Monday, November 14, 2016

Sewa Trolley ala Supermarket China

Dreamland Traveller Moment




Sewa Trolley ala Supermarket China


            Ketika berbelanja di supermarket, biasanya kita menggunakan trolley untuk membawa barang dengan kuantitas yang banyak. Trolley biasanya diletakkan di dekat pintu masuk supermarket untuk memudahkan pembeli menaruh barang belanjaan yang diinginkan. Kita pun dapat mengambil trolley dan menaruhnya di sembarang tempat di supermarket karena kita tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakannya.

            Rupanya sistem trolley di China saat Dreamland berbelanja di supermarket mempunyai ciri khusus yang cukup unik. Jika biasanya kita langsung bisa mengambil trolley yang tersedia, rupanya trolley supermarket di China mengharuskan kita untuk menaruh deposit sebesar 1 yuan di trolley yang digunakan. 1 yuan ini tidak dibayar ke supermarket, melainkan deposit yang dapat dikembalikan jika kita mengembalikan trolley ke tempatnya semula.

            Metode trolley yang diterapkan di China ini rupanya sangat efektif dan efisien dalam meringankan petugas yang harus mengembalikan lagi trolley ke tempatnya semula. Jika pembeli malas mengembalikan ke tempat trolley semula sesudah digunakan, maka mereka akan kehilangan 1 yuan yang tidak dapat diambil di trolley sampai seseorang mengembalikan dan dapat mengambil koin 1 yuan. Selain efektif, metode ini juga melatih tanggung jawab pembeli sesudah menggunakan fasilitas supermarket.

            Wajar rasanya kalau Dreamland tidak pernah menemukan trolley kosong yang tergeletak di sembarang tempat di supermarket manapun di China karena setiap trolley mempunyai deposit 1 yuan yang tersimpan didalamnya. Andai saja metode yang sama diterapkan di Indonesia dengan sistem trolley deposit koin 1.000 IDR, Dreamland penasaran apakah koin 1.000 IDR masihkah berarti atau dibiarkan begitu saja tertelan di trolley dan diambil oleh petugas yang mengembalikan ke tempatnya semula?



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.