Sunday, October 8, 2017

Persiapan Wawancara Visa US

Dreamland Traveller



Persiapan Wawancara Visa US

Syarat Visa US dari Travel Agent

            Menurut sebagian besar orang yang pernah mengajukan visa US, wawancara visa US merupakan salah satu fase paling menakutkan yang pernah mereka hadapi. Di satu sisi, wawancara visa yang dilakukan di Kedutaan Besar Amerika Serikat ini akan menentukan nasib perjalanan yang akan dilakukan. Di sisi lain, Anda akan kehilangan 2.160.000 IDR, terlepas Anda berhasil atau gagal untuk mendapatkan visa, yang pastinya bukan nominal yang kecil.

            Berhubung Dreamland sudah pernah mendapatkan visa US pada April 2015 dan baru saja mengantar orang tua untuk mendapatkan visa US yang diapproved (Oktober 2017), Dreamland akan memberikan tips yang dapat Anda terapkan saat menghadapi wawancara di Kedutaan Amerika Serikat. Semua tips ini disarikan juga dari pengalaman orang yang berhasil dan gagal mendapatkan visa US dari hasil obrolan singkat saat menunggu di Kedutaan Amerika Serikat. Baca juga Mitos Sesat seputar Visa US.



1. Siapkan semua dokumen yang menjadi prasyarat sebelum melakukan wawancara ke Kedutaan Amerika Serikat
Lembar Appointment Confirmation

Syarat-syarat dokumen yang perlu disiapkan sangat praktis dan mudah, yakni:

  • Jadwal konfirmasi wawancara = jangan sampai salah tanggal dan jam saat datang wawancara karena pasti ditolak untuk masuk 
  • Halaman konfirmasi DS-160 yang lengkap dan dicetak pada kertas berukuran ‘letter’ atau kertas ukuran A4 dalam format portrait dengan barcode yang dapat dibaca = pastikan barcode yang diprint tercetak jelas karena petugas pengecekan dokumen hanya akan melakukan scan terhadap barcode yang dicetak di kertas
  • Paspor yang berlaku lebih dari enam bulan sejak pertama kali Anda tinggal di AS, serta paspor lama = bawa semua paspor yang pernah dimiliki karena akan dicocokkan untuk bukti histori kunjungan yang pernah dilakukan
  • Bukti pembayaran dari CIMB Niaga atau dari bank dimana Anda melakukan EFT untuk biaya visa bagi setiap pemohon = bukti bayar ini berwarna hijau dan diberikan setelah Anda melakukan pembayaran di bank
  • Satu foto berwarna menghadap depan ukuran 5x5 cm dicetak di kertas mengkilap atau glossy dengan latar belakang putih yang dibuat tidak lebih dari enam bulan terakhir = jangan menggunakan foto yang pernah digunakan dalam aplikasi visa sebelumnya karena akan ditolak dan diminta untuk melakukan foto ulang, cek spesifikasi foto yang diperlukan pada website http://www.ustraveldocs.com



2. Siapkan dokumen penunjang yang dapat mendukung aplikasi visa Anda

Bukti Bayar CIMB Niaga

Setiap jenis visa mempunyai kriteria dan dokumen penunjang yang berbeda. Dreamland akan memberikan skenario dokumen penunjang untuk beberapa aplikasi visa:



Visa Kunjungan B1/B2 = siapkan dokumen penunjang berupa proof of funds selama berada di Amerika, siapa yang akan membiayai perjalanan Anda, surat sponsor dari perusahaan yang mengundang Anda ke Amerika, itinerary perjalanan selama berada di Amerika (jika diperlukan)

Visa Pelajar: Membawa hasil sekolah terakhir, transkrip, dan ijazah sarjana. Juga membawa bukti dukungan keuangan, seperti laporan bulanan bank, slip deposito, atau bukti lainnya. Jangan lupa membawa bukti asli Letter of Acceptance dari sekolah atau universitas yang ada di Amerika.

Visa Pekerja: Membawa surat kerja dari majikan atau perusahaan Anda dan membawa slip gaji tiga bulan terakhir.

Visa Pengunjung Bisnis dan Direktur Perusahaan: Membawa bukti posisi anda di perusahaan dan remunerasi.

Visa Orang Tua yang mengajukan untuk anak dibawah 14 tahun: Membawa akta kelahiran anak selain dari item aplikasi dasar yang sudah disebutkan sebelumnya (dokumen wajib).

Visa Mengunjungi kerabat:  Membawa fotokopi bukti status relasi anda, misalnya Green Card, sertifikat naturalisasi, visa, dll.

Visa Pengunjung sebelumnya pernah ke AS (perpanjangan visa): Jika anda pernah sebelumnya di Amerika Serikat, dokumen membuktikan imigrasi anda atau status visa. Anda juga bisa ikut dalam Program Visa Waiver tanpa wawancara jika memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan, yakni mengajukan visa dengan tujuan yang sama dengan visa terakhir yang dimiliki.

3. Datang ke Kedutaan Amerika Serikat sebelum waktu yang ditentukan
Konfirmasi Formulir DS-160

Jika Anda mendapat jadwal pukul 07.00, pastikan untuk datang minimal 1 - 1,5 jam sebelum waktu wawancara dimulai. Berdasarkan pengalaman Dreamland, antrian akan mulai panjang di jam 06.00 atau 1 jam sebelum wawancara dimulai. Antrian akan dilakukan dibawah jembatan laying di sebelah kiri gedung Kedutaan Amerika Serikat. Jika Anda antri mulai dari jam 05.30, Anda akan mendapatkan antrian pertama dan akan lebih cepat diwawancara dibandingkan orang yang mengajukan aplikasi lainnya. Pastikan untuk TIDAK membawa makanan dan minuman karena akan dibuang saat berada di ruang pemeriksaan pertama sebelum memasuki Kedutaan Amerika Serikat. Siapkan semua dokumen yang diperlukan dan pendukung pada map plastik bening untuk memudahkan saat masuk ke dalam Kedutaan.

4. Pelajari form DS-160 yang sudah diisi

Jika Anda mengunakan jasa travel agent ataupun melakukan pengisian sendiri, Anda harus menguasai seluruh isi formulir yang sudah diisi karena semua pertanyaan wawancara berkisar pada apa yang tertulis pada formulir DS-160. Jangan sampai Anda salah menyebutkan informasi yang tercantum pada lembar DS-160 yang sudah diisi karena akan mengakibatkan penolakan secara langsung dari pewawancara. Ingat, travel agent manapun TIDAK MENJAMIN keberhasilan Anda dalam memperoleh visa, melainkan proses wawancara Anda.

5. Tidur yang cukup dan berdoa

Jika Anda sudah mempersiapkan semua dokumen administratif dan pendukung dengan baik, serta mempelajari semua yang tertulis di formulir DS-160 yang dapat Anda lakukan adalah tidur yang cukup agar Anda dapat berkonsentrasi untuk semua pertanyaan yang diajukan selama wawancara. Selain itu, Anda berdoa agar tujuan baik Anda untuk pergi ke Amerika dapat diwujudkan dan visa US Anda dikabulkan.


Selamat mengikuti tips persiapan wawancara visa US! Dreamland juga akan memberikan prediksi pertanyaan yang mungkin muncul selama wawancara pada postingan berikutnya.



Twitter & Instagram = @TravelDreamland

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.