Wednesday, November 9, 2016

Praktisnya Naik Bus di Zhenjiang

Dreamland Traveller Moment




Praktisnya Naik Bus di Zhenjiang


            Mengingat Dreamland menempuh studi di Jiangsu University yang terletak di kota Zhenjiang, maka berbagai kegiatan wisata, hiburan, kuliner, dan lain sebagainya akan banyak Dreamland lakukan dan eksplorasi di kota ini. Sebagai mahasiswa, tentu Dreamland memilih moda transportasi publik yang terjangkau, yakni bus yang mencakup hampir seluruh lokasi wisata dan tempat vital di Zhenjiang untuk bepergian.

            Sebagai moda transportasi umum, bus di Zhenjiang boleh dikatakan sangat bagus, canggih, dan terjangkau. Kita hanya perlu membayar rata-rata 1 yuan untuk menempuh satu kali perjalanan. Bahkan kita hanya perlu membayar 0,5 yuan jika mempunyai kartu khusus bus yang dapat diisi ulang dengan deposit 20 yuan untuk biaya kartu. Tempat duduk dan interior busnya sama seperti di Malaysia dan umumnya berAC.

            Selama menunggu di halte, kita dapat melihat jalur bus yang ditempuh dengan karakter Mandarin dan melihat nomor bus yang akan dinaiki di layar elektronik yang tersedia. Layar elektronik tersebut akan menunjukkan seberapa jauh bus yang akan kita naiki berada dengan patokan berapa jumlah halte yang harus ditempuh sebelum mencapai halte tempat kita menaiki bus. Tentu kita harus menguasai sedikitnya Bahasa Mandarin dasar untuk melihat destinasi tujuan yang diinginkan.

            Melihat bus di Zhenjiang yang notabene tergolong kota kecil di provinsi Jiangsu, malu rasanya jika fasilitas bus umum di Indonesia kalah kualitasnya dengan bus di China. Di Bandung, misalnya. Interior dan desain DAMRInya sih ok, tapi halte dan papan petunjuk elektroniknya malah rusak dan dicolong oleh maling. Akibatnya bus DAMRI jadi sama seperti angkot yang bisa berhenti di mana saja untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Ironisnya harga bus DAMRI malah lebih mahal dibandingkan di bus di Zhenjiang, yakni 5.000 IDR atau 2,5 yuan untuk 1 kali perjalanan.

             Semoga saja ke depannya ada pembenahan yang serius untuk moda transportasi umum di kota-kota besar di Indonesia, sehingga kepemilikan kendaraan pribadi dapat diminimalisasi dengan nyaman dan terjangkaunya menaiki bus umum.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.