Dreamland pun masuk ke MRT yang satu ini untuk mengakses destinasi selanjutnya, yakni MRT Bayfront. Sesampainya di Bayfront, Dreamland langsung berjalan-jalan di mal Marina Bay Sands yang sangat amat mewah ini. Tak lupa Dreamland juga melihat dari depan kasino Marina Bay Sands yang disediakan untuk turis. 







            Tak lama setelah berjalan-jalan di sekitar mal, Dreamland pun berfoto di dek pelabuhan Marina Bay Sands yang sangat eksotis sambil berjalan menuju ke Gardens By The Bay. Dreamland melewati wahana Singapore River Cruise yang sangat diminati bule yang berkunjung ke Singapore. Padahal harga naik perahu yang satu ini adalah 18 SGD atau setara dengan 144.000 IDR. Selanjutnya, Dreamland berjalan melintasi taman buatan yang sangat indah di Singapore, yakni Gardens By The Bay. 







            Taman ini ditandai dengan bangunan kaca berbentuk kerang raksasa, serta pepohonan futuristik yang terbuat dari tangan manusia. Tatkala Dreamland berjalan naik ke konter tiket masuk, alangkah terkejutnya Dreamland melihat harga tiket yang diberikan, yakni 28 SGD atau 224.000 IDR untuk masuk ke taman saja! Anehnya banyak sekali turis yang masuk ke taman ini walaupun dengan harga yang sangat amat mahal. Dreamland akan membahas hal ini dalam Dreamland Traveller Moment.







            Dreamland pun mengurungkan niat untuk masuk ke taman konservasi buatan Singapore ini dan hanya berfoto di luarnya saja. Dreamland pun berjalan melintasi taman-taman yang ada di Gardens By The Bay, mulai dari Chinese Garden, Malay Garden, dan lain sebagainya. Sebelum akhirnya berjalan kaki menuju ke MRT Bayfront kembali. Dreamland melewati bangunan Marina Bay Sands kembali sebelum akhirnya berhasil mencapai MRT Bayfront yang cukup jauh dari Gardens By The Bay. 







            Berhubung badan yang masih lelah akibat kurang tidur dan capek di perjalanan, Dreamland pun memutuskan untuk pergi ke hotel, yakni Tune Hotels.com Danga Bay yang terletak di Johor Bahru. Dreamland pun berganti kereta di MRT Bishan dan melanjutkan perjalanan ke MRT Kranji. Sesampainya di Kranji, Dreamland langsung keluar dan naik bus 170 menuju Woodlands Immigration di Singapore. 









            Setelah melewati prosedur imigrasi, Dreamland pun kembali melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Bangunan Sultan Iskandar sebagai tempat imigrasi Malaysia. Setelah selesai, Dreamland langsung berjalan menuju Johor Bahru City Square Mall sebelum akhirnya mencapai tempat pemberhentian bus. Dreamland mengambil bus dengan jurusan Danga Bay dengan harga 1,6 RM. Setelah penuh, bus pun berjalan menuju ke arah Kulai. Perjalanan selama 15 menit pun tak terasa. Dreamland pun membunyikan bel untuk berhenti di halte bus terdekat dengan Tune Hotels.com.











            Dreamland pun berjalan dan akhirnya tiba di hotel yang pernah Dreamland singgahi setahun lalu dalam rangkaian Singapore Trip. Dreamland pun langsung melakukan check-in dan masuk ke kamar 307. Kamar ini akan menjadi tempat menginap Dreamland selama 5 malam ke depan. Selanjutnya Dreamland pun memutuskan untuk beristirahat hingga sore karena badan yang sangat lelah.













            Menjelang malam, Dreamland mencoba mencicipi makanan yang ada di restoran Sekinchan Ikan Bakar yang terletak tepat di depan Tune Hotels.com Danga Bay. Dreamland memesan nasi goreng dan air limau. Rasanya boleh dikatakan lumayan. Setelah kenyang makan malam, akhirnya Dreamland kembali beristirahat kembali ke hotel untuk mempersiapkan diri esok hari mengunjungi berbagai tempat menarik yang ada di Singapore. Tak sabar rasanya mengeksplorasi Singapore dari kacamata yang berbeda.







Bandung, Singapore, Johor Bahru, 19 Juli 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kurs SGD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 8.000 IDR.
- Kurs RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.200 IDR.
- Singapore mempunyai banyak wisata gratis, mulai dari Chinese Garden, Botanic Gardens, Haw Par Villa, Labrador Park, Merlion, Marina Bay Sands (photo), dan lain sebagainya.
- Hampir semua stasiun MRT di Singapore terhubung langsung dengan mal.
- Ada 3 jenis kartu yang dapat dipilih untuk berwisata di Singapore, yakni Standard Card, Ez-Link Card, dan Singapore Tourist Pass.
- Pastikan untuk mempelajari sistem transportasi di Singapore agar dapat merencanakan perjalanan secara efektif dan efisien.
- Tarif bus lebih murah dibandingkan MRT di Singapore, hanya saja sebagian besar melintasi kawasan perumahan dan jauh dari kawasan turis.
- Pastikan untuk mempunyai dokumen perjalanan yang lengkap tatkala melintasi perbatasan darat Singapore – Malaysia di Woodlands dan Bangunan Sultan Iskandar.
- Pilihan bus yang tersedia dari Singapore menuju Johor Bahru (demikian sebaliknya) adalah 160, 170, dan CW1.
- Harga makanan, barang, dan transportasi di Johor Bahru secara umum jauh lebih murah dibandingkan di Singapore.
- Objek wisata menarik yang ada di Johor Bahru adalah Legoland Malaysia dan Hello Kitty Sanrio Theme Park.

~ oOo ~

4 comments:

  1. Wow... blog anda bagus sangat, terima kasih atas perkongsian anda. Ramai juga membeli tiket-tiket dan sewa kereta pemandu dari Johor Bahru ulang alik Singapore. Agen ini ialah Travel Delight. http://traveldelight.biz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk apresiasinya Travel Delight :)

      Delete
  2. boleh tau ga bis yg dr jb sentral ke tune hotel itu nomer berapa? makasih...

    ReplyDelete
  3. @indri mama satria: Bus dari JB Sentral ke Tune Hotels.com Danga Bay itu ditandai dengan papan nama yang menunjukkan nama "Danga Bay". Tidak ada nomor bus di depan bus, melainkan papan nama daerah tujuan. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.