Wednesday, July 3, 2013

Ketatnya Wilayah Perbatasan Thailand

Dreamland Traveller Moment


Ketatnya Wilayah Perbatasan Thailand
            Perlindungan terhadap suatu negara, bukan hanya dilakukan dengan mempersiapkan senjata perang yang canggih dan lengkap, serta berkoar-koar akan menjaga suatu negara dengan sepenuh jiwa dan raga, namun juga bukti nyata di lapangan. Seberapa ketatkah penjagaan dalam memasuki suatu negara, apakah mudah ataukah sulit? Hal ini tentu dilakukan agar imigran gelap tidak masuk dalam wilayah negara yang bersangkutan dan membawa dampak buruk yang tidak diinginkan.
            Dreamland salut dengan penjagaan polisi Thailand terhadap wilayah perbatasan mereka. Tatkala Dreamland pulang dari Mae Sai yang menjadi wilayah perbatasan Thailand dengan Myanmar, minivan Dreamland diperiksa 2 kali oleh polisi Thailand untuk mengecek apakah ada penyelendupan narkoba, imigran gelap dari Myanmar, dan barang mencurigakan yang dibawa penumpang ke Thailand. Pemeriksaan itu dilakukan dengan cek identitas diri dan barang bawaan seluruh penumpang tanpa terkecuali. 
            Hal ini dilakukan Thailand agar arus imigran Myanmar yang terus berdatangan ke Thailand sebagai negara impian tidak terus menerus bertambah dan menambah beban negara. Banyak sekali orang Myanmar yang menjadi pekerja di Thailand karena keadaan politik negara mereka yang tidak stabil. Tak heran jika pemeriksaan polisi dilakukan secara ketat agar populasi penduduk pendatang Thailand tidak makin bertambah banyak.
            Saat Dreamland menuju ke Chiang Mai pun pemeriksaan masih terus dilakukan. Bahkan ada seorang ibu dengan anak yang masih bayi dipaksa turun oleh aparat karena tidak mampu menunjukkan identitas diri dan hanya membawa selembar kertas. Dreamland acungkan jempol dengan ketegasan polisi Thailand dalam membatasi arus imigran gelap dari Myanmar, yang jika tertangkap akan dideportasi kembali ke negaranya.
            Sama halnya ketika Dreamland melintasi perbatasan Badao di Thailand Selatan. Penjagaan pun dilakukan begitu ketat dengan pemeriksaan paspor untuk mencegah adanya imigran atau orang-orang yang mencurigakan. Hal ini tentu patut diacungi jempol karena polisi Thailand memang berkomitmen untuk menjaga agar negara mereka tidak dimasuki oleh imigran asing yang tidak diharapkan dan menjaga agar keamanan Thailand tetap terjaga dengan baik.
            Miris rasanya jika berkaca pada penjagaan di wilayah perbatasan Indonesia yang sangat amat minim dan mudah dimasuki oleh imigran asing. Kondisi jalan yang tidak baik, aparat keamanan yang minim, dan perhatian pemerintah pusat pada wilayah perbatasan juga seolah menganaktirikan Entikong sebagai batas teratas wilayah Indonesia dengan Malaysia. Tak hanya itu, petugas imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta saja kebanyakan ngobrol saat melihat screening barang bawaan di bagasi. Wajar akhirnya jika narkoba dan barang terlarang lainnya bisa masuk dari berbagai macam cara yang ada.
            Semoga saja keseriusan pemerintah terhadap wilayah perbatasan semakin digalakkan agar keamanan negara dari ancaman imigran asing, narkoba, bahkan teroris bisa diminimalisir. Jangan sampai negara kita menjadi sarang penyamun yang masuk dari berbagai wilayah teritori Indonesia secara ilegal, baik melalui darat, laut, maupun udara. Jangan lupa juga untuk senantiasa lakukan patroli di lautan agar kekayaan laut Indonesia tidak dicolong oleh kapal asing yang leluasa masuk ke negara kepulauan kita tercinta ini!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.