Saturday, November 10, 2012

Day 1 : Explore Kuala Lumpur


Dreamland Traveller

Day 1 : Explore Kuala Lumpur
            Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2012. Begitu banyak perjalanan yang sudah Dreamland Traveller lakukan selama tahun 2012, mulai dari mengunjungi wisata lokal maupun mancanegara. Kali ini, di awal Bulan November, Dreamland berkesempatan untuk melakukan perjalanan menarik yang tak terlupakan ke negara tetangga. Apalagi kalau bukan, Malaysia. Dreamland mengunjungi Kuala Lumpur sebagai fokus destinasi yang akan dijelajahi lebih lanjut.


            Perjalanan bermula ketika Dreamland bersiap-siap berangkat dari rumah menuju Bandara Husein Sastranegara Bandung. Dreamland mendapatkan penerbangan AirAsia tujuan Bandung – Kuala Lumpur sekitar pukul 11.40 WIB. Setelah melalui proses imigrasi, membayar airport tax, dan menunggu di ruang tunggu bandara, akhirnya Dreamland pun beranjak meninggalkan Kota Bandung tercinta menuju Kuala Lumpur.




            Perjalanan Dreamland tempuh selama 2 jam 10 menit. Setibanya di Kuala Lumpur, Dreamland mendarat di Bandara LCC-KLIA. Perlu diketahui bahwa bandara Low Cost Carrier-KLIA ini adalah rumah dari pesawat AirAsia di seluruh belahan dunia. Bandara ini terletak cukup jauh dari Kota Kuala Lumpur dan terletak di daerah Sepang. Sepang sendiri adalah lokasi yang kerapkali dipergunakan sebagai arena balapan Moto-GP tingkat dunia yang prestisius.




            Dreamland pun melalui proses imigrasi Malaysia, kemudian langsung menuju kota dengan menggunakan Aerobus yang tersedia di dekat pintu kedatangan. Dengan tarif yang cukup terjangkau, yakni RM 8, Dreamland langsung diantar menuju KL Sentral yang merupakan bangunan pusat transportasi yang ada di Kuala Lumpur. Aerobus berangkat setiap 30 menit sekali dan salutnya mereka on time dalam berangkat! Dreamland pun menempuh perjalanan selama 1 jam menuju KL Sentral.




            Setibanya di KL Sentral, Dreamland terpukau dengan bangunan yang ada. KL Sentral merupakan pusat transportasi yang menghubungkan LRT, KTM Komuter, Bandara KLIA, dan pusat bus secara terpadu. Bangunan ini selalu sibuk 24 jam dengan orang yang berlalu lalang. Dreamland pun mencari-cari moda transportasi yang tepat untuk menuju penginapan Dreamland kali ini, yakni Tune Hotels.com Downtown Kuala Lumpur yang terletak di Jalan Tuanku Abdul Rahman.


            Mungkin karena terlalu terburu-buru, Dreamland akhirnya memilih moda LRT sebagai alternatif transportasi. Setelah bertanya-tanya pada orang sekitar, akhirnya Dreamland memilih jurusan Mesjid Jamek sebagai arah yang akan dituju. Dreamland pun masuk ke arena LRT dan menunggu LRT datang. Ternyata arah Mesjid Jamek sangat jauh dari hotel yang Dreamland pesan. Dreamland cukup menyesal tidak mengecek terlebih dahulu rute terdekat menuju hotel.




            Akhirnya, Dreamland pun bertanya ke sana ke mari kepada orang Malaysia. Banyak sekali orang yang kabur ketika ditanyai. Untungnya ada seorang bapak yang baik hati mau membantu kami menentukan arah yang tepat menuju hotel. Setelah mendapatkan navigasi yang tepat, Dreamland pun berjalan kaki menelusuri setiap jalan Kuala Lumpur dengan berpeluh keringat karena panasnya.
            Dreamland melihat begitu banyak mal dan bangunan megah layaknya Jakarta di sini. Trotoar sangat luas dan nyaman digunakan oleh pejalan kaki. Tidak ada pedagang kaki lima yang menjajakan dagangan di trotoar. Hal ini sangat Dreamland nikmati karena bisa berjalan sambil mendorong troli tanpa harus berdesak-desakan dengan warung liar di pinggir jalan. Akhirnya setelah berjalan kaki selama 30 menit, Dreamland pun melihat bangunan Tune Hotels.com Downtown Kuala Lumpur yang berwarna merah berpadu putih.
            Dengan segera, Dreamland masuk dan melakukan check-in. Hari pun sudah menjelang sore, akhirnya Dreamland langsung bergegas ke mal Maju tepat di depan Tune Hotels.com. Sayangnya malnya ternyata cukup sepi. Dreamland masuk ke gerai Giant untuk membeli sejumlah makanan dan minuman ringan, kemudian kembali ke hotel untuk beristirahat menyiapkan diri untuk kegiatan esok hari.
            Senang sekali rasanya Dreamland bisa melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur untuk lebih mengenal dan menjelajahi Kuala Lumpur lebih jauh.

Kuala Lumpur, 1 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Malaysia menggunakan mata uang Ringgit sebagai alat tukar yang sah.
- Nilai 1 Ringgit Malaysia saat Dreamland Traveller melakukan perjalanan adalah Rp 3.150,00.
- Kuala Lumpur terletak di Kerajaan Selangor.
- Terdapat berbagai jenis moda transportasi di Kuala Lumpur, mulai dari bus, Lokomotive Rapid Transit (LRT), KTM Komuter, dan taksi.
- Lokasi menarik yang bisa dikunjungi di Kuala Lumpur adalah Genting Highland, Batu Caves, Pasar Seni, Mesjid Jamek, Menara Kembar KLCC, dan lain sebagainya.
- Bahasa yang sering digunakan di Malaysia adalah Bahasa Melayu dan Bahasa Mandarin.
- Mayoritas masyarakat Malaysia menganut agama Muslim.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.