Monday, March 10, 2014

Day 6 : See You Again, Saigon!

Dreamland Traveller


Day 6 : See You Again, Saigon!
            Akhirnya tiba juga Dreamland di penghujung Saigon Trip. Setelah bangun pagi dan mempersiapkan semua, Dreamland langsung check-out dari Anh Duy Hotel. Dreamland berjalan menuju terminal bus Ben Thanh yang akan membawa Dreamland ke Bandara Tan Son Nhat dengan bus nomor 152. Sebelumnya, Dreamland membeli bekal nasi dulu di warung yang kemarin.







            Ada satu fenomena unik yang selalu Dreamland temui di Saigon, yakni tempat duduk dan meja yang disediakan di pinggir jalan selalu tempat duduk anak-anak. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. 







            Dreamland pun berjalan kaki menuju terminal bus dan akhirnya mendapatkan bus nomor 152 ini. Dreamland naik dan membayar tarif sebesar 5.000 VND per orang. Perjalanan pun Dreamland tempuh selama 30 menit sebelumnya akhirnya sampai di Tan Son Nhat International Airport. 






            Dreamland langsung naik ke ruang keberangkatan dan mengantri untuk mendapatkan tiket pulang ke Singapore. Antrian terlihat sangat panjang. Tips bagi Anda, jangan berleha-leha pergi ke airport dalam waktu mepet karena antrian di bandara Tan Son Nhat sangat padat dan lama. Petugas bandara pun menyarankan agar segera masuk ke ruang tunggu pesawat karena antrian imigrasi sangat panjang. 









            Sesudah mendapatkan tiket, Dreamland segera beranjak ke imigrasi dan ternyata apa yang dikatakan petugas bandara benar. Antriannya panjang dan banyak sekali meskipun semua konter dibuka. Dreamland yang mengantri dekat konter imigrasi khusus Wheelchair beruntung karena konter ini segera dibuka. 







            Akhirnya proses yang memakan waktu 30 menit pun usai dan Dreamland pergi ke Gate 19 untuk penerbangan pulang. Waktu yang masih memadai membuat Dreamland sempat memakan bekal yang dibawa agar perut tidak keroncongan. Setelah waktu yang ditentukan tiba, Dreamland pun naik ke pesawat dan menempati kursi yang telah ditentukan. 







            Perjalanan selama 2 jam pun Dreamland tempuh dengan cepat. Setibanya di Changi International Airport, Dreamland memutuskan untuk tidak mengikuti Free Singapore Tour lagi meskipun waktunya memadai, tapi berkeliling bandara saja. Dreamland mengisi waktu dengan pijat kaki sambil Wi-Fi, kemudian keluar imigrasi dan mendapat cap verifikasi karena Dreamland memakai AirAsia untuk rute Singapore – Bandung.







            Dreamland pun melihat Terminal 3 yang bagus, namun sepi penumpang karena maskapai mewah umumnya ada di Terminal ini. Ada bioskop, taman kupu-kupu, dan ruang tidur yang nyaman di sini. Setelah itu, Dreamland ke Terminal 1, tempat pesawat AirAsia Dreamland akan diberangkatkan. Dreamland melihat Taman Kaktus, foto di Pohon Sosial, dan bermain Wi-Fi di sini.







            Tiba saatnya bagi Dreamland untuk pulang ke Indonesia. Dreamland pun masuk ruang tunggu akhir dan akhirnya masuk pesawat. Perjalanan selama 1 jam 40 menit pun terasa begitu cepat dan Dreamland pun tiba di Husein Sastranegara International Airport dalam kondisi bandara dipenuhi kabut asap tebal.


            Sesampainya di bandara, Dreamland mengantri untuk cap masuk Indonesia, diperiksa bea cukai, dan akhirnya keluar bandara.

            Saigon Trip pun usai sudah. Senang sekali rasanya bisa mengunjungi Saigon di penghujung Februari 2014. Nantikan selalu trip menarik Dreamland lainnya hanya di Dreamland Traveller!

Saigon, Singapore, Bandung, 27 Februari 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kurs 1 USD pada saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 21.095 VND.
- Makanan yang terkenal di Vietnam adalah Pho Noodle. Hati-hati jika ingin membeli bagi wisatawan muslim karena sebagian besar daging yang digunakan adalah daging babi.
- Tempat wisata terkenal di luar kota Saigon adalah Cu Chi Tunnel, Cao Dai Temple, dan Mekong Delta.
- Tempat wisata dalam kota Saigon yang bisa dikunjungi, antara lain Reunification Palace, Revolutionary Museum, City Hall area, War Remnant Museum, Notre Dame Cathedral, General Post Office, Binh Tay Market, Thien Hau Temple, dan lain sebagainya.
- Pastikan membawa masker, topi, dan sunblock karena matahari di Saigon sangat amat panas, yakni mencapai 38 derajat Celcius dan debunya sangat tebal oleh asap kendaraan bermotor.
- Hati-hati saat berjalan karena motor mengintai di mana saja, termasuk trotoar tempat berjalan sekalipun.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.