Hujan,
Becek, Gak Ada Ojek
Lagi-lagi
soal bandara di Bandung. Terkadang prinsip “ya sudahlah”, “cin cai”, dan “let
it go” membuat pelayanan bandara kita menjadi semau gue dan tidak professional.
Hal inilah yang membuat bandara Bandung tidak pernah berkembang dan maju
seiring meningkatnya frekuensi penerbangan dari dan ke Bandung. Padahal tamu
yang datang maupun pergi dari Bandung bukanlah turis lokal semata, melainkan
juga turis asing yang turut menilai seperti apa Bandung itu sebenarnya.
Tatkala
Dreamland melakukan Manila Trip pada akhir bulan Januari lalu, Dreamland
berangkat dari Bandara Husein Sastranegara dengan maskapai AirAsia. Bulan
Januari lalu, Bandung diguyur hujan setiap harinya. Hal ini juga berimbas pada
saat keberangkatan pesawat. Waktu semua penumpang dipanggil untuk masuk ke
dalam pesawat, cuaca di landasan pesawat gerimis cukup deras. Langsung deh
petugas AirAsia yang ada tergopoh-gopoh membawa payung yang ada di pinggir.
Waktu
giliran Dreamland turun (masih ada setengah dari jumlah penumpang di belakang
Dreamland), payungnya sudah tidak tersisa lagi. Jadilah antrian panjang
terjadi. Ada penumpang yang sudah tidak sabar menerobos hujan saja langsung ke
pesawat dengan berlari-lari. Penumpang yang dapat payung pun tidak selamanya
nyaman. Kondisi payungnya pun sebagian besar rusak pada tiang penyangga yang
sudah berkarat dan kainnya sudah kusut. Pokoknya benar-benar kacau deh.
Dreamland
membaca di surat kabar Pikiran Rakyat alias koran lokal Jawa Barat katanya Bandara
Husein Sastranegara tercinta ini akan diperluas untuk menampung kapasitas
penumpang yang terus meningkat, serta menambah fasilitas. Tapi sudah setahun
terakhir kok belum ada perubahan ya? Semuanya hanya wacana dan wacana semata.
Minimal saat hujan ada kendaraan bus seperti di Jakarta yang membawa penumpang
ke dekat pesawat agar tidak kehujanan. Kan tidak sulit mengubah hal kecil agar
tampak professional, bukan?
Kesannya
tulisan ini kok hal sepele dipermasalahkan, tapi bukankah hal kecil itu adalah
awal dari hal yang besar. Jika pelayanan sekecil apapun diremehkan, bagaimana
kita bisa memberi pelayanan yang lebih? Semoga saja bandara Bandung ini
berubah. Tak perlu berubah drastis seperti bumi dan langit, cukup perbaiki
pelayanan dan kenyamanannya saja akan memberikan dampak yang baik kok.
~
oOo ~
No comments:
Post a Comment
Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.