Tuesday, October 10, 2017

Prediksi Pertanyaan Wawancara Visa US



Dreamland Traveller



Prediksi Pertanyaan Wawancara Visa US

Suasana Antrian Wawancara Visa US pukul 06.00


Wawancara Visa US merupakan salah satu fase yang harus dilalui semua applicant yang akan pergi ke Amerika Serikat, terlepas apapun tujuan dan jenis visa yang diajukan. Dreamland akan memberikan beberapa prediksi pertanyaan yang dapat dipersiapkan guna memberikan kesiapan mental sebelum menghadapi wawancara di Kedutaan Besar Amerika Serikat. Ingat, pertanyaan ini BUKAN pertanyaan yang pasti akan muncul, melainkan MUNGKIN akan ditanyakan oleh pewawancara selama proses pengajuan aplikasi visa berlangsung.

            Pewawancara akan menggunakan bahasa yang Anda kuasai tergantung dari jenis visa yang Anda ajukan. Jika Anda mengajukan visa kerja, maka kemungkinan besar pewawancara akan melakukan wawancara dalam Bahasa Inggris. Jika Anda mengajukan visa wisata, maka kemungkinan besar wawancara akan dilakukan dalam Bahasa Indonesia. Anda bisa membaca pengalaman Dreamland pada tahun 2015 di postingan ini.



1. Apa tujuan Anda pergi ke Amerika Serikat?

- Jika tujuan Anda kunjungan kerja, maka akan ditanya nama perusahaan, posisi Anda, serta kegiatan kerja yang dilakukan selama berada di Amerika Serikat.

- Jika tujuan Anda wisata, maka akan ditanya kota mana saja yang akan dikunjungi, serta siapa yang membiayai perjalanan Anda.

- Jika tujuan Anda belajar, maka akan ditanya sekolah atau universitas yang dituju, program studi yang diikuti, serta rencana belajar ke depan.


2. Berapa lama Anda akan tinggal di Amerika Serikat?

- Jawablah durasi kunjungan selama berada di Amerika Serikat sesuai dengan yang tertera pada formulir. Ingat, batas kunjungan non-immigrant visa US paling lama adalah 6 bulan. Jika Anda menjawab lebih dari 6 bulan, maka kemungkinan besar Anda akan ditolak visa USnya.


3. Siapa yang membiayai perjalanan Anda ke Amerika Serikat?

- Jawab siapa yang akan membiayai perjalanan Anda ke Amerika Serikat, apakah perusahaan, sendiri, atau kerabat yang ada di Amerika Serikat. Jika perusahaan, siapkan surat sponsor untuk ditunjukkan pada pewawancara, jika sendiri, siapkan bukti keuangan 3 bulan terakhir untuk mendukung aplikasi visa Anda, jika kerabat di Amerika, berikan bukti detail identitas, alamat, serta status kependudukan kerabat Anda yang membiayai semua perjalanan yang Anda lakukan.


4. Apakah Anda pergi sendiri ke Amerika Serikat atau ada orang lain yang akan pergi bersama dengan Anda? Jika ada, siapa dan apa relasinya dengan Anda?

- Jawablah siapa yang akan berangkat dengan Anda ke Amerika Serikat dan hubungannya dengan Anda.


5. Apakah Anda pernah memiliki visa US?

- Jika iya, tunjukkan bukti kepemilikan visa US di paspor. Jika tidak, abaikan.


6. Apakah Anda memiliki keluarga atau kerabat di Amerika Serikat?

- Jika memiliki keluarga, berikan bukti status kependudukan atau identitas keluarga Anda yang ada di Amerika Serikat. Jika tidak, abaikan.


7. Apa profesi Anda?

- Jawablah sesuai dengan profesi Anda saat ini. Jika pelajar, Anda akan ditanya apa rencana Anda ke depan setelah kunjungan ke Amerika Serikat. Apakah Anda tertarik untuk bekerja di Amerika Serikat setelah sekolah atau kuliah? Jika Anda menjawab ya, maka visa US Anda kemungkinan besar akan ditolak.


8. Negara apa saja yang pernah Anda kunjungi dalam 5 tahun terakhir?

- Sebutkan semua negara yang pernah Anda kunjungi dalam 5 tahun terakhir sesuai dengan yang Anda isi di formulir. Jika Anda menyebutkan negara yang tidak Anda cantumkan dalam formulir dan tidak ada cap yang dapat menunjukkan bukti kunjungan tersebut, maka visa US Anda kemungkinan besar akan ditolak.


9. Kota apa saja yang akan Anda kunjungi di Amerika Serikat?

- Sebutkan nama kota yang akan Anda kunjungi selama berada di Amerika Serikat.


10. Apa rencana Anda setelah kunjungan di Amerika Serikat?

- Sebutkan rencana yang akan Anda lakukan setelah pulang dari Amerika Serikat. Apakah kembali bekerja, belajar, atau melakukan usaha.



Setelah melalui proses wawancara, maka pewawancara akan memberikan warna kertas sesuai keputusan yang dilakukan, yakni:

- Putih = visa US Anda diterima!

- Merah muda = visa US Anda ditolak

- Kuning = diperlukan tambahan informasi dan dokumen sebelum mengambil keputusan



Ingat, jangan melakukan pembelian tiket pesawat atau memesan paket perjalanan apapun sebelum Visa US Anda disetujui! Pengajuan visa US tidak memerlukan bukti tiket pesawat PP atau acara tur dan risiko pembelian tiket pesawat jika visa US ditolak berada di tangan Anda.



Pada postingan berikutnya, Dreamland akan memberikan analisis mengapa banyak pengajuan visa US yang ditolak berdasarkan pengalaman dan hasil obrolan saat menunggu wawancara di Kedutaan Besar Amerika Serikat.



Twitter & Instagram = @TravelDreamland

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.