Sunday, April 17, 2016

Teror E-Bike di Jalan

Dreamland Traveller Moment


Teror E-Bike di Jalan
            Kita mengenal sepeda motor sebagai kendaraan yang lazim digunakan untuk berkendara di Indonesia. Dengan sepeda motor, kita bisa menempuh jarak yang jauh dan menjelajahi tempat terpencil sekalipun dengan mudah. Tentu untuk mengendarai sepeda motor dibutuhkan kelengkapan administratif yang memadai, mulai dari SIM, STNK, dan KTP. Selain itu, kita juga harus memakai helm ber-SNI, menyalakan lampu, dan berbagai macam hal lainnya.
            Hal yang sama rupanya terjadi juga di China. Jika Indonesia dan Vietnam dibanjiri oleh lautan motor, maka di China dibanjiri oleh lautan e-bike. Sebenarnya sepeda motor dan e-bike memiliki bentuk yang hampir sama, hanya saja e-bike dioperasikan dengan tenaga listrik. Banyak sekali e-bike yang berkeliaran di China, mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, mahasiswa, sampai nenek-nenek pun memakai e-bike.
            Mungkin karena labelnya e-bike, mereka tidak perlu memiliki SIM, STNK, memakai helm, dan memenuhi kelengkapan administrasi kendaraan pada umumnya. Sayangnya kebebasan ini justru bablas dan merugikan pengguna jalannya, yakni pejalan kaki. Berhubung labelnya sepeda listrik, sebagian besar e-bike dengan seenaknya masuk ke trotoar dan mulai membunyikan klakson pada pejalan kaki yang sedang berjalan. Akibatnya setiap kali berjalan kaki, kita jadi waswas karena takut tertabrak e-bike.
            Belum lagi kecepatan e-bikenya cepat dan anehnya tidak mau atau tidak bisa direm, sehingga pengguna e-bike melewati pejalan kaki layaknya pengendara e-bike yang mahir mengemudi F1. Alhasil, Dreamland jadi serba salah antara mau berlari dan bergerak karena tidak tahu ke arah mana e-bike akan melaju. E-bike juga seringkali seenaknya menyalip saat ada kendaraan akan melintas, sehingga perang klakson pun terjadi dengan sengit di jalan. Pokoknya e-bike menjadi budaya tersendiri yang harus kita alami selama berada di China.
            Maka dari itu, meskipun berjalan kaki di trotoar, pastikan untuk tetap berkonsentrasi karena teror e-bike ada di mana saja.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.