Tuesday, April 19, 2016

Go Bike Tanpa Go Back

Dreamland Traveller Moment




Go Bike Tanpa Go Back


            Berbicara tentang kampanye go green, rasanya begitu banyak NGO yang bergerak di lingkungan hidup sudah melakukan berbagai macam aksi untuk mengundang atensi atau kepedulian masyarakat umum untuk memulai gaya hidup dan kebiasaan yang baik dalam menyelamatkan Bumi. Aksi simpatik, seperti Earth Hour, membawa kantong belanja sendiri, sampai imbauan untuk penggunaan sepeda ke kantor sudah didengungkan dalam berbagai kesempatan. Sayangnya, ajakan tersebut hanya bertahan sesaat, kemudian lenyap begitu saja.

            Lain halnya dengan di China. Meskipun berbagai label yang kita ketahui bersama melekat pada negara yang satu ini, tapi dari segi kepedulian terhadap aksi hijau nyata adanya. Pemerintah provinsi Jiangsu menyediakan sepeda publik secara gratis bagi mahasiswa dan penduduk yang ada di wilayah Jiangsu untuk digunakan selama 1 jam. Syaratnya pun mudah. Kita hanya perlu membayar kartu khusus untuk bersepeda untuk dapat menikmati fasilitas ini.

            Tak heran jika Dreamland melihat banyak sepeda hijau yang digunakan mahasiswa untuk berkeliling kampus, mengingat luas kampus ini sangat luas dan tentunya sangat melelahkan jika harus berjalan kaki mengelilingi kampus. Selain itu, ada juga yang menggunakan sepeda untuk pergi ke luar membeli barang ke supermarket, sehingga mereka menghemat pengeluaran untuk bus. Selain hemat, mereka juga bisa sekaligus berolahraga dan melatih kebugaran tubuh dalam waktu yang sama.

            Wajar rasanya kalau Dreamland melihat badan orang China umumnya tetap kurus, meskipun porsi makannya sangat lahap dan besar jika diimbangi dengan aksi jalan kaki atau naik sepeda secara berkesinambungan. Berbeda dengan masyarakat kita yang kebanyakan langsung naik motor atau mobil untuk pergi ke suatu tempat dan hanya berjalan beberapa meter saja untuk pergi ke tempat tujuan, sehingga hasilnya membuat perut semakin maju ke depan akibat kurang bergerak dan berolahraga. Ditambah cemilan khas Indonesia yang lezat sesudah berolahraga yang bukan hanya mengundang selera, tetapi menambah berat badan secara signifikan.

            Semoga saja kelak go bike bukan sekadar slogan yang ujung-ujungnya go back, tetapi bisa jadi kebiasaan baik dalam masyarakat Indonesia.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.