Saturday, February 25, 2017

Day 8: Crazy Queue in Tan Son Nhat Airport

Dreamland Traveller




Day 8: Crazy Queue in Tan Son Nhat Airport


            Dreamland pun bangun di pagi hari untuk bersiap-siap karena akan pergi ke airport untuk penerbangan pulang ke Kuala Lumpur pada pukul 09.25. Setelah mandi, bersiap-siap, dan membereskan semua barang bawaan, Dreamland pun melakukan check-out dari hotel dan berjalan menuju terminal bus 152 yang ada di dekat Ben Thanh Market. Setelah 20 menit berjalan kaki, Dreamland pun tiba di halte bus dan menunggu bus 152 yang akan membawa Dreamland ke airport datang.

            Bus pun datang setelah Dreamland menunggu selama 5 menit, Dreamland pun masuk dan membayar tiket bus seharga 5.000 VND. Sangat amat terjangkau. Bus pun berangkat dan berhenti di beberapa halte sampai akhirnya tiba di Tan Son Nhat Airport. Berhubung waktu yang tersedia masih sangat banyak, Dreamland pun berjalan ke Domestic Terminal untuk melihat kondisi terminal domestik yang ada. Rupanya suasananya lebih ramai dibandingkan terminal internasional.

            Sesudah itu, Dreamland pun masuk ke dalam gedung bandara, melihat lantai teratas bandara terlebih dahulu, sebelum akhirnya memulai proses document check-in. Sesampainya di konter document check-in, alangkah terkejutnya Dreamland saat melihat antrian yang panjang mengular. Selain itu, antrian imigrasinya pun sangat amat panjang dan lama sekali. Entah mengapa kerja petugas imigrasi Vietnam ini sangat amat lambat dengan banyaknya turis yang membludak seperti ini.

            Alhasil Dreamland harus menunggu selama 40 menit untuk antrian imigrasi keluar dari Vietnam ini. Belum lagi pemeriksaan bagasi kabin yang antriannya tak kalah panjang, hanya saja jauh lebih cepat. Dreamland pun harus membuka sepatu ketika melewati pemeriksaan ini. Sesudah itu, Dreamland berjalan menuju gate keberangkatan yang letaknya cukup dekat dari tempat screening bagasi.

            Berhubung Dreamland masih memiliki waktu, Dreamland pun melihat-lihat kondisi Bandara Tan Son Nhat, di mana terdapat lounge dan Burger King di lantai atas dengan harga menggunakan USD yang sangat amat mahal. Belum lagi ada konter massage yang harganya pun tak kalah mahal. Kemudian, terdapat konter VAT Refund yang ada di paling pojok kiri dekat gate keberangkatan.

            Sesudah itu, Dreamland pun kembali ke gate keberangkatan untuk duduk menunggu dan tak lama kemudian pesawat AirAsia pun siap untuk diberangkatkan. Dreamland pun mengantri dan masuk pesawat, kemudian menikmati perjalanan selama 2 jam 20 menit menuju Kuala Lumpur. Sepanjang perjalanan, Dreamland mengisi waktu dengan tertidur karena kelelahan akibat bangun pagi.

            Sesampainya di Kuala Lumpur, Dreamland keluar dari imigrasi, membeli sejumlah oleh-oleh di Jaya Grocer, kemudian berfoto dengan berbagai ornamen Imlek yang ada di klia2. Setelah berkeliling sejenak, Dreamland pun kembali masuk ke imigrasi untuk menuju gate keberangkatan menuju Bandung. Dengan berjalan kaki perlahan, Dreamland pun tiba di gate Q3 setelah melewati berbagai pemeriksaan yang ada.

            Dreamland pun mengisi waktu tunggu dengan charge HP, kemudian menunggu pesawat yang ternyata delay selama 30 menit. Setibanya pesawat AirAsia, Dreamland langsung masuk dan menaruh barang bawaan. Setelah itu, Dreamland pun menikmati perjalanan selama 2 jam 10 menit sebelum akhirnya tiba di Bandung. Di tengah perjalanan, Dreamland yang duduk dengan dua orang remaja putri ini diminta tolong untuk memegang HP dengan tulisan A love B from 30.000 feets. Sungguh sebuah keceriaan remaja yang lucu.

            Setibanya di Bandung, Dreamland mendapat antrian imigrasi terakhir yang sangat amat lama. Kemudian Dreamland melihat adanya konter Visa on Arrival yang berupa meja di sebelah kanan pintu imigrasi kedatangan. Setelah mendapat cap masuk Indonesia kembali, Dreamland pun langsung keluar dengan lancar dan akhirnya sampai kembali di kampung halaman. Dreamland pun memesan taksi online untuk pulang ke rumah.

            Senang sekali rasanya bisa melihat berbagai sisi lain South Vietnam yang selama ini belum tergali dengan seksama. Nantikan kisah perjalanan Dreamland selanjutnya hanya di Dreamland Traveller Moment.



Ho Chi Minh, Kuala Lumpur, Bandung, 23 Januari 2017



Dreamland Traveller



Catatan:

- Vietnam menggunakan mata uang Vietnam Dong sebagai mata uang yang sah.

- Nilai tukar VND saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 1 USD setara dengan 22.500 - 22.700 VND.

- Vietnam terkenal dengan kudapan Pho, pastikan untuk mencoba Pho saat berwisata ke Vietnam.

- Lokasi wisata yang terkenal di Vietnam Selatan adalah Ho Chi Minh City sebagai wisata kota, sejarah, dan belanja, Mui Ne dengan padang pasir yang membentang luas, Dalat sebagai kota kembang yang sejuk, Nha Trang dengan pantainya yang indah, Vung Tau dengan patung Yesus Kristus raksasa, dan masih banyak lainnya.

- Akses transportasi antarkota di Vietnam sangat mudah, baik dengan bus maupun kereta api.

- Pastikan untuk menawar harga terlebih dahulu saat membeli barang di Ben Thanh Market.

- Kenakan pakaian tertutup saat memasuki kuil yang ada di Vietnam.

- Menyewa sepeda motor dapat menjadi alternatif pilihan transportasi yang mudah dan terjangkau. Pastikan untuk membawa SIM untuk keperluan verifikasi (SIM Indonesia diterima di Vietnam).



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.