Tuesday, May 8, 2012

Day 2 : Innovate4Good@Microsoft is Beginning

Dreamland Traveller

Day 2 : Innovate4Good@Microsoft is Beginning
Finally, Day 2 coming so fast. Tiba saatnya Dreamland Traveller mengikuti acara utama yang sudah dipersiapkan panitia di ajang Innovate4Good@Microsoft tingkat Asia Pasifik. Acara dimulai dengan sarapan pagi di Shang-ri La Rasa Sentosa. Dreamland berkenalan dengan sesama kandidat Indonesia yang datang dari Jakarta. Mereka adalah Alfira Fitrananda, Yori Rambe, Arief Widhiyasa, Kania Audrint, dan Isaam Khalid. Tak ketinggalan juga Mariski Nirwan selaku perwakilan dari Microsoft Indonesia. Dreamland bangga rasanya bisa bertemu orang-orang hebat dari negara Indonesia yang sudah menorehkan prestasi luar biasa di tingkat dunia.
Setelah sarapan, semua kandidat diminta berkumpul di ruang rapat Shang-ri La Rasa Sentosa untuk memulai konferensi. Kami semua melakukan absensi, diberikan buku materi, serta diantar menuju tempat duduk yang tersedia. Konferensi ini diikuti oleh 15 negara, yang terdiri dari Australia, Taiwan, Singapore, Malaysia, China, Sri Lanka, Bangladesh, Kamboja, Thailand, Vietnam, Filipina, Indonesia, India, Korea, dan Hongkong. Setiap delegasi menempati kursi yang berbeda yang terbagi menjadi beberapa topik utama, yakni Healthcare, Environment, Government, Technology, dan lain sebagainya.
Konferensi dibuka dengan kata sambutan dari Clair Deevy selaku koordinator atau penanggung jawab Microsoft di wilayah Asia Pasifik. Beliau mengatakan sangat senang bisa bertemu 100 anak muda berprestasi di wilayah Asia Pasifik yang kelak akan menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara masing-masing. Tak ketinggalan sambutan dari staff Microsoft pusat yang berasal dari Seattle yang mengucapkan selamat dan sukses untuk acara Innovate4Good@Microsoft di Singapore ini. 
Acara dimulai dengan permainan kekompakan, di mana setiap kelompok harus mencoba mengeluarkan gabus dari dalam botol kecap yang sempit tanpa memecahkan botol atau merusak gabus. Kami semua diajak berpikir keras bagaimana cara yang tepat untuk mengeluarkan gabus tersebut. Waktu pun habis dan hanya ada 1 kelompok yang berhasil mengeluarkan gabus tersebut dari dalam botol. Sungguh permainan yang sangat menarik dan menantang.
Selanjutnya sesi diskusi dan berpendapat di tiap meja pun dimulai. Kami diminta merumuskan masalah dan mencari solusi untuk bidang yang diangkat dan ditentukan oleh panitia. Terjadi perdebatan seru antarpeserta yang membuat kami semakin tertantang untuk mengemukakan pendapat dan pandangan kami terhadap suatu hal. Tak hanya itu, ide-ide yang dikemukakan pun kebanyakan out of the box, sehingga kami diajak berpikir kritis agar semua informasi yang diberikan dapat dicerna dengan baik.

Kami pun diberikan inspirasi dan motivasi baru oleh Ponheary Ly dari Kamboja yang membawakan aksi dan dedikasinya untuk pendidikan di Kamboja, sehingga begitu banyak anak terbantu lewat yayasan Ponheary Ly Foundation yang didirikannya. Tak heran jika beliau meraih gelar sebagai CNN Heroes Award 2010 pada bulan Juni 2010.
Acara dilanjutkan dengan sesi Mind Mapping, di mana kami diminta membuat sebuah gambaran besar tentang topik yang dipelajari kemudian melukiskannya ke dalam peta pikiran sederhana dengan kolaborasi warna yang menarik. Sebelumnya terdapat sesi snack dan makan siang yang memungkinkan kami berkenalan dan berfoto bersama peserta dari negara lain. Sesi mind mapping ini langsung kami praktikkan dengan semangat.
Selanjutnya hari semakin sore dan panitia pun memulai sesi kekompakan kelompok tentang membuat bangunan sebuah rumah. Kami diminta menggambar sebuah rumah dengan menggabungkan bagian-bagian rumah dari 3 kelompok yang berbeda. Kami diharuskan berkomunikasi dengan kelompok lain dengan menggunakan bahasa negara kami masing-masing dan bisa diterjemahkan dengan Bing. Sesi ini sangat seru karena banyak yang salah menerima instruksi akibat kendala bahasa dan komunikasi yang buruk.
Akhirnya, acara hari pertama pun selesai. Semua kandidat pun diperbolehkan kembali ke kamar untuk beristirahat. Kandidat Indonesia tak lupa berfoto dan narsis ria terlebih dahulu sebelumnya akhirnya kami memutuskan untuk berjalan-jalan kembali di Singapura. Setelah mandi dan membersihkan diri, kami pun berjalan-jalan mengunjungi Marina Bay Sands dan berfoto-foto didepannya. Tak lupa kami juga mengunjungi Merlion dan menikmati angin malam di pelabuhan yang ada sambil ditraktir secangkir kopi Starbuck. Sangat menakjubkan.
Malam semakin larut. Akhirnya kami pun memutuskan kembali ke hotel. Berhubung jam operasional MRT hanya sampai pukul 23.00 WIB. Kami pun akhirnya mau tidak mau harus merogoh kocek lebih dengan naik taksi menuju Sentosa. Kami menghabiskan 9 dollar Singapura. Sungguh sangat mahal. Kami pun kembali ke kamar masing-masing, beristirahat, dan berharap agar acara final di esok hari dapat berjalan dengan lancar.
Akhirnya, hari kedua pun usai dan begitu banyak pengalaman dan kenangan yang didapat dalam acara Innovate4Good@Microsoft ini.

Informasi:
1 Dollar Singapura setara dengan Rp 7.000,00.
Mayoritas penduduk Singapura adalah 70% Chinese, 10% India, 10% Malaysia, 10% campuran.
Bahasa yang digunakan di Singapura adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.

Singapore, 28 April 2012

Dreamland Traveller
Facebook : Dreamland Traveller (dreamlandtraveller@gmail.com)
Twitter : @TravelDreamland

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.