Saturday, November 5, 2016

Tips ‘n Trick Wisata di Nepal

Dreamland Traveller




Tips ‘n Trick Wisata di Nepal


            Sebagai negara yang menjadi salah satu tujuan favorit backpacker di seluruh dunia, serta terkenal dengan trekking Annapurna Base Camp (ABC) yang memiliki pemandangan istimewa pegunungan Himalaya, Nepal merupakan negara yang menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan berdebu khas Kathmandu, Pokhara yang tenang, serta pegunungan Himalaya yang ditutupi es menjadi sajian yang dapat Anda nikmati selama berada di Nepal.

            Supaya perjalanan Anda ke Nepal dapat dinikmati secara maksimal, Dreamland akan membagikan beberapa tips agar wisata Anda dapat berjalan dengan mudah dan lancar.



1. Proses Visa on Arrival (VoA) di Tribhuvan International Airport sangatlah mudah dan cepat. Kita hanya perlu membayar biaya visa di konter yang ada, kemudian mengisi formulir yang bisa diunduh di internet, dan membawa foto ukuran 4 X 6 sebanyak 1 buah. Setelah itu, kita hanya perlu mengantri di konter imigrasi visa khusus turis dan visa kita akan ditempel.



2. Pastikan untuk membawa masker saat berwisata di Kathmandu. Debu jalanan yang pekat dan kondisi jalan yang rusak parah akibat proyek perluasan jalan membuat kita harus ekstra berhati-hati agar tidak terjatuh dan mata kelilipan akibat kemasukan debu.



3. Mengingat begitu banyak objek wisata di Nepal yang rusak parah akibat gempa bumi pada April 2015, pilihlah objek wisata yang dianggap masih lebih “utuh” dibandingkan yang lainnya. Patan Durbar Square memiliki kondisi yang paling baik jika dibandingkan dengan Kathmandu Durbar Square dan Bhaktapur Durbar Square yang hancur akibat gempa bumi, sehingga layak dikunjungi. Lagipula sayang kan harus membayar 1.000 NPR, tapi hanya melihat reruntuhan kuil yang sudah tidak berbentuk.



4. Kathmandu sering sekali dilanda pemadaman listrik. Pastikan untuk mempelajari waktu-waktu pemadaman listrik karena kita tidak mengisi daya baterai HP, kamera, dan gadget saat pemadaman listrik berlangsung.



5. Pastikan untuk menghemat penggunaan air selama berada di Kathmandu karena krisis air bersih. Selain menunjukkan empati, kita juga belajar untuk menghormati dan menghargai keberadaan air yang langka di sini.



6. Jika Anda akan melakukan trekking ke Annapurna, pastikan untuk membawa peralatan trekking dari rumah karena harga peralatan mendaki di Nepal sangatlah mahal. Anda harus mengurus ijin Trekking Permit senilai 2.000 NPR sebelum bisa menjelajahi rute trek yang ada di Nepal.



7. Transportasi antar kota di Nepal dapat ditempuh dengan bus. Pilihlah bus turis dengan selisih harga 100 - 200 NPR karena perjalanan selama 6 - 8 jam di dalam bus tanpa AC sangatlah sengsara dan menderita. Apalagi dengan kondisi jalan yang sangat berbatu-batu dan terjal.



8. Bawalah mie instan, abon, dan makanan ringan lainnya dari Indonesia, jika tidak cocok dengan selera makanan Nepal yang bernuansa kari.


            Semoga wisata Anda di Nepal dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti, sekaligus memberikan pengalaman tersendiri. Selamat menjelajahi atap dunia di Nepal!



Nepal Trip, 24 - 31 Agustus 2016



Dreamland Traveller



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.