Friday, October 13, 2017

Mengapa Visa US Saya Ditolak?



Dreamland Traveller



Mengapa Visa US Saya Ditolak?

Visa US

            Ada berbagai alasan mengapa pengajuan visa US yang dilakukan ditolak. Namun setelah Dreamland berbincang-bincang dengan orang yang pernah ditolak visa US, serta jenis pertanyaan dan jawaban yang diberikan. Dreamland bisa menyimpulkan ada pola pertanyaan dan jawaban yang mirip dari pengajuan aplikasi yang dilakukan oleh orang yang ditolak visa USnya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa visa US Anda ditolak menurut pengamatan Dreamland.



1. Tidak mempunyai ikatan yang kuat dengan negara asal

Jika Anda seorang pelajar, maka Anda harus menyakinkan konsuler bahwa Anda akan kembali ke sekolah atau universitas setelah kunjungan dari Amerika Serikat. Biasanya konsuler akan mengiring Anda pada niat untuk tinggal di Amerika Serikat dengan pertanyaan, apakah Anda tertarik untuk bekerja di Amerika Serikat setelah lulus sekolah atau kuliah? Jika Anda menjawab iya, maka Anda dianggap tidak mampu menunjukkan ikatan yang kuat dengan Indonesia.

Jika Anda seorang ibu rumah tangga dan ingin berkunjung ke Amerika Serikat untuk melihat anak yang ada di Amerika Serikat, Anda harus meyakinkan konsuler bahwa tujuan Anda memang untuk berkunjung sementara dan tidak melewati batas ketentuan yang berlaku, yakni 6 bulan untuk 1 kali kunjungan. Jika Anda menjawab lebih dari 6 bulan, maka Anda akan dianggap sebagai calon imigran baru di Amerika Serikat.

Jika Anda seorang karyawan, Anda harus menyakinkan konsuler bahwa pekerjaan Anda memang benar dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, serta Anda akan kembali ke Indonesia setelah selesai bekerja. Jika konsuler tidak yakin dengan jawaban Anda berarti Anda dianggap akan mencari pekerjaan baru di Amerika Serikat.



2. Mengunjungi pacar

Alasan berkunjung ke US yang klasik ini sangat sering membuahkan kegagalan mendapatkan visa US. Anda dianggap akan menetap di Amerika Serikat selamanya jika beralasan akan mengunjungi pacar dan dianggap konsuler berminat untuk menikah dengan penduduk Amerika Serikat. Anda dianggap tidak akan pulang kembali ke Indonesia dengan alasan kunjungan ini.



3. Tidak yakin dengan jawaban Anda sendiri

Anda harus yakin dengan jawaban yang Anda berikan untuk setiap pertanyaan yang diajukan konsuler. Jika Anda sendiri bingung atau tidak yakin dengan jawaban yang diberikan, maka konsuler akan dengan mudah menilai Anda berbohong atau tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk berkunjung ke US dan mengakibatkan visa US Anda ditolak. Jawablah setiap pertanyaan yang diberikan dengan jujur, singkat, dan jelas tanpa berbasa-basi.



4. Mengisi Formulir DS-160 asal-asalan

Formulir DS-160 adalah bukti legal tujuan Anda pergi ke Amerika Serikat. Jika Anda mengisi formulir ini asal-asalan tanpa memperhatikan tiap butir pertanyaan, maka saat wawancara Anda akan menghadapi pertanyaan konfirmasi yang tidak akan Anda bisa pertanggungjawabkan dan mengakibatkan penolakan visa US.



5. Ingin pamer

Salah satu faktor fatal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan adalah memamerkan kemampuan Bahasa Inggris tanpa diikuti dengan kompetensi yang dimiliki. Jika konsuler berbicara dengan Anda dalam Bahasa Indonesia, maka jawablah dalam Bahasa Indonesia dengan sopan. Demikian pula sebaliknya. Jika Anda tidak bisa diwawancara dalam bahasa yang digunakan konsuler, maka visa US Anda kemungkinan besar akan ditolak.



            Demikian berbagai alasan mengapa visa US Anda ditolak berdasarkan analisa Dreamland. Jika ada alasan lainnya, mari bagikan via komentar di postingan ini.



Twitter & Instagram = @TravelDreamland

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.