Thursday, March 27, 2014

Delay Ohhh Delay

Dreamland Traveller Moment

Delay Ohhh Delay
            Sebagai pengguna setia maskapai budget, sudah lazim rasanya mengalami delay selama perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Biasanya delay yang dialami bervariasi terjadi antara 20 menit – 1 jam tergantung dari situasi dan kondisi yang terjadi. Alasan lalu lintas udara yang padat, cuaca yang kurang baik, dan keterlambatan dari penerbangan sebelumnya bisa menjadi pembenaran maskapai dalam keterlambatan penerbangan atau delay ini.
            Hal ini tentu tidak menjadi masalah jika kita tidak mempunyai urusan bisnis atau penerbangan lanjutan dalam hari yang sama. Kita tak dikejar waktu untuk memenuhi target yang ditentukan. Sayangnya delay ini bisa berakibat fatal jika kita mempunyai penerbangan lanjutan dengan maskapai yang berbeda dalam waktu yang sempit. Demikian juga jika kita mengejar waktu bisnis yang harus dilakukan dalam durasi waktu tenggang yang sempit.
            Sebagai konsumen, memang kita boleh protes, marah, atau tidak suka dengan delay maskapai yang seolah-olah dilakukan secara berkala ini. Tapi patut kita sadari bahwa harga menentukkan kualitas dan terkadang pelayanan maskapai budget perlu kita terima, meskipun tidak etis untuk dilakukan. Dreamland sendiri sudah mengalami berkali-kali delay dan untungnya delay itu terjadi saat liburan dilakukan secara santai tanpa target tertentu yang memerlukan waktu sebagai indikatornya.
            Dreamland akan memberikan tips agar Anda tidak kecewa atau tidak puas dengan pelayanan maskapai budget dalam aktivitas Anda sehari-hari. Bagi Anda para pebisnis yang mempunyai jadwal padat dan keseharian yang sibuk, sebaiknya tidak memilih maskapai budget untuk aktivitas Anda. Maskapai budget juga umumnya mempunyai jadwal penerbangan yang sibuk dan satu pesawat bisa digunakan untuk tujuan yang berlainan. Tentu ketidakpastian waktu dengan maskapai budget lebih tinggi dibandingkan maskapai full service yang menjunjung tinggi profesionalitas. 
            Lebih baik membayar lebih daripada membayar murah dan ketinggalan jadwal, bukan? Dreamland sendiri memilih maskapai budget karena berprinsip low budget dan berusaha menggunakan uang secara efisien dengan mengorbankan waktu yang digunakan. Jadi waktu tidak menjadi penentu keberhasilan dari trip yang Dreamland lakukan.
            Demikian juga dengan Anda yang mempunyai penerbangan lanjutan. Perlu diketahui bahwa penerbangan budget sebagian besar meleset dari jadwal yang telah ditentukan. Lakukanlah perencanaan waktu yang cerdas dengan menyisihkan waktu antara 3 – 4 jam antara penerbangan budget yang satu dengan penerbangan yang lainnya agar kita tidak tertinggal pesawat selanjutnya jika andaikata pesawat yang kita tumpangi mengalami delay yang cukup lama.
            Jangan berikan waktu yang mepet antara satu penerbangan dengan penerbangan lain karena risiko tertinggal pesawat pun semakin tinggi. Jangan berkoar-koar merasa dirugikan karena kesalahan bisa jadi kesalahan pribadi Anda sendiri dalam memilih waktu. Kita harus lebih fleksibel jika berwisata dengan maskapai budget karena harga yang murah.
            Intinya, maskapai budget mengharuskan kita mengorbankan waktu untuk harga yang murah. Sementara itu, maskapai full service mengharuskan kita mengorbankan uang demi kepuasan dan waktu yang didapat. Pilihlah maskapai sesuai kebutuhan Anda agar aktivitas Anda dapat berjalan dengan lancar, baik itu sebagai wisatawan maupun pebisnis! Ingat, Dreamland tidak menulis hal ini sebagai pembenaran atas delay sebuah maskapai budget, melainkan pembelajaran bagi kita agar memilih pilihan yang tepat atas “kebiasaan” yang sering terjadi.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.