Wednesday, April 13, 2016

Keresek ala Take Away

Dreamland Traveller Moment




Keresek ala Take Away


            Seringkali kita membungkus makanan untuk dibawa pulang ke rumah atau kost karena lebih nyaman dan tenang. Umumnya makanan yang dibawa pulang dikemas secara apik dalam wadah khusus. Beberapa restoran dan rumah makan membungkus makanan dengan kertas nasi, wadah plastik, styrofoam, kertas berlabel food grade, sampai kemasan antik yang memberi nilai tambah. Semua dilakukan agar konsumen merasa nikmat ketika melahap makanan yang dibawa pulang.

            Sayangnya hal tersebut tidak berlaku di kantin mahasiswa yang ada di China. Ketika Dreamland bermaksud membungkus makanan, Dreamland melihat ada seorang mahasiswi di depan Dreamland yang mengatakan mau membungkus makanan. Dia memesan hidangan kuah panas dengan sayuran didalamnya. Begitu makanan siap, alangkah terkejutnya Dreamland saat kuah tersebut langsung dibanjur ke dalam kantong keresek yang biasa kita gunakan untuk membawa belanjaan dari warung atau supermarket.

            Bukan hanya itu, plastiknya pun tipis dan pastinya sangat tidak sehat untuk makanan berkuah yang sangat panas. Tapi itulah kantin mahasiswa yang dikunjungi sejuta umat, pasti dong penghematan kemasan jadi prioritas nomor 1. Lain lagi saat Dreamland melihat seorang mahasiswa mau membungkus makanan sayur-sayuran. Alangkah terkejutnya Dreamland saat melihat sayuran kol dengan kuah berwarna hitam dimasukkan ke kantong plastik bening. Melihatnya saja rasanya seperti sampah sayur yang biasa dikumpulkan dan dibuang ke tong sampah.

            Tak heran melihat kemasan take away yang sangat tidak layak ini, sampai saat ini Dreamland memilih untuk makan masakan apapun di tempat. Sungguh kemasan yang sangat amat tidak layak untuk digunakan ketika membungkus makanan. Tapi apa daya, welcome to China!



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.