Wednesday, November 16, 2016

Serunya Naik Public Bike di Zhenjiang

Dreamland Traveller Moment




Serunya Naik Public Bike di Zhenjiang


            Saat Dreamland kembali dari liburan di Indonesia untuk melanjutkan semester kedua di Jiangsu University, Dreamland penasaran ingin mencoba public bike Zhenjiang yang biasa dikemudikan orang lokal. Setelah bertanya ke sana kemari, akhirnya Dreamland bisa membuat kartu sepeda yang juga berfungsi sebagai kartu bis. Harga kartunya 50 yuan sudah termasuk 32 yuan yang dapat digunakan untuk naik bis di Zhenjiang seharga 0,5 yuan. Kartunya sendiri bernama Zhenjiang Citizen Card atau Jingjiang Card.

            Cara menggunakan kartu ini pun sangat mudah. Cukup menaruh kartu di tempat tap kartu dan setelah beberapa saat kunci sepeda akan terbuka dan kita dapat mengemudikan sepeda dengan nyaman. Sepedanya sendiri cukup nyaman untuk digunakan ketika berkeliling kampus dan melihat objek-objek di sekitar kampus tanpa harus berjalan kaki dengan jauh. Penggunaan sepeda publik ini pun tidak dikenakan biaya sama sekali, sehingga sangat menyenangkan dan ekonomis tentunya.

            Positifnya lagi, penduduk Zhenjiang dan mahasiswa Jiangsu University umumnya dapat menjaga kondisi sepeda dengan baik, sehingga sepeda publik tetap dalam kondisi prima untuk digunakan. Tak hanya itu, sistem kartu yang memberikan gratis 1 jam untuk pemakaian sepeda gratis ini juga membuat mobilitas sepeda dari satu titik ke titik lain menjadi sangat dinamis. Jika sepeda dicolong, maka pemilik kartu akan terkena denda karena semua data pribadi terekam dalam kartu tersebut.

Andai saja Bandung memiliki sepeda publik seperti ini, apakah sistemnya sudah siap atau sepeda publik yang disiapkan Pemkot justru akan dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, apakah orang Bandung mau naik sepeda dengan kemudahan mengendarai sepeda motor dan kontur jalan yang tidak memadai. Mungkin negara kita masih perlu bebenah untuk menyediakan sarana dan prasarana jalan yang nyaman terlebih dahulu, sebelum sampai ke titik public bike ini.

Tapi yang jelas, Dreamland sangat menikmati pemakaian public bike di Zhenjiang ini untuk sekadar refreshing atau bepergian dalam jarak dekat.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.