Friday, August 12, 2016

Masuk Korea Tanpa Visa

Dreamland Traveller Moment




Masuk Korea Tanpa Visa


            Sebagai pemilik paspor Indonesia, kita direpotkan dengan urusan visa saat akan bepergian hampir ke semua negara di seluruh dunia. Berbagai persyaratan, mulai dari bukti keuangan, pas foto, fotokopi KTP, dan berbagai dokumen pelengkap lainnya menjadi hal-hal yang harus disiapkan agar kita bisa mendapatkan selembar stiker bernama visa untuk ditempel di paspor. Belum lagi kita harus membayar sejumlah biaya untuk proses pembuatannya.

            Mengingat Dreamland memilih maskapai Korean Air saat akan berangkat menuju Seattle, Amerika Serikat, Dreamland pun browsing mengenai aktivitas apa saja yang dapat dilakukan selama berada di Korea Selatan saat transit. Rupanya Dreamland qualified untuk mengikuti Free Korea Transit Tour. Tentu Dreamland sangat senang bisa berwisata di Korea Selatan sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju Amerika Serikat.

            Sebagai informasi, Korea Selatan memberikan free visa untuk penumpang pesawat yang melakukan transit di Korea Selatan untuk yang melanjutkan perjalanan atau berasal dari list 5 negara yang diakui, yakni Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Jepang. Selain itu, Anda harus mengajukan permohonan visa di Kedutaan Korea Selatan jika ingin singgah di Korea Selatan.

            Dreamland pergi ke konter Free Korea Transit Tour, menyerahkan paspor dan tiket pesawat lanjutan ke Seattle, kemudian petugas pun menuliskan sesuatu di kartu kedatangan imigrasi Dreamland. Petugas konter pun menjelaskan langkah apa saja yang harus dilakukan setelah melewati imigrasi Korea Selatan. Dreamland pun ikut antri dan mendapat cap masuk Korea Selatan dengan lancar, padahal paspor Dreamland tidak memiliki visa Korea sama sekali!

            Hanya saja, Anda harus cermat membaca peraturan visa gratis Korea Selatan ini, kalau tidak bisa-bisa Anda bernasib sama seperti Dreamland yang harus transit 23 jam di Incheon Airport dan tidak bisa keluar bandara akibat tidak teliti membaca informasi resmi yang ada di imigrasi Korea Selatan.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.