Wednesday, March 26, 2014

Tetap Kompak Saat Jalan-Jalan

Dreamland Traveller Moment


Tetap Kompak Saat Jalan-Jalan
            Jalan-jalan adalah sarana yang paling pas untuk menenangkan hati dari kesibukan yang menggunung sehari-hari. Tentu kita ingin benar-benar menikmati dan menjalani liburan yang ada dengan hati yang senang, bukan. Nah selama liburan, khususnya liburan yang dilakukan secara mandiri tanpa jasa tur, seringkali ada benturan yang terjadi dengan teman seperjalanan. Entah itu karena tidak cocok dengan tujuan, pilihan restoran, dan ketidakpuasan acara yang diterima. Jika tidak diselesaikan, hal ini akan membuat liburan kita menjadi neraka dan menghabiskan energi kita untuk memusuhi teman seperjalanan. Tentu hal ini ingin kita hindari, bukan?
            Nah Dreamland akan berikan beberapa tips agar ketegangan dengan teman seperjalanan dapat diredam dengan baik dan liburan kita tetap berjalan dengan menyenangkan. Pertama, sepakati agenda perjalanan yang dilakukan setiap harinya. Hal ini dilakukan agar setiap pihak merasa didengarkan suaranya dan turut andil dalam perjalanan yang dilakukan. Misalkan, jika agenda hari ini shopping di Chatuchak 1 jam, buatlah porsi lain untuk keinginan teman seperjalanan. Bagi penggemar sejarah, sisihkan waktu 1 jam untuk Wat Arun, 2 jam untuk museum, dan lain sebagainya.
            Kedua, koordinasikan budget liburan dengan matang. Uang adalah isu yang sangat sensitif dan dapat memecah belah teman seperjalanan menjadi musuh bebuyutan. Perlu adanya kesepakatan dana yang baik agar kelak tidak menjadi masalah di kemudian hari. Hendaknya peserta liburan menitipkan dana perjalanan pada satu orang yang bertugas sebagai bendahara, kemudian bendahara bertugas membayar semua transportasi, hotel, dan makan, kemudian mencatatnya dalam laporan keuangan. Semua dana yang sifatnya umum dibagi rata dengan semua peserta dan pengeluaran pribadi dipersilahkan keluar dari kocek sendiri.
            Ketiga, mengalah untuk menang. Setelah berjalan kaki cukup jauh tentu menimbulkan rasa capek, bukan. Nah rasa capek ini bisa membuat tekanan menjadi sangat tinggi dan muncul ke permukaan menjadi amarah. Tatkala berdebat dalam kondisi ini, lebih baik kita mengalah untuk menang daripada meladeni berdebat dengan teman seperjalanan yang emosi. Kita biarkan saja mereka berbicara dan kita dengarkan dengan baik. Setelah kondisinya stabil, barulah kita carikan solusi untuk masalah yang dihadapi agar bisa berpikir dengan jernih.
            Keempat, pilihlah teman seperjalanan yang menyukai hobi yang sama. Jika Anda penggemar sejarah sebaiknya pilihlah yang suka sejarah juga. Jangan pilih mereka yang suka shopping. Mereka bisa kapok karena mereka bosan lihat informasi sejarah, demikian juga kita bosan melihat tempat shopping. Kesamaan kegemaran bisa membuat kita saling bertukar informasi, mampu berdiskusi, dan menambah ilmu sesuai bidang yang kita sukai.
            Terakhir, latihlah selera humor dengan baik. Banyak orang yang punya sifat serius cenderung cepat tersinggung tatkala mengalami suatu hal atau disebut dengan hal yang tidak berkenan. Usahakan untuk redam sifat tersebut agar kita sama-sama nyaman. Milikilah selera humor yang baik agar tekanan apapun yang terjadi tidak membuat kita menjadi “panas”. Jangan membawa masalah apapun menjadi serius saat liburan karena liburan bukan soal benar atau salah, melainkan bagaimana kita semua bisa menikmati dinamika yang ada.
            Demikian tips yang dapat Dreamland berikan. Semoga bisa membantu Anda tetap kompak dengan rekan seperjalanan Anda. Selamat berlibur rame-rame!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.