Friday, February 17, 2017

Day 4: Da Lat Crazy House and Night Walk in Nha Trang

Dreamland Traveller




Day 4: Da Lat Crazy House and Night Walk in Nha Trang


            Dreamland pun melanjutkan perjalanan hari ini untuk menyelesaikan berbagai destinasi yang ada di Da Lat. Perjalanan dimulai dengan sepeda motor menuju Truc Lam Monastery yang kemarin terlambat untuk dikunjungi. Lokasi tempat tinggal biksu ini sangat kecil dan kuil yang ada hanya boleh dimasuki bagian luarnya saja, sementara bagian utama kuil dipagari, sehingga agak mengecewakan. Luas bangunannya tidak terlalu besar, terdapat banyak bunga dan pepohonan menarik yang bisa dikunjungi di sini.

            Perjalanan dilanjutkan menuju Datanla Waterfall. Datanla Waterfall terletak tidak terlalu jauh dari Truc Lam Monestery karena terletak di satu arah. Setelah parkir dan membeli tiket masuk, Dreamland pun turun ke bawah untuk mencapai air terjun. Jika Anda menginginkan adrenalin, Anda dapat turun ke air terjun dengan menggunakan roller coaster mini yang ada. Setelah berjalan turun selama 10 menit, Dreamland menemukan air terjun kecil yang cukup indah.

            Banyak sekali turis China Daratan yang ada di sini berfoto dengan berbagai pose. Sesudah itu, Dreamland segera naik kembali ke atas untuk melanjutkan perjalanan. Jujur saja mendaki kembali bukit yang sudah dituruni sangatlah capek dan melelahkan. Perjalanan Dreamland lanjutkan ke stasiun kereta api Da Lat, sebelumnya Dreamland berhenti dulu di penjual bunga yang tersebar dekat danau untuk berfoto. Sungguh kembang-kembang yang dijual di Da Lat sangatlah indah dan menawan.           

            Setibanya di stasiun kereta api Da Lat, nuansa bangunan kuno terasa begitu kental di sini. Stasiun kereta yang kini menjadi destinasi turis ini hanya melayani rute Trai Mat sebanyak 5 kali dalam sehari. Setelah berfoto, Dreamland beranjak menuju Crazy House, Da Lat. Dengan harga tiket masuk 40.000 VND, Dreamland masuk dan melihat bangunan rumah yang aneh dengan dekorasi yang menyerupai monster.

            Banyak sekali turis asing yang mengunjungi Crazy House, khususnya turis dari China Daratan. Kita dapat menaiki tangga aneh secara vertikal dan horizontal lewat rute yang ada. Crazy House memiliki kamar untuk menginap yang aneh dengan harga 35 - 100 USD per malam, kemudian toko suvenir, dan taman yang didesain dengan nuansa keanehan. Kita dapat menjelajahi dan berfoto dengan rumah gila yang ada di Crazy House Da Lat ini.

            Sehabis mengunjungi Crazy House, Dreamland pun mencari jalan pulang kembali ke hotel karena akan berangkat menuju Nha Trang jam 1 siang. Seperti biasa, letak jalan yang membingungkan membuat Dreamland harus bertanya lagi ke beberapa orang. Untungnya ada orang lokal Vietnam yang mau mengantarkan Dreamland hingga ke jalan yang dikenali, sehingga Dreamland dapat sampai kembali di hotel. Kebaikan orang Vietnam ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.

            Sebelum mencapai hotel, Dreamland makan siang terlebih dahulu di sebuah restoran yang ada dengan cepat, kemudian pulang kembali ke hotel untuk mengembalikan sepeda motor yang disewa. Dreamland pun menunggu jemputan bus yang akan membawa Dreamland ke Nha Trang di lobby. Setelah menunggu selama 20 menit, minibus yang akan membawa ke konter agent menuju Nha Trang pun tiba.

            Dreamland berpamitan dengan pemilik hotel, kemudian berangkat menuju pool travel agent dengan berganti bus menuju Nha Trang. Rupanya lokasi pool bus ini sangatlah dekat dengan tempat Dreamland tersesat tadi. Setelah menunggu 10 menit di pool ini, bus pun siap untuk berangkat ke Nha Trang. Perjalanan menuju Nha Trang pun ditempuh selama 4 jam. Sepanjang perjalanan, suasana sangatlah gelap, berkabut, dan hujan.

            Ada insiden menarik yang terjadi, yakni salah seorang bule yang kebelet pipis minta diberhentikan di jalan setelah meminta bantuan pada seorang turis asal China Daratan. Akhirnya kondektur bus mengerti dan bule ini segera kencing di pinggir jalan akibat sudah tidak tahan. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Sesudah melewati jalan pegunungan yang terjal, akhirnya bus pun berhenti di sebuah rest area untuk makan. Dreamland sendiri tidak makan dan hanya merenggangkan kaki sejenak. Banyak bus turis yang berhenti di rest area ini karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

            Singkat kata, perjalanan dilanjutkan menuju Nha Trang dan Dreamland pun menanyakan tiket bus menuju Saigon di konter Nam Phuong ini, mulai dari jadwal sampai harga tiket yang harus dibayar. Dreamland pun mencari jalan menuju hotel dengan berjalan kaki sejauh 2 km melewati hotel-hotel mewah yang ada di Nha Trang. Akhirnya setelah berjalan menggeret koper sejauh 2 km sepanjang jalan, Dreamland pun menemukan Hotel Thien Ma di pojok gang.

            Tak lama setelah Dreamland tiba di hotel, lampu pun mendadak mengalami pemadaman listrik. Insiden pemadaman listrik ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Listrik pun menyala 20 menit kemudian, Dreamland pun melakukan proses check-in, kemudian masuk ke kamar untuk beristirahat sejenak, dan berjalan malam sejenak melihat daerah sekitar hotel.

            Dreamland melihat bahwa banyak restoran seafood di Nha Trang mempunyai harga yang jauh lebih tinggi dari Mui Ne. Selain itu, banyak sekali turis Rusia yang berjalan-jalan di Nha Trang dilengkapi dengan nama toko yang ditulis dalam Bahasa Rusia. Singkat kata, Dreamland makan nasi goreng di sebuah restoran yang ada, kemudian berjalan pulang kembali ke hotel karena badan yang sudah sangat lelah.

            Dreamland pun menghabiskan waktu malam di kamar. Senang sekali rasanya bisa menyelesaikan beberapa tempat wisata di Da Lat dan singgah di Nha Trang. Tak sabar rasanya akan menjelajahi berbagai tempat wisata yang ada di Nha Trang ini.



Da Lat, Nha Trang, Vietnam, 19 Januari 2017



Dreamland Traveller



Catatan:

- Vietnam menggunakan mata uang Vietnam Dong sebagai mata uang yang sah.

- Nilai tukar VND saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 1 USD setara dengan 22.500 - 22.700 VND.

- Vietnam terkenal dengan kudapan Pho, pastikan untuk mencoba Pho saat berwisata ke Vietnam.

- Lokasi wisata yang terkenal di Vietnam Selatan adalah Ho Chi Minh City sebagai wisata kota, sejarah, dan belanja, Mui Ne dengan padang pasir yang membentang luas, Dalat sebagai kota kembang yang sejuk, Nha Trang dengan pantainya yang indah, Vung Tau dengan patung Yesus Kristus raksasa, dan masih banyak lainnya.

- Akses transportasi antarkota di Vietnam sangat mudah, baik dengan bus maupun kereta api.

- Pastikan untuk menawar harga terlebih dahulu saat membeli barang di Ben Thanh Market.

- Kenakan pakaian tertutup saat memasuki kuil yang ada di Vietnam.

- Menyewa sepeda motor dapat menjadi alternatif pilihan transportasi yang mudah dan terjangkau. Pastikan untuk membawa SIM untuk keperluan verifikasi (SIM Indonesia diterima di Vietnam).



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.