Sunday, July 26, 2015

Meresapi Khasiat Belerang di Sari Ater

Dreamland Traveller


Meresapi Khasiat Belerang di Sari Ater
            Melihat dan merasakan pesona wisata yang dimiliki kota sendiri boleh dikatakan sangat jarang Dreamland lakukan mengingat kesibukan dan faktor macet yang merajalela di Kota Bandung tercinta. Nah berhubung Dreamland mendapatkan promo dari sebuah website untuk akses masuk sebuah tempat wisata ternama di Bandung, akhirnya momen ini Dreamland manfaatkan untuk merasakan seperti apa Sari Ater itu sebenarnya yang digadang sebagai pemandian air panas bertaraf internasional ini.
            Perjalanan bermula ketika Dreamland berangkat dari rumah menuju Sari Ater. Berhubung Dreamland berangkat pada 5 Juli yang jatuh pada hari Minggu, jadilah lalu lintas kendaraan di Kota Bandung sangat padat. Apalagi Dreamland baru berangkat pukul 15.30 dari rumah. Alhasil kemacetan mewarnai jalanan yang Dreamland lalui, mulai dari Leuwi Panjang, Pasir Kaliki, Cipaganti, hingga Punclut. Padahal saat ini bulan puasa masih berlangsung, tapi keramaian tetap tidak dapat dihindarkan karena banyaknya orang yang ngabuburit.
            Singkat kata, Dreamland melalui jalanan yang berkelok-kelok dan penuh rute yang menantang sebelum akhirnya tiba di Sari Ater pada pukul 17.30. Berhubung voucher yang dibeli sudah termasuk tiket masuk dan berbagai keuntungan lainnya, seperti makan malam untuk 2 orang jadilah semua gratis. Padahal kalau seandainya harus membayar, Dreamland harus membayar 30.000 IDR untuk tarif weekend per orang untuk masuk saja. Bisa dibayangkan betapa mahalnya pengeluaran sebelum berendam air panas saja.
            Setelah parkir, Dreamland langsung berjalan menuju Kimanis Family Resto Sari Ater yang letaknya cukup jauh dari tempat parkir karena rencananya akan makan malam terlebih dahulu sebelum berendam. Rupanya letak kolam Nangka yang harganya 75.000 IDR per orang juga ada dalam satu kompleks dengan restoran ini jadi bisa sekalian berendam. Dreamland pun memesan Nasi Ayam Kimanis senilai 45.000 IDR dan Soto Bandung senilai 30.000 IDR sesuai paket gratis yang ditawarkan.
            Sesudah kenyang, Dreamland pun bersiap berendam di air yang katanya berkhasiat karena mengandung kadar belerang yang tinggi. Rupanya hal tersebut benar dan bukan isapan jempol semata saja. Begitu berendam kita harus berhati-hati agar mata kita tidak terkena air belerang ini karena sifatnya sangat asam dan perih di mata. Wajar kalau tidak ada yang berenang di kolam rendam Sari Ater ini. Tak hanya itu, jika ada luka yang terdapat dalam tubuh kita secara terbuka pun bisa terasa perih dan gatal saat berendam di air belerang ini.
            Kolam Nangka ini boleh dikatakan sangat bersih, airnya bening, dan tamunya tidak terlalu banyak. Mungkin karena harganya yang lebih mahal dari kolam Mayang Sari seharga 45.000 IDR per orang. Selain itu, suasananya nyaman karena dikelilingi kursi santai di sekelilingnya. Kolamnya memang kecil dan hanya terdapat 2 kolam, yakni kolam anak-anak dan umum. Secara umum, kolam Nangka ini menawarkan suasana privat yang tidak kita dapatkan di kolam Mayang Sari.
            Sayangnya, ruang membilas dan ganti pakaian di kolam Nangka ini sangat memprihatinkan karena sangat jelek kondisinya. Ruang ganti hanya terdiri dari 2 kamar dan 1 ruang shower. Belum lagi letaknya di basement bawah Kimanis Family Resto membuat keadaannya semakin buruk dan terpencil. Ditambah bau pesing akibat orang yang kencing sembarangan di ruang ganti pun memperparah keadaan. Semoga saja ruang ganti ini bisa diperbaiki ke depannya agar lebih manusiawi untuk digunakan.
            Setelah berendam selama kurang lebih 2 jam, akhirnya Dreamland pun memutuskan untuk mengakhiri acara berendam dan berencana untuk menengok kondisi kolam Mayang Sari. Kolam Mayang Sari letaknya jauh lebih dekat dengan tempat parkir, sehingga lebih mudah dijangkau. Bedanya pengawasan di kolam Mayang Sari jauh lebih ketat dibandingkan kolam Nangka yang lebih eksklusif dan sedikit orang.
            Kolam Mayang Sari boleh dikatakan sebagai kolam massal karena sangat luas dan banyak sekali orang yang berendam di sini. Selain itu, ada juga jasa pijat seharga 75.000 IDR untuk 45 menit. Pemijatnya rupanya berpakaian seperti dalang dalam wayang Sunda yang diberi ikatan kepala, sehingga nuansa pemijatan tradisionalnya lebih terasa mungkin ya. Hanya saja Dreamland enggan dipijat karena harga yang mahal dan pijatannya dilakukan di pinggir kolam yang bisa dilihat siapapun yang lewat.
            Di sisi lain kolam Mayang Sari, terdapat semacam air terjun kecil buatan dan kamar rendam yang biayanya terpisah. Harga kamar rendam sendiri 60.000 IDR dan kondisinya kurang baik dari segi estetika kamar. Kamar rendamnya terkesan angker, seram, dan kotor karena warna bata yang tidak sesuai dan letaknya yang terpencil di belakang. Sesudah mengeksplorasi semua kolam, tiba saatnya bagi Dreamland untuk kembali pulang ke rumah karena hari yang sudah malam.
            Dreamland pun keluar dari tempat parkir dan segera meneruskan perjalanan ke Bandung. Senang sekali rasanya bisa mencoba nuansa wisata lokal yang menyehatkan karena beberapa hari setelah kunjungan ke Sari Ater, kulit Dreamland banyak mengeluarkan penyakit dalam tubuh yang ditandai bercak merah pada kulit dan badan yang terasa lebih bugar. Selamat mencoba berendam air belerang yang penuh khasiat di Sari Ater!

Bandung, 5 Juli 2015

Dreamland Traveller

Catatan:
- Jika ingin menikmati nuansa Sari Ater secara utuh, pilihlah waktu yang sepi dari kunjungan turis, misalnya bulan puasa.
- Manfaatkan promo yang ada untuk mengunjungi Sari Ater karena harga tiket masuk dan kolam rendam yang cukup mahal dan bisa menguras kantong.
- Kolam Mayang Sari menawarkan kolam massal penuh keramaian, sementara kolam Nangka menawarkan nuansa eksklusif dan relaksasi secara tenang.
- Terdapat jasa pijat kebugaran seharga 75.000 IDR untuk 45 menit.
- Upayanya untuk makan malam terlebih dahulu karena harga makanan di kompleks Sari Ater cukup mahal, kecuali jika biaya tidak menjadi masalah bagi Anda.
- Pakailah kacamata atau lepas softlens saat berendam di Sari Ater karena bisa menyebabkan iritasi parah mengingat kadar belerang yang sangat tinggi.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.