Saturday, April 5, 2014

Harga Murah, Pelayanan Murahan

Dreamland Traveller Moment


Harga Murah, Pelayanan Murahan
            Setiap kali berkunjung ke bandara LCCT di Sepang, Kuala Lumpur, entah mengapa Dreamland selalu malas bertemu dengan para petugasnya. Apalagi Dreamland punya kenangan buruk dengan petugas yang sentimen, suka menyebut kewarganegaraan Dreamland dengan sebutan “Indon”, dan tidak pernah senyum. Memang bandara LCCT bisa jadi bandara budget tersibuk di Asia Tenggara karena melayani penerbangan internasional dan domestik yang jumlahnya ratusan setiap harinya. 
            Tatkala Dreamland dalam perjalanan menuju Manila, Dreamland menggunakan AirAsia Zest milik AirAsia Phillipines yang mengharuskan Dreamland mengambil boarding pass di konter AirAsia langsung. Sebenarnya sih Dreamland malas ya bertemu petugas AirAsia Malaysia yang kelakuannya super menyebalkan itu. Tapi karena tiketnya tidak bisa didapat dari web check in maupun mobile check in jadi terpaksa deh Dreamland harus ke konter.
            Waktu Dreamland tanya konternya di mana pada petugas AirAsia Malaysia, mereka malah tunjuk-tunjuk arah tanpa kejelasan. “You jalan ke sana ya.” Sudah keterangannya seperti itu saja. Langsung deh Dreamland lari ke tempat baggage drop di pojok bangunan bandara LCCT ini. Dreamland tanya lagi ke petugas AirAsia yang cowok. “Sila ke konter XX.” katanya cepat. Oke Dreamland menuju ke konter itu secepatnya.
            Eh begitu Dreamland sudah mengantri di sana, langsung dong konternya ditutup. Mana dikasih muka judes dan jutek lagi bilang “it’s closed”. Super parah dan menyebalkan ya ini petugasnya! Dreamland pun lari lagi dan bertanya ke petugas yang ada. Langsung diarahkan ke konter pojok. Dreamland lari lagi sambil bawa-bawa passport dan travel itinerary ke konter ini. Baru deh itu dilayani. Itu juga dilayani ga ada senyum-senyumnya sama sekali. Padahal Dreamland yang sudah sangat kesal ini mencoba tetap sopan ya! 
            Mukanya ditekuk, jutek, dan passport Dreamland diserahkan tanpa lihat muka Dreamland. Edan! Mungkin karena harga tiket AirAsia yang murah, berimbas pada pelayanan yang murahan kali ya. Baru kali ini di berbagai tempat yang Dreamland singgahi, pelayanan bandara paling “bagus” ya cuma di LCCT ini. Bagus membuat kapok, bagus membuat illfeel, bagus membuat enek, dan bagus-bagus lainnya. Entahlah SOP petugas AirAsianya kayak anak TK aja disuruh senyum aja susah, tunjukin tempat kayak nunjuk bintang di langit, dan kondisi bandaranya kayak gudang bekas. Ckckck…
            Untunglah Dreamland sudah menyisihkan waktu yang banyak untuk proses ini, sehingga tidak tertinggal pesawat. Kebayang dong kalau datang ke bandara mepet, masih cari-cari konter, dikasih informasi tidak jelas, lari-lari di bandara segede gaban, dan dikasih pelayanan judes bisa jadi pesawatnya sudah take off. Akhirnya konsumennya cuma bisa urut dada sambil bilang, “Ya sudahlah maklum harganya murah, jadi pelayanannya murahan juga tidak apa-apa. Maklum gaji pegawainya juga rendah sama penumpangnya seabrek jadi kayak terminal bus aja.”

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.