Tuesday, May 8, 2012

Day 3 : Technology, Microsoft, and Future

Dreamland Traveller

Day 3 : Technology, Microsoft, and Future
Dreamland Traveller pun memulai hari ini dengan penuh semangat. Hari ketiga ini Dreamland Traveller isi dengan sarapan pagi terlebih dahulu. Setelah itu, semua kandidat berkumpul dan dibawa dengan bus menuju kantor Microsoft Singapore. Kami dibawa menikmati keindahan kota Singapura yang bersih dan tertata dengan rapi. Akhirnya, perjalanan 20 menit pun usai dan kami tiba di depan kantor Microsoft Singapore yang terletak di lantai 21.
Setiap kandidat yang memasuki gedung Microsoft Singapore harus memakai kode bionumerik yang ditentukan panitia. Sungguh nuansa teknologi yang canggih dan memukau sangat terasa di kantor Microsoft. Setelah melakukan absensi, setiap kandidat pun memasuki ruang pertemuan dan duduk untuk mendengarkan kata pengantar dari panitia. Kantor Microsoft Singapore ini sangat modern dan futuristik karena semua kecanggihan teknologi ada di tempat ini.
Acara dibuka dengan sambutan dari Clair Deevy yang memperkenalkan pembicara-pembicara yang siap memberikan kata sambutan pada para peserta konferensi. Acara dimulai dengan inspirasi yang diberikan Efren Geronimo Penaflorida yang berasal dari Filipina. Beliau mengungkapkan aksi yang dilakukannya melalui Dynamic Teen Company yang membuat ribuan anak kurang mampu di Filipina mampu bersekolah kembali dengan baik. Kami sangat tergugah dan tersentuh dengan aksi yang beliau lakukan, sehingga beliau sangat layak dianugerahi gelar sebagai CNN Hero of the Year 2009.
Selanjutnya, kami diajak untuk melihat kecanggihan teknologi Kinect yang dioperasikan Microsoft. Kecanggihan gerakan tubuh yang bisa ditransformasikan ke dalam program membuat kami takjub dan bertanya-tanya rancangan program  secanggih apa yang memampukan mesin Kinect menerjemahkan gerakan tubuh manusia menjadi penggerak kursor. Akhirnya kami pun mendapat sesi coffee break yang dimanfaatkan untuk berkenalan dengan kandidat lain. 
Setelah itu, kami mendapatkan simulasi peragaan Microsoft yang sangat seru dan terbagi menjadi beberapa sesi. Kami hanya boleh memilih 3 dari 11 demonstrasi yang ditawarkan, antara Kinect, Photosync, Windows 8, dan lain sebagainya. Setelah itu, kami diajak kembali ke kelompok untuk mempersiapkan presentasi yang akan dilakukan di akhir acara. 
Selanjutnya, kami diminta menghadiri satu dari empat sesi yang ditawarkan, yakni Sosial Media oleh Heather Mansfield, Microsoft Movie Making oleh Lim Cheng Lei, Planning for a Successful NGO oleh Efren Penaflorida, dan Visual Thinking for Idea Generation oleh Tim Hamons. Sesi yang ditawarkan ini sangat menarik karena dibawakan oleh narasumber bertaraf internasional yang sanggup memberikan pencerahan dan ide bagi kita untuk memulai aksi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah itu, kami kembali ke kelompok dan mulai mempresentasikan topik bahasan kami seputar permasalahan sosial yang dihadapi. Presentasi ini dinilai oleh juri panel untuk menentukkan kelompok terbaik 1 – 3. Semua kelompok mendapatkan 5 menit untuk mempresentasikan power point secara singkat dan jelas. Akhirnya, acara pun berakhir dengan penganugerahan pemenang, sekaligus perpisahan karena ini adalah hari terakhir konferensi di Singapura. Beberapa kandidat harus pulang ke bandara karena mendapat penerbangan pulang hari ini.
Berhubung Dreamland Traveller mendapatkan penerbangan besok, Dreamland Traveller pun diantar kembali ke hotel bersama kandidat-kandidat lainnya. Dreamland Traveller pun memutuskan untuk mengisi hari terakhir di Singapura ini dengan mengunjungi daerah Bugis. Bersama 2 kandidat dari Indonesia, kami berbelanja dan menawar oleh-oleh khas Singapura dengan harga yang cukup terjangkau. Harga 3 buah pajangan Singapura adalah 100 SGD. Gantungan kunci di sini dijual 18 buah dengan harga 100 SGD.
Akhirnya setelah puas berbelanja kami kembali ke hotel dengan MRT dan bus shuttle. Dreamland Traveller cukup sedih karena ini adalah hari terakhir di Singapura dan besok Dreamland akan meninggalkan Singapura dan kembali ke Bandung. Pastinya Dreamland Traveller merasa sangat bersyukur bisa melihat kantor Microsoft Singapore dari dekat, melihat kecanggihan, dan kehebatan teknologi didalamnya. Masa depan akan dimulai dari setiap perangkat teknologi yang dihasilkan Microsoft.

Informasi:
1 Dollar Singapura setara dengan Rp 7.000,00.
Mayoritas penduduk Singapura adalah 70% Chinese, 10% India, 10% Malaysia, 10% campuran.
Bahasa yang digunakan di Singapura adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.

Singapore, 29 April 2012

Dreamland Traveller
Facebook : Dreamland Traveller (dreamlandtraveller@gmail.com)
Twitter : @TravelDreamland

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.